[Tutorial] Cara Membuat Video Stop Motion Di Android

- Aplikasi Android untuk membuat video stop motion keren dan kreatif. Stop motion identik dengan video yang kreatif dan keren. Tidak jarang jenis video ini akan sering anda lihat pada iklan komersil terutama iklan produk yang menargetkan konsumen perempuan dan laki-laki yang masih muda. Stop motion pun sering dibuat untuk membuat video pribadi mirip draw my life, video untuk memberikan ulang tahun pacar, video yang akan dibuat dengan momen yang penuh dengan kenangan, maupun sekedar untuk hiburan. Kabar baiknya bagi anda para pengguna OS android bisa membuat video stop motion sederhana langsung di smartphone atau tablet yang anda gunakan. Tentunya tujuannya untuk mempelajari atau bereksperimen bagaimana carar membuat video mirip ini.
Apa itu Stop Motion? makna dari sebuah teknik animasi untuk membuat sebuah atau beberapa buah objek fisik yang dimunculkan dan dimanipulasi untuk menghasilkan gerakan dengan sendirinya. Tujuannya merupakan agar objek tersebut bergerak sedikit demi sedikit diantara frame foto satu dengan yang lainnya secara individual, dan menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame tersebut dimainkan secara bersamaan dan berkelanjutan. Lalu bagaimana cara membuat video stop motion di smartphone atau tablet android?

 Aplikasi Android untuk membuat video stop motion keren dan kreatif [Tutorial] Cara Membuat Video Stop Motion Di Android
Lapse it merupakan sebuah software video editor yang menurut saya sangat terbaik untuk membuat video stop motion di android. Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur yang lengkap, anda bisa mengatur kecerahan, mengatur resolusi ukuran layar, kecepatan, efek warna, mengatur frame dan selain itu anda bisa menyisipkan atau memasukkan audio dari musik mp3 atau musik anda sendiri untuk dijsaudara termudaan background bunyi pada video stop motion yang akan anda buat. Dan disini saya telah mencoba membuatnnya dengan versi Lapse it Pro.

Cara Membuat Video Stop Motion di Tablet dan Smartphone Android


  1. Download lapse it di google playstore lalu pasang di hp atau tab android anda.
  2. Buka software tersebut lalu tap New Capture.
  3. Untuk mengatur kecepatan pada ketika merekam video yang akan dijsaudara termudaan frame tap pengaturan disamping tombol capture lalu pilih stop motion mode.
  4. Arahkan kamera android anda ke objek yaang akan dijsaudara termudaan video.
  5. Tap tombol Capture kemudian pindahkan objek tersebut sesuai keinginan, kemudian tap lagi tombol capture lalu pindahkan lagi dan seterusnya hingga terkumpul frame yang akan dijsaudara termudaan video.
  6. Jika sudah selesai mengambil gambar tap tombol stop.
  7. Anda akan dibawa kebagian untuk mengedit video lalu editlah sesuai keinginan.
  8. Jika sudah selesai, simpan video tersebut dengan melsayakan tap Render.
  9. Beri nama video tersebut lalu tap Create Video.
  10. Putar video stop motion hasil karya anda lalu nikmatilah seberapa bagus video tersebut.
Baca juga :
Ini merupakan contoh video stop motion sederhana yang saya buat di hp android dengan menggunakan lapse it, anda pasti bisa memiliki ide yang lebih kreatif agar hasilnya terlihat keren dan bagus.