Cara Aktifkan Assistive Touch di Android

– Produk Apple yang dilengkapi dengan fitur assistive touch merupakan iPhone, iPad dan iPod Touch. Fitur aksesbilitas ini memungkinkan pengguna untuk melsayakan tasking atau perintah dengan lebih mudah ketika menjalankan perangkat iOS. Cara mengaktifkan assistive touch pun sangat mudah, pengguna hanya perlu masuk ke Settings » General » Accessibility » Assistive Touch kemudian hidupkan. Tapi bagaimana kalau Anda merupakan pengguna Android?

Fitur assistive touch sebenarnya tidak ada didalam sistem operasi Android. Padahal kalau Android pun memilikinya dan diberi nama berbeda, dilihat dari fungsinya terang akan sangat membantu. Tetapi, hal ini tidaklah menjadi kendala karena kalau Anda ingin merasakan bagaimana cara menggunakan assistive touch di Android, kita bisa memanfaatkan software pihak ketiga yang mana bisa menyerupai fitur tersebut.

 Produk Apple yang dilengkapi dengan fitur assistive touch merupakan iPhone Cara Aktifkan Assistive Touch di Android

Cara Menambah Assistive Touch di Android Menggunakan Aplikasi


EasyTouch (Holo style) merupakan software yang mirip assistive touch yang dikembangkan oleh shere workshop untuk membantu Anda menjalankan Android dengan lebih mudah. Fitur dan kebisaan yang dimilikinya antara lain dapat membuat pintasan langsung ke software, melsayakan boost terhadap memori Android hingga mengoperasikan Android tanpa perlu lagi menggunakan tombol smartphone bawaan. Cara kerjanya pun sangat cepat dan lembut meskipun dengan ukuran yang terbilang cukup kecil.
  1. Pasang software EasyTouch dari Play store.
  2. Buka software tersebut kemudian lihat tutorial singkat yang dihadirkan dalam sebuah animasi.
  3. Setelah Anda mengerti cara penggunaannya, aktifkan EasyTouch maka akan langsung muncul tombol berwarna biru yang muncul disisi layar.
  4. Dari tombol touch ini, Anda dapat melsayakan perubahan terhadap fungsi tombol sesuai dengan kebutuhan.
  5. Agar fitur Back dapat bekerja, aktifkan EasyTouch didalam pengaturan Aksesbilitas agar Anda tidak perlu menekan tombol smartphone lagi.

Kesimpulannya, agar Anda tahu bagaimana cara memunculkan assistive touch di android, Anda bisa menggunakan software pihak ketiga yakni EasyTouch. Ia akan bekerja dengan tampilan floating yang dapat Anda pindahkan ke segala arah. Jika Anda bosan dengan tema atau warna bawaan, Anda bisa merubahnya didalam pengaturan Theme.
Baca juga :