5 Tips mengatasi HP Android Xaioami tidak bisa menerima panggilan telepon

Xiaomi memang adalah merk hp terbaru yang menggunakan sistem android, namun merk hp yang satu ini kaya akan inovasi, sehingga tidak heran banyak yang menjuluki xiaomis sebagai iphone dari negeri tirai bambu, walaupun sekilas sempurna, ternyata untuk beberapa seri xiaomi ada saja beberapa permasalahan yang sering muncul.

Seperti misalnya permasalahan di hp xiaomi redmi note 4 mediatek yang saya gunakan, awalnya saya anggap sempurna namun, ternyata ketika pertama kali menggunakan muncul permasalahan-permasalahan, dan setelah diketahui ternyata permasalahan tersebut lebih kepada bug sistem.

Namun sebagai pabrikan ponsel profesional, permasalahan tersebut pada akhirnya semuanya bisa teratasi dengan di releasenya update miui terbaru, sehingga hp menjadi semakin stabil dan tidak mudah panas dan permasalahan pun semuanya hilang.

Xiaomi memang adalah merk hp terbaru yang menggunakan sistem android 5 Tips mengatasi HP Android Xaioami tidak bisa menerima panggilan telepon


Beberapa permasalahan juga ternyata sering muncul juga di beberapa seri xiaomi yang lain, satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna hp android xiaomi adalah, hp xiaomi tidak bisa menerima panggilan telepon ataupun melsayakan panggilan telepon.

Khusus untuk kasus hp xiaomi yang tidak menerima panggilan telepon, sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena kesalahan faktor konfigurasi / setelan, bisa karena sistem miui xiaomi yang kurang support atau bisa juga karena masalah hardware, namun sebelum mengclaim bahwa kerusakan akibat perangkat kerasnya, setidaknya pengguna harus melsayakan pemeriksaan dari sisi softwarenya dulu.

Mengatasi HP Android Xaioami yang tidak bisa menerima panggilan telepon

Untuk anda pengguna hp android xiaomi yang kebetulan sedang mengalami masalah hp xiaomi anda tidak bisa digunakan untuk SMS atau nelepon, anda bisa mengatasinya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pastingan jaringan yang dipilih bukan LTE Only.

Saat ini hp xiaomi seri terbaru semuanya hampir sudah support jaringan 4G lte, selain itu pengaturan 4G di hp xiaomi pun terbilang cukup mudah, bahkan pengguna bisa memilih beberapa alternatif jaringan, bisa 4G LTE saja, atau kombinasi LTE/GSM dan pengaturan lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa ketika anda memilih jaringan LTE Only, maka hp xiaomi anda tidak akan bisa digunakan untuk menerima panggilan maupun melsayakan panggilan untuk kartu yang digunakan.

Oleh karena itu jika anda mengalami hp andrioid xiaomi anda tidak bisa menerima telepon, pastikan bahwa jaringan yang dipilih bukan jaringan LTE Only.



Cara memeriksanya adalah sebagai berikut:

Silahkan buka halaman settings / setelan > about cellpone/ tentang ponsel, lalu cari opsi internal memory / memory internal, kemudian tap-tap terus menerus sebanyak 5 kali sampai muncul halaman pengaturan jaringan.

Lalu silahkan pilih kartu ponsel anda yang tidak bisa melsayakan panggilan, kemudian pada pada opsi yang ada, jika kartu yang anda gunakan bukan hanya untuk internetan saja, maka pastikan anda memilih LTE/GSM auto PRL, agar selain bisa digunakan untuk internetan, number tersebut bisa juga digunakan untuk SMS atau melsayakan dan menerima panggilan telepon.


2. Disable pengaturan FDN (Fixed dialing number)

Apa itu FDN atau fixed dialing number, adalah fasilitas di ponsel berbasis android yang digunakan untuk membatasi panggilan, maka ketika anda akan melsayakan panggilan keluar, hanya nomor-nomor yang telah dimasukan ke menu Fixed Dialing saja yang bisa disambungkan, sementara nomor-nomor lain yang tidak dimasukan di menu Fixed Dialing akan diblok supaya tidak bisa melsayakan panggilan. Misalkan hanya nomor 08xx12345678 yang anda masukan ke menu Fixed Dialing, maka anda hanya akan bisa melsayakan panggilan ke nomor 08xx12345678 dan jika akan menelpon ke nomor lain maka otomatis akan diblok.

Jika anda mendapati pesan peringatan  panggilan keluar dibatasi FDN ketika melsayakan panggilan keluar, itu artinya pengaturan FDN dalam keadaan aktif.

Pengaturan FDN di beberapa merk hp mungkin saja berbeda, namun untuk ponsel xiaomi untuk mendisable FDN langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka panggilan telepon

b. Tap menu icon garis tiga di sudut kiri bawah (ini di miui 8), lalu pilih menu settings/ setelan bergambar roda gigi

atau

Cara lain Buka setelan/settings > System Apps / aplikasi sistem > Call settings / pengaturan pangginal


c. Di halaman setelan / settings pilih opsi Advanced Settings, di halaman berikutnya scroll ke bawah lalu pilih Fixed dialing numbers, silahakan pilih kartu ponsel anda, lalu pastikan opsi Fixed Dialing Numbers dalam keadaan nonatif /off atau disable.

3. Periksa Daftar Blockir no telepon,

Peyebab ketika ketika anda tidak bisa menerima panggilan telepon atau melsayakan telepon, kemungkinan nomor telepon masuk ke dalam daftar blacklist.

Untuk memeriksa blocklist di hp xiaomi langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. masuk ke bagian setelan / settings

b. Pilih opsi System apps / aplikasi sistem

c. Pilih call settings / pengaturan panggilan

d. Tap opsi Blocklist, pastikan dalam keadaan off, atau jika memang anda sengaja aktifkan, di halaman blocklist, pilih opsi Blocked number, pastikan didalamnya tidak ada nomor hp yang anda maksud.


4. Lsayakan factory reset

Jika masih saja tidak bisa digunakan, coba lsayakan factory reset, backup data yang anda anggap penting sebelum melsayakan factory reset.

Caranya: Masuk ke setelan/setting > Additional settings/ setelan tambahan > backup anda reset > Factory data reset.

Ingat dengan melsayakan factory data reset maka semua data setingan, aplikasi dan data yang anda miliki akan dihapus, hp akan kembali seperti ketika pertama kali digunakan.

4. Ganti Rom xiaomi (Upgrade/downgrade)

Kemungkinan lainnya jika hp xiaomi anda setelah melsayakan cara-cara di atas masih tidak bisa menerima panggilan atau melsayakan panggilan, penyebabnya mungkin ROM xiaomi yang anda gunakan bermasalah, mungkin saja rom xiaomi anda adalah rom xiaomi distributor abal-abal.

Ini cara terakhir yang bisa anda coba, silahkan lsayakan flash ulang rom xiaomi anda, silahkan cari rom xiaomi yang cocok dengan seri perangkat xiaomi anda, kemudian flasing. jika anda tidak sanggup, silahkan minta bantuan orang yang bisa melsayakan flashing karena prosesnya sedikit ribet dan harus hati-hati jangan sampai gagal.

5. Bawa ke tukang service.

Kemungkina terakhir jika cara-cara di atas masih tidak bisa mengatasi permasalahan hp android xiaomi anda yang tidak bisa menerima panggilan atau melsayakan panggilan, penyebabnya bisa jadi karena masalah hardware. anda bisa coba bawa ke tunkang service terdekat di kota anda.