Cara Membuat Gambar Bergerak GIF di Android

– Beberapa kali admin telah membuat tutorial cara membuat gif di Android, tentunya dengan menggunakan teknik dan perangkat lunak yang berbeda. Dari kesemua tutorial tersebut memiliki tujuan yang sama saja, yakni ingin membuat gambar dengan format gif. Gambar dengan jenis format ini biasanya sering Anda lihat pada display picture BBM.

Gif merupakan kumpulan dari beberapa buah gambar yang dikombininasikan agar bisa bergerak dan menghasilkan animasi yang sederhana. Gambar gif, mendukung terhadap warna black and white dan banyak warna lain. Jika waktu lalu admin menunjukkan cara membuat gambar bergerak gif di Android dengan menggunakan dua perangkat lunak yakni Cymera dan Gif Creator, maka kali ini cukup dengan satu perangkat lunak saja.

 Beberapa kali admin telah membuat tutorial  Cara Membuat Gambar Bergerak GIF di Android

Cara Membuat GIF di Android Menggunakan Animatic


Animatic by Inkboard merupakan perangkat lunak pembuat gambar animasi yang sederhana dengan mengkombinasikan banyak gambar yang langsung Anda buat sendiri. Pada dasarnya, Animatic menggunakan frame by frame editor agar gambar yang telah Anda lukis bisa bergerak dan di simpan kedalam dua format yang berbeda yakni Gif dan Video. Beberapa tools yang tersedia didalam Animatic antara lain merupakan pensil berwarna, crayon, marker hingga penghapus. Dan fitur yang paling admin sukai merupakan, setiap gambar yang telah dibuat bisa kita atur seberapa cepat transisinya.
  1. Install perangkat lunak Animatic by Inkboard dari Play store.
  2. Buka perangkat lunak tersebut kemudian tap tombol berwarna merah disudut kanan bawah.
  3. Setelah masuk kedalam frame editor, pilihlah pensil berwarna lalu mulailh untuk menggambar.
  4. Buatlah gambar sebanyak mungkin dengan melanekan tap pada tombol “+“ agar animasi yang Anda buat berdurasi panjang.
  5. Setelah berhasil menggambar, tap tombol Next disusut kanan atas.
  6. Pada tampilan Export Animation, tap GIF agar gambar tersebut tersimpan dalam format gif.
    Terakhir tap tombol Done dan lihat hasilnya didalam galeri.

Kesimpulannya, cara membuat gif di Android bisa Anda lanekan dengan menggunakan perangkat lunak Animatic by Inkboard. Tak hanya gambar hasil tangan saja, Anda pun bisa membuat gaya gesekan pena tangan bergerak mirip pada cotoh gambar yang admin buat. Selamat mencoba.
Baca juga :