Inilah Pengertian Dan Cara Kerja Wi-Fi



    Wi-Fi (/iconˈwaɪfaɪ/, juga ditulis Wifi atau WiFi) merupakan sebuah teknologi populer yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance menpengertiankan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11". Meski begitu, alasannya kebanyakan WLAN zaman kini didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" digunakan dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".
Sebuah alat yang sanggup menggunakan Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital) sanggup terhubung dengan sumber jaringan menyerupai Internet melalui sebuah titik terusan jaringan nirkabel. Titik terusan (atau hotspot) menyerupai itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Canepan hotspot sanggup mencanep wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi — ini bisa dilanekan dengan menggunakan beberapa titik terusan yang saling tumpang tindih.
"Wi-Fi" merupakan merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang menggunakan keluarga standar IEEE 802.11. Hanya produk-produk Wi-Fi yang menuntaskan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance yang boleh menggunakan nama dan merek dagang "Wi-Fi CERTIFIED".
Wi-Fi mempunyai sejarah keamanan yang berubah-ubah. Sistem enkripsi pertamanya, WEP, terbukti gampang ditembus. Protokol berkualitas lebih tinggi lagi, WPA dan WPA2, kemudian ditambahkan. Tetapi, sebuah fitur opsional yang ditambahkan tahun 2007 berjulukan Wi-Fi Protected Setup (WPS), mempunyai celah yang memungkinkan penyerang mendapatkan kata sandi WPA atau WPA2 router dari jarak jauh dalam beberapa jam saja.[2] Sejumlah perusahaan menyarankan untuk mematikan fitur WPS. Wi-Fi Alliance semenjak itu memperbarui rencana pengujian dan aktivitas sertifikasinya untuk menjamin semua peralatan yang gres disertifikasi kebal dari serangan AP PIN yang keras.

Seperti halnya Ethernet lan jaringan wi-fi juga dikonfigurasi kedalam 2 jenis jaringan :
-          Jaringan peer to peer/Ad Hoc Wirelles LAN
Komputer sanggup saling bekerjasama menurut nama  SSID (Service Set Identifer). SSID merupakan nama identitas komputer yang mempunyai komponen nirkabel.
-          Jaringan Server Based/Wirelles Infrastructure
Sistem infrastruktur membutuhkan sebuah komponen khusus yang berfungsi sebagai Acces Point.

Komponen Utama Jaringan Wi-Fi
Terdapat 4 komponen utama untuk membangun jaringan Wi-Fi :
-          Acces Point : komponen yang sanggup berfungsi mendapatkan dan mengirim data dari adapter wireless. Acces Point mengonversi sinyal frekuensi radio menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Komponen tersebut bertindak layaknya sebuah hub/switch pada jaringan Ethernet. Suatu Acces Point secara teori bisa menampung beberapa hingga ratusan klien. Walaupun demikian, Acces Point direkomendasikan sanggup menampung maksimal 40-an klien.
-          Wireless-LAN Device: komponen yang dipasangkan di Mobile/Dekstop PC
-          Mobile/Dekstop PC :komponen terusan untuk klien, mobile PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), sedangkan Desktop PC harus ditambahkan PCI (Peripheral Componen Interconnect) Card, serta USB (Universal Serial Bus) Adapter.