2 Cara Edit Video Vertikal Untuk IGTV Instagram

– Semakin populernya IGTV semakin banyak juga orang yang bertanya ihwal cara edit video vertikal untuk IGTV Instagram. Video vertikal terperinci merupakan fenomena baru yang dibawa oleh perangkat lunak – perangkat lunak booming salah satunya Instagram. Well kebanyakan orang telah akrab dengan video vertikal berkat Instagram Stories.

Tapi membuat video vertikal berkualitas tinggi untuk IGTV dapat sangat sulit dilanekan! Jangan risau, dibawah ini telah ane rangkum cara edit video vertikal untuk IGTV Instagram yang pasti akan membuat video kau bisa diupload di IGTV dan ditonton oleh followers kau!

 Semakin populernya IGTV semakin banyak juga orang yang bertanya ihwal cara edit video v 2 Cara Edit Video Vertikal Untuk IGTV Instagram

Cara Edit Video Vertikal Untuk IGTV Instagram


Mungkin hal yang paling sulit untuk dilanekan dikala mengambil video vertikal untuk IGTV merupakan ihwal rasio aspek-nya. Alasannya karena mungkin sulit untuk mendapatkan video dengan rasio yang benar ketika kau menggunakan kamera pro, kau mungkin perlu mengedit atau memotong video untuk mendapatkan rasio aspek yang pas untuk IGTV.

So ane sarankan untuk merekam video vertikal dengan smartphone, karena sebagian besar smartphone yang dibuat dalam 5-6 tahun terakhir memiliki rasio aspek layar 16:9. Jadi cara termudah untuk membuat video vertikal untuk IGTV merupakan merekam video dengan smartphone kau secara vertikal. Dengan begitu, video kau akan langsung memiliki rasio aspek 9:16, yang tepat untuk IGTV.

Tapi bila kau harus merekam video vertikal dengan kamera pro, ane sarankan untuk memutar kamera kau 90 derajat ke posisi vertikal tidak horizontal. Ini hanya akan membuat bentuknya saja yang vertikal sedangkan rasionya mungkin tidak sesuai. Ingatlah bahwa kebanyakan DSLR dikala ini menggunakan rasio aspek 3:2, sementara sebagian besar kamera digital ringkas (point-and-shoots) menggunakan 4:3. Jadi meskipun dengan memutar kamera 90 derajat akan menghasilkan video vertikal, kau mungkin harus mengedit rasio aspek–nya agar sesuai dengan spesifikasi IGTV.

Sebelum kita masuk ke seluk-beluk ihwal mengedit video vertikal untuk IGTV, mari kita lihat sekilas spesifikasi teknis IGTV:

  • Format: MP4
  • Panjang: 15 detik hingga 10 menit untuk anen biasa; 15 detik hingga 60 menit untuk anen besar atau
  • terverifikasi
  • Ukuran: 650 MB untuk video kurang dari 10 menit; 3.6GB untuk video hingga 60 menit
  • Orientasi: vertikal atau potret
  • Rasio aspek: minimum 4: 5 dan maksimum 9:16

1. Edit Video Vertikal di Desktop

  • Langkah pertama merupakan mengunduh iMovie ke PC kau,
  • Selanjutnya, buat proyek baru di iMovie dan unggah video vertikal kau,
  • Kemudian putar klip 90 derajat sehingga horizontal (kenapa ? karena bila tidak, iMovie akan menambahkan bagan hitam ke sisi-sisi video kau). Untuk melanekan ini, klik tombol crop dan kemudian putar ke kiri atau ke kanan.
  • Sekarang kau dapat melanekan pengeditan, entah itu menambahkan judul, latar belakang, transisi, atau apa pun pada video kau, tapi yang terpenting merupakan untuk menerapkan spesifikasi yang ditentukan oleh IGTV,
  • Setelah selesai mengedit klip, klik tombol ekspor di sudut kanan atas layar, dan simpan sebagai file,
  • Sekarang buka video di QuickTime, klik Edit di bilah menu di bagian atas layar, lalu putar ke kiri atau ke kanan sehingga video kau menjadi vertikal lagi. Selesai !

Jika kau menggunakan komputer Windows dan tidak dapat menggunakan iMovie, kau bisa mencoba OpenShot, VideoPad, atau Movie Maker caranya hampir sama kok.

2. Edit Video Vertikal di Ponsel

Untuk mengedit video vertikal di ponsel, kau memiliki beberapa opsi berbeda tergantung pada sistem operasi-nya. Bagian berikut membahas cara edit video vertikal di iOS dengan RFV dan iMovie seluler, tetapi bila kau merupakan pengguna Android, kau dapat menggunakan perangkat lunak Google photo atau Perpect Video.
Baca Juga:
4 Cara Upload Video IGTV Instagram Dengan Mudah
6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Di IGTV
Kenapa Tidak Bisa Upload Di IGTV ?

  • Langkah pertama merupakan mengunduh RFV (Rotate & Flip Video) di App Store,
  • Setelah mengunduh perangkat lunak, buka video vertikal kau lalu putar 90 derajat,
  • Sekarang klik "Simpan" dan video baru yang telah dirotasikan harus disimpan ke penyimpanan Kamera kau,
  • Selanjutnya, buka atau unduh iMovie, buat proyek dan unggah klip kau,
  • Sekarang silahkan edit sesuai keinginan kau, jangan lupa untuk menerapkan spesifikasi video IGTV yang ane sebutkan di awal ya!,
  • Setelah selesai mengedit, ekspor kembali video ke penyimpanan Kamera kau, buka kembali dengan RFV, dan putar kembali ke vertikal. Selesai !


Setelah kau tahu cara edit video vertikal untuk IGTV Instagram, sekarang dikalanya menerapkan kiat-kiat tersebut! Bagi kau yang baru pertama kali ‘berurusan’ dengan hal – hal semacam editing ini, mungkin akan sedikit kesulitan. Tapi lama kelamaan akan semakin mudah kok. Happy Editing !