Mengenal Microsoft PowerPoint 2007

Mengenal Microsoft PowerPoint 2007 - merupakan acara untuk menyusun presentasi yang termasuk dalam paket Microsoft Office. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan, baik dikalangan pengguna komputer secara umum maupun pengguna dalam lingkup urusan ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. Microsoft PowerPoint 2007 menyediakan beragam fasilitas yang semakin lengkap disertai dengan user friendly sehingga memudahkan pemakaiannya.

Baca Juga :
Cara Menyisipkan Symbol di Word
Tentang Windows 95
Cara Membuat Logo Stempel di Ms Word

Sebagai acara standar untuk mengolah presentasi dan elemen grafis penunjang presentasi bisa dikatakan bahwa PowerPoint memiliki nilai lebih dibandingkan acara-acara sejenis.


#PERKEMBANGAN MICROSOFT POWERPOINT 2007 

Setiap merilis versi terbaru, Microsoft PowerPoint selalu menambahkan beragam fasilitas baru. Pada bagian ini kau akan melihat beberapa kelebihan dan fitur-fitur terbaru dalam Microsoft PowerPoint. Selain itu, kau juga akan mengetahui prinsip dasar yang harus dikuasai oleh pengguna Microsoft PowerPoint.

Baca Juga :
Fungsi Borders, Page Border And Shading Di Word
Fungsi Bullets and Numbering

Microsoft PowerPoint 2007 memungkinkan kau untuk menambahkan content multimedia dalam presentasi mirip clip art, foto, animasi, sound, dan movie. Tersedianya beragam fitur dan fasilitas baru tersebut menjsaudara termudaan PowerPoint tidak hanya digunakan untuk membuat presentasi verbal saja, tetapi juga untuk keperluan presentasi lain, misalnya presentasi produk, iklan, company profile, ilustarsi panggung, dan lain sebagainya. Agar dapat menguasai PowerPoint dalam pembuatan presentasi, terdapat beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan, merupakan :

·         kau harus memahami menu dan fungsi beberapa menu atau tool serta menguasai cara pengoperasiannya.
·         Untuk menumbuhkan kreativitas dan memperkaya ide-ide tampilan presentasi, kau bisa memperbanyak literatur dengan melanekan browsing di Internet.
·         Melanekan eksperimen dengan mengombinasikan beberapa fasilitas yang ada, misalnya kombinasi design layout, animasi, style, dan sebagainya.

#INTERFACE
Secara garis besar, terdapat banyak perbedaan antara Microsoft PowerPoint 2007 dengan PowerPoint versi sebelumnya, terutama dalam segi interface. Namun demikian, tentu saja pada setiap kemunculan versi, beberapa fasilitas baru untuk meningkatkan kinerja acara.



Elemen dasar Microsoft PowerPoint 2007 yang perlu anda ketahui merupakan :

·         Title bar : berisi nama acara dan nama file presentasi serta ikon kontrol menu. Titel bar juga berfungsi untuk berpindah dari jendela yang aktif ke jendela lain atau yang berada dibelakangnya.



·         Menu bar : merupakan baris menu yang berisi perintah-perintah utama penggunaan acara. Jika pada Microsoft PowerPoint versi sebelumnya terdapat sembilan menu bar, pada PowerPoint 2007 hanya terdapat tujuh menu bar.



·      Toolbar : merupakan kumpulan perintah atau menu yang digambarkan dalam bentuk simbol. Jika pada versi sebelumnya toolbar hanya berupa simbol-simbol kecil, maka pada microsoft PowerPoint 2007 toolbar digambarkan dengan simbol berukuran lebih besar dan lebih bervariasi. Hal itu dimaksudkan agar pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah dan mengoperasikannya dengan lebih fleksibel.


·   Ribbon Home ; merupakan toolbar standar yang berisi tool-tool yang sering digunakan untuk memanipulasi slide, paragraf, drawing, dan editing.



·         Area Slide; merupakan lembar kerja presentasi sebagai media untuk mendesain presentasi.



·   Area Catatan; merupakan jendela yang ditampilkan di bagian bawah area slide. Area catatan berfungsi memberi catatan (notes) pada slide yang sedang aktif.




·         Tab View; merupakan jendela khusus yang berisi tool untuk mengatur tampilan dan mengubah mode presentasi.



·      Area Outline; merupakan jendela yang berada di sebelah kiri area slide yang berfungsi sebagai tempat untuk menampilkan monyetngkan presentasi. Area Outline muncul disertai materi yang terkandung didalamnya.



Beberapa mode tampilan PowerPoint yang bisa diatur melalui baris status merupakan :

·         Normal View, yakni tampilan default PowerPoint. Seluruh aktivitas editing dan manipulasi presentasi dilanekan dalam tampilan ini.




·         Slide Sorter View; berfungsi menampilkan seluruh slide yang telah dibuat dalam ukuran lebih kecil sehingga jumlah slide yang bisa ditampilkan cenderung lebih banyak. Ukuran slide lebih bisa diatur menggunakan Zoom slider yang berada di pojok kanan bawah workspace.




·         Slide Show merupakan tampilan pada ketika menyakalaun presentasi. Presentasi ditampilkan full screen dengan efek animasi, sound, dan movie yang dijalankan pada tampilan ini. Untuk menampilkan Slide Show, kau juga bisa menekan tombol F5 pada keyboard.




#KEBUTUHAN SISTEM
Agar bisa menjalankan acara Microsoft PowerPoint 2007, konfigurasi sistem minimal yang harus dimiliki merupakan :

§  Prosessor
Microsoft Windows ; Intel Pentium 3 dan seterusnya.
Machintosh : Power PC

§  Ruang Hardisk kosong
Microsoft Windows    : 285 MB
Machintosh                  :  320 MB

§  RAM
Microsoft Windows    : 256 MB keatas
Machintosh                 : 256 MB keatas

§  Sistem Operasi
Microsoft Windows : Windows 2000 keatas
Machintosh : Mac OS X 10.2.4, 10.2.5, 10.2.6, 10.2.7. keatas

§  Kartu VGA
Microsoft Windows : 1024 x 768 keatas

Machintosh : 1024 x 768 keatas.


Demikianlah pembahasan ane mengenai Mengenal Microsoft PowerPoint 2007, semoga bermanfaat.