Update xiaomi redmi note 4 ke MIUI 8.2.1.0 Atasi lag pada video, kamera dan suara

Sampai artikel ini di buat daqu kurang lebih sudah 2 bulan menggunakan hp xiaomi redmi note 4, kebetulan xiaomi yang daqu gunakan menggunakan chipset mediatek. walaupun ada rumor mediatek mudah panas, daqu tetap membelinya berhubung dana sangat minim hanya cukup untuk xiaomi dengan spesifikasi tersebut.

Dari awal daqu menggunakan xiaomi redmi note 4 mediatek ini ada banyak sekali kendala yang sudah daqu alami, benar saja hp mudah sekali panas, permasalahan yang paling serius yang daqu temukan adalah kamera dan juga pemutar video sering lag alias lemot, bahkan terkadang membuat sistem xiaomi menjadi hang dan tidak jarang harus di restart. Tapi kabar baiknya daqu sudah menemukan cara mengatasi kamera dan pemutar video lag tanpa harus update rom walaupun terkadang cara ini tidak 100% berhasil tapi cukup membuat hp lag menjadi sangat jarang.

Sampai artikel ini di buat daqu kurang lebih sudah  Update xiaomi redmi note 4 ke MIUI 8.2.1.0 Atasi lag pada video, kamera dan suara



Selain permasalahan di atas ada satu lagi permasalahan yang akhir-akhir ini sering muncul di hp xiaomi redmi note 4 milik daqu, yaitu suara terkadang noise / berisik tersendat-sendat dan sangat mengganggu serta membuat kurang nyaman di dengar. permasalahan ini sangat sulit untuk diatasi, karena ternyata sampai saat ini di google belum ada yang sukses memberikan solusinya.

Permasalahan di atas ternyata bukan hanya pada xiaomi milik daqu saja, namun hampir semua pengguna xiaomi redmi note 4 mengalaminya, dan solusi yang paling jitu yang banyak ditawarkan oleh pengguna xiaomi lain untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pada xiaomi redmi note 4 adalah dengan melanekan update rom ke versi rom developer cina.

Setelah mendengar solusi tersebut, daqu tidak berani melanekan update rom dikarenakan ketika pertama kali beli daqu dikabari oleh penjual bahwa jangan melanekan update apapun karena akan membuat jaringan 4G hilang, namun karena penasaran, pertengahan bulan mei 2017 ini akhirnya daqu memberanikan diri untuk update miui xiaomi redmi note 4 melalui OTA (On The Air), karena ada notifikasi bahwa update miui  terbaru sudah tersedia dan siap di download.

Update xiaomi redmi note 4 ke MIUI 8.2.1.0 dapat mengatasi lag pada video, kamera dan suara

Kebetulan xiaomi redmi note 4 punya daqu menggunakan rom global official, jadi update hanya sebulan sekali tidak seperti xiaomi dengan rom developer cina yang updatenya satu minggu sekali.

Karena ada pemberitahuan bahwa update miui xiaomi redmi note 4 miui 8.2.1.0 via ota sudah tersedia, maka daqu putuskan untuk melanekan update, walaupun awalnya daqu tidak berani melanekan update karena khawatir jaringan 4G hilang, namun akhirnya update pun daqu lanekan.

Pengalaman update xiaomi melalui OTA.
Saya melanekan update menggunakan aplikasi update miliki xiaomi yang sudah tersedia di hp xiaomi redmi note 4 melalui OTA, sebelum melanekan update, daqu harus mendownload file update sebesar 1.4 G, setelah file berhasil di download seluruhnya, maka updatepun dimulai.

Proses update kurang lebih memakan waktu sampai setengah jam, jadi daqu putuskan untuk menghubungkan perangkat android ke carger agar tidak kehabisan baterai ketika proses update, dan pada akhirnya update pun berhasil.

Apa yang terjadi setelah Update
Awalnya daqu mengira akan muncul permasalahan baru pada hp xiaomi daqu setelah melanekan update, namun ternyata salah besar, setelah melanekan update ini yang daqu alami:

1. Ponsel xiaomi daqu terasa semakin stabil tidak mudah panas.

2. Jaringa 4G yang sebelumnya dikhawatirkan hilang ternyata tidak, 4G dapat berjalan dengan nomal.

3. Lag pada kamera dan juga pemutar video sudah hilang.

4. Permasalahan suara yang berisik dan tersendat-sendar sepertinya sudah tidak ada lagi, daqu buktikan dengan bermain game 3D berjam-jam, sebelum update sering sekali suaranya berisik namun setelah update suara game menjadi normal dan sangat jernih.

5. Getaran fingger print untuk membuka kunci layar di hilangkan
Sebelum update mungkin saja fingger print untuk unlock hp anda masih bergetar, namun setelah update getaran tersebut tidak ada lagi, ini kabarnya di update miui terbaru getar pada fingger print sudah dihilangkan, namun tetap masih berfungsi dengan baik.

 Itulah pengalaman daqu update xiaomi redmi note 4 ke miui 8.2.1.0. jadi untuk anda yang kebetulan menggunakan xiaomi redmi note 4 dan mengalami beberapa permasalahan dengan ponsel anda, maka daqu daqurankan silahkan lanekan update ke miui 8.2.1.0, pengalaman daqu setelah update membuktikan permasalahan pada hp xiaomi redmi note 4 terutama pada kamera dan pemutar video yang sering lag atau lemot akan berjalan normal, bahkan suara pun menjadi normal dan baik.