Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot




Hallo teman seente kali ini admin mau bahas nih wacana Cara mengatasi laptop yang lemot, niscaya teman yang baca artikel ini niscaya lagi galau nih kenapa laptopnya lemot banget. Ada banyak hal yang mengakibatkan ternyadinya kelemotan pada laptop, ada yang sebab perangkat kerasnya , ada yang sebab software atau perangkat lunaknya dan ada pula yang sebab memang penggunanya yang lemot hehehe tapi bukan teman yang admin maksud.
Oke untuk beberapa insiden yang sering menjadi penyebab lemotnya kinerja laptop merupakan :

1.      Terlalu Banyak Program/Aplikasi yang terinstall
Komputer/Laptop yang gres biasanya sudah terisi aneka macam acara yang tidak pernah teman gunakan. Bahkan teman mungkin tidak tau kalau ternyata program/aplikasi tersebut ada. Beberapa acara bahkan juga berjalan dibelakang layar ketika teman menggunakan laptop/komputer, walaupun tidak teman tidak menggunakan aplikasi tersebut. Contohnya saja aplikasi Antivirus. Selain itu, kalau teman sering berselancar di internet dan mendownload aplikasi , terutama aplikasi bajakan, terkadang aplikasi tersebut juga membawa aplikasi gres yang ikut terinstal. Misal ketika kami menginstal aplikasi CamStudio, ternyata ada beberapa aplikasi yang tidak kami ketahui, ikut terpasang di laptop kami. Hal ini tentunya menjadikan kinerja laptop/ komputer menjadi tidak baik sehingga terjadilah laptop / komputer lemot. Solusi dari persoalan ini merupakan, dengan meng-uninstall atau mencopot acara yang sudah terpasang. Caranya silakan klik Start kemudian pilih Control Panel. Jika teman menggunakan Windows 8/10, untuk mengakses Control Panel silakan klik kanan di desktop dan pilih Personalize. Setelah itu klik Control Panel Home.

Cara Memperbaiki Laptop / Komputer yang Lemot Agar Cepat Pastikan pada view by terpilih Category. Setelah itu lihat disebelah kiri bawah, klik pada goresan pena Uninstall a program. Maka akan terlihat daftar aplikasi yang terinstal. cara uninstall acara semoga komputer laptop tidak lemot Klik sajian Install, maka aplikasi ini akan berjejer sesuai dengan tanggal instalasinya. Aplikasi yang berada di formasi atas merupakan aplikasi yang diinstal gres baru ini. Coba teman lihat aplikasinya, apakah teman merasa pernah menginstall aplikasi tersebut ? kalau tidak maka silakan klik pada aplikasinya, klik kanan kemudian pilih uninstall. Ada juga aplikasi yang berkhasiat untuk menguninstall/mencopot acara hingga keakar akarnya. Aplikasi ini berjulukan Revo Uninstaller Pro. Silakan mencarinya di google kalau penasaran. Oh ya, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, tapi teman sanggup mencoba versi trialnya selama beberapa hari.

2.      Menjalankan Lebih dari Satu Aplikasi Secara Bersamaan
Windows memang dirancang untuk melkamikan acara multitasking. Multitasking merupakan mengerjakan lebih dari satu acara secara bersamaan. Logikanya, kalau melkamikan 2 aktitas secara bersamaan maka kita tidak akan maksimal, tenaga dan konsentrasi akan terbagi menjadi dua. Begitu juga dengan laptop/komputer. Jika teman mencoba membuka aplikasi Micorosoft Powerpoint, Adobe Photoshop, Mozilla Firefox sambil menonton film maka terperinci saja PC menjadi lambat, kecuali PC teman mempunyai spesifikasi yang tinggi. Cara mengatasi persoalan ini tentu saja dengan menggunakan acara seperlunya saja. Tutup acara yang tidak sedang digunakan.

3.      Banyak File Sementara yang Tersimpan Ketika komputer menjalankan program,

 mengakses halaman web, dsb, file file sementara dibentuk dan disimpat di hardisk. Lama usang file ini akan menumpuk dan menciptakan avalaibel space di hardisk berkurang. Menghapus file file sementara termasuk browser history dan cookies, sanggup menciptakan space di hardisk menjadi lebih longgar dan PC menjadi lebih cepat. Cara menghapus file sementara sanggup dengan menggunakan Windows Disk CleanUp. Caranya silakan klik Start > Run. Bisa juga dengan menekan kombinasi keyboard Windows Key + R . Windows Key merupakan tombol yang bergambar jendela, terletak di sebelah kiri bawah keyboard. Setelah jendela Run terbuka, ketik cleanmgr . Lalu Ok. Tunggu sebentar, windows akan menganalisa berapa file yang sanggup dihapus. Tunggu hingga muncul jendela berikut ini cara disk cleanup windows Pilih mana saja yang ingin dihapus. Dalam pola ini kami akan menghapus semuanya jadi kami mencentang semuanya. Klik OK dan tunggu proses pembatalan selesai. Selain menggunakan Disk Cleanup, teman juga sanggup menghapus file sementara secara manual. Untuk menghapus file sementara secara manual, buka Windows Explorer dan masuk ke Drive C. Pilih Folder Windows > Temp. Hapus semua file yang ada didalam folder Temp. Setelah itu pastikan teman membuka Recycle Bin, klik kanan dan pilih Empty Recycle Bin.

4.      Terlalu banyak File di Hardisk

Walaupun sudah menghapus file sementara, tidak akan menawarkan efek yang besar kalau ternyata hardisk teman berisi aneka macam file sehingga kapasitasnya tinggal sedikit. Jika avalaible space (ruang kosong) di hardisk teman hanya tersisa kurang dari 3gb maka terperinci saja kinerja komputer akan berkurang bahkan lambat. Hal ini terjadi di laptop kami, aneka macam file file penting yang menciptakan hardisk kami hampir penuh. Cara mengatasi persoalan ini ada 3. Yang pertama dengan menghapus file. Coba cari file file besar yang tidak berguna, atau file duplikat (2 file yang sama), kemudian hapus. Jika semua file dirasa penting dan teman tidak tega untuk menghapusnya, cobalah dikompress menggunakan aplikasi pengkompress ibarat Winrar (berbayar) atau kami sarankan 7zip (gratis). Software ini akan mengurangi ukuran dari file. Memang ada aplikasi yang lebih ekstrim lagi merupakan KGB Archiver. Banyak yang bilang kalau aplikasi ini sanggup mengompress file 1GB menjadi 1MB. Namun itu BOHONG ! jangan percaya dengan hal ini. kami sudah mencobanya namun filenya hanya berkurang 1mb. Misal file 126mb menjadi 125mb. Aplikasi ini juga mempunyai banyak bug/gangguan. Salah satunya merupakan terkadang ada file yang sudah dikompress, ketika ingin dipakai lagi malah tidak bisa/corrupt. Tidak heran kalau pengembangan aplikasi ini sudah dihentikan. Cara yang ketiga merupakan dengan memindahkan file file penting di laptop/komputer teman ke usb drive seperi flashdisk, atau bahkan hardisk eksternal. Dengan begini maka teman tidak usah tkamit kehilangan file. Namun teman juga harus membeli flashdisk.

5.      Buang StartUp yang Tidak Penting
Ketika menyalakan komputer/laptop dan masuk ke desktop screen, ada beberapa acara yang berjalan secara otomatis. Jika acara yang berjalan ini terlalu banyak, akan mengakibatkan startup PC teman menjadi lamban. cara semoga startup komputer laptop cepat Cara semoga startup komputer laptop cepat tentu saja dengan menontaktifkan aplikasi aplikasi yang berjalan secara otomatis. Caranya, klik Start dan pilih Run. Bisa juga dengan tombol Windows Key + R . Ketik msconfig kemudian enter. Pilih tab Startup. Hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diinginkan. Jika ingin menghilangkan semuanya, silakan klik Disable All . Selanjutnya OK.

6.      Hardisk belum pernah di Defrag
Defragment sanggup menciptakan file file yang rusak didalam hardisk menjadi baik dan rapi. Untuk melalukan defragment, buka Windows Explorer. Klik kanan pada Drive yang ingin di defrag. Misalnya klik kanan pada drive C. Pilih Properties kemudian klik Tools. Pilih Defragment Now dan klik Defragment Disk.

7.      Terkena Virus/Malware
Virus juga sanggup mengakibatkan kinerja laptop/komputer menurun. kami sering mengalami hal ini terutama ketika menjelajah internet menggunakan browser. Waktu itu kami tidak menginstall antivirus, jadi virus ibarat adware (virus yang menampilkan iklan iklan yang tidak diinginkan) sangat gampang masuk ke laptop kami. Karena virus ini selalu menampilkan iklan disetiap halaman web, tak heran kalau PC menjadi lambat. Cara mengatasinya merupakan dengan menginstall antivirus yang handal dan terpercaya. Atau gunakan antivirus premium untuk dukungan yang lebih. Hati hati juga ketika mendownload file di internet terutama file file mencurigakan ibarat crack.
8.      Banyak Debu
Jangan beranggapan kalau kebersihan hardware tidak ada hubungannya dengan kinerja. Bila laptop/komputer teman kotor dan berdebu, terutama kalau debunya masuk kedalam kipas, sanggup mengakibatkan laptop bekerja lebih keras. Karena bekerja lebih keras, tentu saja performa laptop/komputer menjadi lebih lambat.

9.      Spesifikasi
Komputer/Laptop tidak memadai Sebagai pengguna komputer/laptop, kita harus tau diri. Bila laptop teman merupakan laptop keluaran tahun 2004 dan teman menggunakannya untuk bermain efek video dengan Adobe After Effect, tentu saja kinerja laptop akan lambat. Hal ini dikarenakan spesifikasi yang tidak memadai. Setiap aplikasi niscaya mempunyai spesifikasinya sendiri. Oleh sebab itu sebelum membeli atau mendownload software/games, pastikan untuk melihat spesifikasinya terlebih dahulu.

10.  Laptop/Komputer sudah berumur
Semakin tua, kinerja laptop/komputer akan semakin menurun. Kinerja laptop berumur 7 tahun terperinci berbeda dengan laptop yang gres saja dibeli. Solusinya ? tentu saja dengan membeli laptop/konputer baru. Atau sanggup juga dengan mengganti hardwarenya.