Cara Menambah Kapasitas Ram Android Yang Kecil




RAM merupakan salah satu komponen penting sebuah smartphone dan tidak heran kalau semakin besar ukuran sebuah RAM maka semakin tinggi pula harga smartphone tersebut.
kenyataanya tidak semua smartphone mempunyai ukuran RAM yang cukup longgar dan inilah yang jadi masalahnya
namun, anda hening saja alasannya yakni bagi anda yang mempunyai sebuah smartphone dengan RAM kecil atau kehabisan RAM bisa di atasi dengan cara memperbesar ukuran RAM dengan RAM expander.



bagaimana cara memakai RAM expander di android? bahwasanya langkah ini merupakan dengan memanfaatkan eksternal memory atau microSD sebagai penambah RAM. 


tetapi penting untuk anda perhatikan class dari microSD itu sendiri sebaiknya gunakan minimal class 6 (mampu membaca 6MB/second) kalau hendak memakai class 10 itu lebih bagus. selanjutnya simak langkah-langkah berikut ini:


1. siapakan terlebih dahulu alat dan perlengkapanya seperti,
  • microSD tentu saja
  • HP android yang telah di root
  • ruangan microSD yang cukup
  • ROM wajib mendukung Kernels Swap 
  • aplikasi RAM expander
2. instal aplikasi RAM expander yang telah daqu sebutkan di atas untuk versi gratisnya instal disini

3. kalau sudah kita lanjut ke langkah selanjutnya yakni membuka aplikasi RAM expander yang telah anda instal dan pilih SDcard direktory yang akan anda buat sebagai RAM tambahan.


4. pada tahap awal ini isilah berapa besar size MB sesuai harapan anda. pola kalau anda mengisi dengan nilai 500 maka nilai memory menjadi 300+500 = 872 MB (Real RAM O2x). atau kalau tidak ingin ribet anda bisa menentukan Optimal Value yang ada di pojok kiri bawah. maka secara otomatis sistem aplikasi akan mendeteksi ukuran maksimal dari microSD tersebut.


5. kini kita lihat swappines dan isilah yang cocok menurut smartphone anda alasannya yakni tiap smartphone berbeda kecocokanya. rentang ukuranya sendiri antara 0 - 100.


6. kalau swappines dan Size MB sudah terisi kini anda eksklusif saja tekan Swap Active. mungkin proses ini akan memakan waktu yang cukup usang dan tidak disarankan untuk mengclose aplikasi saat swap file ini sedang berjalan alasannya yakni bisa menimbulkan hp anda menjadi ngelag atau ngehang.


7. kalau proses telah final akan muncul sebuah data di layar dan selanjutnya mencentang AutoRun semoga proses ini bisa berjalan secara otomatis dan anda tidak perlu repot melanekanya berulang-ulang.