Kelebihan Dan Kekurangan Linux



Linux merupakan Unix clone, kernel nya ditulis oleh Linus Torvalds dan dikembangkan dengan pertolongan programer dan hackers dari seluruh dunia. 

Linux mempunyai semua feature yang dimiliki oleh Unix, termasuk multitasking, virtual memory, shared libraries, demand loading, shared copy-on-write exexutables, proper memory management dan TCP/IP networking.

Dengan feature sekelas 'real operating system' tersebut tidak menciptakan Linux menjadi mahal harganya, justru Linux sanggup diperoleh secara
gratis. Kalaupun ada sedikit charge itu hanya sebagai ongkos distribusi atau pembelian cd belaka.

Linux di distribusikan dibawah GNU General Public License merupakan suatu lisensi dimana pemilik agenda tetap memegang hak ciptanya tetapi orang lain dimungkinkan menyebarkan, memodifikasi atau bahkan menjual kembali agenda tersebut tapi dengan syarat source code orisinil harus tetap disertakan dalam distribusinya.

Kelebihan/ keunggulan Linux:

- Linux Bersifat open source, terbuka dan bebas sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya (LISENSI FREE)  dan semuanya boleh di utak atik.
- Sekarang Linux sudah gampang di operasikan. Bahkan kini orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya beda dengan dulu pengguna linux identik dengan para hacker.
- Lebih unggul dalam hal keamanan sebab linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jikalau virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya.
- Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau sanggup juga memakai software emulator.
- linux memerlukan resource yang lebih kecil jikalau dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum
- Linux mempu berjalan di dua mode.
- Linus lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.
- Ada majemuk pilihan pada linux menyerupai Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
- Mempunyai komunitas di banyak sekali penjuru dunia.

Kekurangan/ kelemahan Linux:
 
- User banyak yang belum terbiasa memakai linux sebab mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
- Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux. Jika ingin melihat daftar-daftar hardware yang mendukung linux silahkan dilihat di www.linux-drivers.org atau www.linuxhardware.org/.
- Instalasi linux tidak semudah Instalasi windows.
- Program/ Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
- Bagi direktur sistem perlu berguru dahulu sebab belum terbiasa dengan Unix-like,.
- Struktur direktori serta hak kanal yang membingungkan bagi user yang terbiasa memakai windows.