Cara Menghubungkan Android ke TV Tanpa Kabel

– Sebagai pengguna smartphone Android yang juga memiliki smart TV, kita memiliki beberapa opsi untuk menghubungkan Android ke TV. Beberapa merk yang sudah mendukung terhadap fitur ini merupakan samsung tv, lg tv, sony tv hingga philips. Fitur ini pun bisa digunakan melalui beberapa opsi mirip dengan menggunakan kabel HDMI, alat tambahan cast, hingga menghubungkan Android ke tv tanpa kabel sekalipun.

Pada dasarnya, ketika Anda menghubungkan Android ke TV maka bisa menikmati konten yang ada didalam smartphone ke layar tv yang lebih besar. Fitur ini juga disebut dengan screen mirroring yang bisa dikoneksikan dari smartphone yang telah mendukungnya ke TV Anda. Contohnya mirip cara screen mirroring samsung tv dari Android yang hanya bisa dilsayakan oleh perangkat High-End saja. Tidak semua hp Android memiliki fitur screen mirroring terutama di smartphone kelas low-end yang harganya memang relatif lebih murah. Tetapi saya akan memberikan trik cara menghubungkan android ke tv tanpa kabel dengan menggunakan software pihak ketiga.

 Sebagai pengguna smartphone Android yang juga memiliki smart TV Cara Menghubungkan Android ke TV Tanpa Kabel

Menghubungkan HP Android ke TV Tanpa Kabel dan USB OTG


iMediaShare merupakan software untuk menghubungkan smartphone Android ke TV tanpa kabel. Anda bisa membuka dan memainkan semua konten hiburan yang tersimpan di smartphone untuk dilihat dan ditonton di samsung tv, lg tv dan sony tv. Selain bisa melsayakan stream terhadap video dan mp3, iMediaShare juga bisa digunakan sebagai remote control untuk meningkatkan volume dan mengontrol playback.
  1. Pasang software iMediaShare dari Play store.
  2. Aktifkan fitur screen mirroring di TV Anda.
  3. Buka software iMediaShare kemudian pairing ke TV.
  4. Setelah terhubung, sekarang buka foto atau video di Android maka tv pun akan menampilkannya.

Kesimpulannya, software untuk menghubungkan android ke tv tanpa kabel ini memiliki desain yang sederhana tetapi stream yang ia lsayakan sangat cepat. Bahkan Anda pun bisa memasangnya di hp Android yang tidak memiliki fitur screen mirroring mirip samsung galaxy J7.
Baca juga: