Pengertian Motherboard dan Fungsinya

penjelasan Motherboard beserta fungsinya - Motherboard atau yang sering di sebut mainboard atau papan induk merupakan jenis perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, seperti processor, memory, VGA Card, Sound Card, LAN Card, dan setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat lain melekat pada Motherboard.

Selain dilengkapi dengan slot-slot, Motherboard juga dilengkapi jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer berkomunikasi satu sama lain. Berikut merupakan gambar dari motherboard.

penjelasan Motherboard beserta fungsinya penjelasan Motherboard dan Fungsinya
Motherboard


Biasanya motherboard didesain untuk digunakan pada processor tertentu saja, karena itu perangkat keras komputer motherboard yang didesain untuk processor Pentium tidak dapat digunakan untuk AMD, demikian juga sebaliknya.

Fungsi Motherboard

Fungsi penting motherboard merupakan sbg pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang yang lain. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk  jadi suatu aktivitas kerja perangkat komputer.

Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti proccesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masihlah banyak lagi.

penjelasan Power Supply
penjelasan RAM dan Fungsinya

Apabila anda mempunyai keingian untuk belajar merakit komputer sendiri, maka ada beberapa hal yang wajib anda teliti sebelum membeli perangkat motherboard. Artinya, di sini anda harus memperhatikan banyak hal terkait pembelian perangkat keras motherboard, antara lain;

Tipe soket procesor, frekuensi BUS, jumlah soket SATA & PCI, jumlah soket RAM, pula yang terpenting merupakan reputasi dan keandalan satu buah brand daripada perangkat keras motherboard yang dapat dibeli.

Baca juga : Bagian-bagian Motherboard dan Fungsinya

Di Indonesia sendiri, sudah menyebar luas cabang dari pembuat kenamaan yg memproduksi motherboard. Persaingan ketat juga ditunjukkan para pembuat guna jadi leader dalam pasar piranti keras motherboard. Seperti contohnya, merk product yg sekarang ini tengah mempunyai reputasi dan keandalan yang bagus antara lain;

Gigabyte, Asus, Albatron, Aopen, Abit, ECS, Biostar, & Jetway. Harga banderolan masing-masing brand juga mempunyai varian yang lumayan variatif. Demikian dari admin mengenai pengertian motherboard dan fungsinya. semoga bermanfaat.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf