Mengapa Diberi Nama Mouse Serta Bagaimana Cara Kerja Mouse




Mouse_siapa sih yang gak kenal dengan alat popular yang satu ini, tapi jikalau dipikir-pikir anak gres lahir sama orang gila kayaknya gak tahu deh  hehehe. Tahukan apa artinya Mouse, Kalau  gak tahu balik ke sd aja dulu masa mouse aja gak tahu artinya Tikus. Makara tiap anda menggunakan computer anda selalu menggunakan tikus hehe
Kenapa yah dinamai tikus ?
Apa penemunya suka tikus atau jangan-jangan yang menemukan Mouse juga berjulukan maouse. Benda kecil yang sering kita gunakan ini diberi nama Mouse alasannya bentuknya yang memang seolah-olah dengan Mouse ( tikus ) coba deh perhatiin, tampa diperhatiin juga niscaya uda tahu, bentuk hampir lingkaran ( elipse ) dengan kabel panjang ibarat ekor tikus.

Mause kini mempunyai bentuk yang sangat bermacam-macam mulai dari yang kecil hingga yang besar dengan sedikit toping untuk menarik konsumen. Sebelum muncul mouse yang banyak sekali macam dan bentuknya ini dulunya mouse sangat sederhana dengan bentuk persegi yang mempunyai casing dari kayu, selain itu menggunakan dua roda yang satu dengan posisi horizontal yang satunya lagi dengan posisi vertical,yang mencar ilmu matematika niscaya tahu dengan posisi/koordinat x,y begitulah system kerja pada mouse
Dibawah ini merupakan citra maouse yang pertama kali dibentuk


Sejarah Penemuan Mouse
Pada tahun 1963 Douglas Engelbart menemukan Mouse untuk yang pertama kali yang terbuat dari berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang sanggup mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang sanggup ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Cara kerja Mouse

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus menggunakan sistem laser sehingga resolusinya sanggup mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang sanggup mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Baca juga :