2 Cara Nonaktifkan Icon Gembok (Sensor proximity) Saat Nelpon

Cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon bisa dilkamikan dengan sangat mudah. Bagi pengguna smartphone Android, ketika melkamikan panggilan telepon keluar biasanya akan mengalami hal ini. Layar tiba-tiba berwarna hitam atau mati yang akhirnya terkunci hingga muncul sebuah icon gembok. Padahal ketika itu kita sama sekali tidak menguncinya. Dan terkadang hal ini akan membuat pengguna merasa kesulitan untuk menghidupkannya kembali. Lalu apa sih tujuan fitur ini?

Smartphone Android dibekali dengan sensor proximity. Yang mana sensor ini akan bekerja secara otomatis untuk mengunci layar Android ketika kita mendekatkannya pada indera pendengaran dari jminuman beralkohol tertentu. Tujuan utamanya merupakan agar pengguna terfokus pada tasking ketika menelpon dan tidak akan menyentuh layar secara tidak sengaja yang akhirnya membuat telpon terputus. Bagi Anda yang kurang begitu menyukai dengan fitur ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon tersebut agar layar smartphone tetap hidup.

Cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon 2 Cara Nonaktifkan Icon Gembok (Sensor proximity) Saat Nelpon

Cara Menonaktifkan Sensor Proximity Saat Nelpon di Android

Sensor proximity biasanya terletak pada bagian atas smartphone yang berdekatan langsung dengan speaker kecil atau berada di garis yang sejajar dengan kamera depan. Ketika kita mulai mendekatkannya pada indera pendengaran, layar akan terkunci yang dibarengi dengan icon gembok kemudian muncul keterangan “sentuh dua kali untuk buka kunci”. Pada tutorial ini, kami akan menunjukkan dua cara bagaimana cara menonaktifkan kunci layar ketika nelpon ini.

1. Menonaktifkan Sensor Proximity Dari Pengaturan Panggilan.
Untuk cara yang pertama ini, kita bisa nonaktifkannya melalui pengaturan. Tetapi tidak semua smartphone Android sudah dibekali fitur ini. Hanya smartphone Android dengan versi 5.0.2 Lollipop atau tergantung dari merk smartphone itu sendiri. Caranya mirip pada gambar diatas, tap Pengaturan » Pengaturan Panggilan » gulirkan kebawah kemudian pilih Aktifkan Sensor Proximity dan swife agar tombol tidak berwarna biru atau aktif.

2. Menonaktifkan Icon Gembok Saat Nelpon (sensor proximity) Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga.
Jika smartphone Anda tidak dibekali dengan pengaturan mirip cara pertama, maka bisa menggunakan software Smart Screen On Off sebagai alternatifnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Suriv yang memiliki fitur untuk menonaktifkan sensor proximity. Untuk menggunakan software ini, Anda harus memberikan hak akses Device kamiistrator didalam pengaturan Android. Caranya:
  • Download software Smart Screen On Off dari Play Store.
  • Buka software tersebut kemudian berikan hak akses Device kamiistrator.
  • Setelah memberikan hak akses, Anda baru bisa menggunakan software ini.
  • Gulirkan kebawah kemudian pilih Sensor Proximity ON/OFF berupa tombol.
  • Disini, Anda bisa mengatur jeda atau seberapa banyak sentuhan layar yang diharapkan ketika sensor ini aktif dan mengunci layar.

Kesimpulannya, cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon terletak pada aktif atau tidaknya penggunaan sensor. Anda bisa menonaktifkan sensor proximity menggunakan pengaturan panggilan atau dengan software pihak ketiga.
Baca juga: