Pengertian Sistem Operasi Komputer



      definisi Sistem operasi Komputer merupakan perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melsayakan kontrol dan administrasi perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi menyerupai program-program pengolah data yang sanggup dipakai untuk mempermudah acara manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS
.
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada dikala komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan sesudah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melsayakan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut menyerupai susukan ke disk, administrasi memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melsayakan tugas-tugas inti umum tersebut, sebab sanggup dilayani dan dilsayakan oleh Sistem Operasi. Bagian isyarat yang melsayakan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.selain itu, Sistem Operasi komputer juga melsayakan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya sanggup berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya sanggup menggunakan memori, melsayakan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya susukan kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur agenda yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapat waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.