Tips menghemat penggunaan kuota data di android

Tips menghemat penggunaan data di android Tips menghemat penggunaan kuota data di android

Tips menghemat penggunaan kuota data di android.| Seiring kemajuan teknologi, ukuran konten yang dikonsumsi di internet juga meningkat. Semakin cepat kecepatan internet, semakin banyak konsumsi datanya. Selama beberapa tahun terakhir konsumsi data telah meningkat secara eksponensial dan jika kamu tidak mempunyai koneksi tanpa batas, ini bisa menjadi sedikit sulit untuk mengelola saat kamu online. Situs web yang semakin canggih dan aplikasi yang haus data juga tidak banyak membantu. Google telah mengambil penghematan data di Android dengan serius dan begitu juga dengan beberapa pengembang aplikasi lain seperti Opera dan Facebook. Jika kamu mempunyai koneksi internet terbatas, berikut kiat-kiat untuk menghemat penggunaan kuota data di Android.

Periksa penggunaan data

Tips menghemat penggunaan data di android Tips menghemat penggunaan kuota data di android

Langkah pertama untuk menghemat penggunaan kuota data kamu merupakan memeriksa penggunaan data kamu dan menganalisis aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data dan apakah mereka menggunakannya di latar depan saat kamu menggunakan aplikasi atau di latar belakang. Melacak penggunaan data kamu di Android cukup sederhana. Cukup buka Pengaturan dan ketuk pada Penggunaan Data. Jika kamu menggulir ke bawah, kamu akan melihat penggunaan data seluler oleh aplikasi. Jika kamu ingin melihat penggunaan data Wi-Fi kamu juga, tekan tombol menu dan pilih Tampilkan penggunaan Wi-Fi.

Setel batas data seluler di sini untuk menonaktifkan data seluler setelah kamu melampaui batas yang ditentukan sebelumnya. Mengetuk aplikasi yang ada di daftar akan membawa kamu ke layar berikutnya tempat kamu dapat melihat berapa banyak data yang dikonsumsi oleh satu aplikasi di latar depan dan latar belakang. kamu dapat membatasi aplikasi untuk mengakses koneksi internet kamu saat berada di latar belakang. Namun, ini dapat mencegah beberapa aplikasi berfungsi dengan semestinya, terutama aplikasi Google dan aplikasi sistem.

Gunakan penghemat data bawaan Android

Tips menghemat penggunaan data di android Tips menghemat penggunaan kuota data di android

Dengan Android 7.0 Nougat, Google memperkenalkan penghemat data yang ditemukan tepat di bawah bagian Penggunaan Seluler. Yang harus kamu lakukan hanyalah menyalakannya tetapi ingat bahwa setelah kamu melakukan ini, data latar belakang akan dibatasi untuk semua aplikasi. Jika kamu ingin memasukkan aplikasi ke whitelist, ketuk akses data Tidak Terbatas. kamu kemudian dapat beralih slider di samping nama aplikasi yang memberikannya kemampuan untuk menggunakan data bahkan ketika di latar belakang. Mungkin sebaiknya kamu memberikan akses ini ke semua aplikasi streaming musik.


Pengaturan aplikasi individual

Tips menghemat penggunaan data di android Tips menghemat penggunaan kuota data di android

Jika kamu tidak menggunakan Android Nougat, kamu masih dapat menyimpan data dengan berselancar melalui pengaturan aplikasi individual untuk aplikasi yang dipakai. Ada juga versi penyimpanan data dari aplikasi tertentu yang dapat kamu gunakan seperti Facebook Lite atau Opera mini. kamu juga dapat menggunakan fungsi penghemat data Chrome saat menjelajah.

Gunakan fungsi offline

Tips menghemat penggunaan data di android Tips menghemat penggunaan kuota data di android

Banyak aplikasi saat ini, terutama aplikasi streaming yang dilengkapi dengan semacam fungsi offline. Misalnya, kamu dapat menyimpan video YouTube secara offline saat kamu berada di koneksi Wi-Fi untuk dilihat nanti. Google Play music memungkinkan penyimpanan library kamu secara offline di penyimpanan perangkat kamu. Google Maps mempunyai opsi untuk menyimpan area dunia yang dipilih secara offline di perangkat kamu juga. Bahkan Facebook memungkinkan untuk menyimpan artikel dan video secara offline.


Kompres penggunaan data dengan Opera Max

Tips menghemat penggunaan data di android Tips menghemat penggunaan kuota data di android

Opera Max merupakan aplikasi penyimpanan data yang menyimpan data saat menjelajah dan terutama saat streaming video dan musik online atau melihat gambar. Pada dasarnya yang dilakukan merupakan mengirim data melalui server VPN Opera sendiri untuk memampatkan ukuran file media, meskipun, itu memang membuat sedikit penurunan kualitas. Namun, hampir tidak terlihat, dan Opera Max membuat penghematan data yang baik terutama bagi kamu yang tidak menggunakan Android Nougat.

Aplikasi ini akan menunjukkan aplikasi mana di ponsel kamu yang paling berpotensi menyimpan data. Streaming video membutuhkan lebih sedikit buffering sebagai hasil kompresi dan di sinilah penghematan data lebih maksimum. Konsumsi data dalam streaming video dikurangi hingga setengah dari apa yang awalnya akan dikonsumsi. Opera Max juga memberi kamu kontrol atas masing-masing dan setiap aplikasi secara individual yang memungkinkan kamu memantau penggunaan data dan membatasinya, itu seperti fitur penghemat data built-in Android nougat.


Terlepas dari semua metode di atas, jika kamu menggunakan perangkat Android yang di-root, kamu dapat menggunakan AdAway, aplikasi pemblokiran iklan untuk memblokir iklan dalam aplikasi yang pada akhirnya juga mengurangi konsumsi data. Saya juga berharap kamu tidak berada di antara orang-orang yang menggunakan aplikasi seperti Clean Master untuk membersihkan cache kamu secara teratur karena ini merupakan proses yang tidak berguna dan saat kamu membuka aplikasi lagi, kamu akan mengunduh semua itu lagi sehingga memakan lebih banyak data di proses. Akhir kata semoga bermafaat.