Tips Mengamankan Flashdisk Dari Virus Komputer

Virus komputer merupakan suatu agenda yang sangat menggangu sekali, Virus akan melipatgandakan dirinya sendiri sehingga flashdisk kita sepereti pebuh pada kita belum menyimpan apa-apa pada perangkat tersebut. Selain itu virus juga memiliki kemampuan untuk menyembunyikan file / hidden files sehingga kita menganggap seakan-akan data kita hilang. Virus juga sanggup merusak file kita sehingga ketika kita ingin membuka file tersebut, file tersebut sudah corroupt dan tidak sanggup di buka lagi.

Baca juga: Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya.

Bagaimana cara mengamankan flashdisk dari serangan virus?

Flashdisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data. Kemampuan dari flashdisk dalam menyimpan data dan ukuran dari flashdisk  yang lebih mudah dan portable menciptakan perangkat ini menjadi perangkat yang paling sering dipakai apabila kita ingin memindahkan data. Ketika kita ingin memindahkan data tentunya kita akan menancapkan flashdisk tersebut dari komputer satu ke komputer yang lain. Hal inilah yang menjadi rawan dalam penyebaran virus. Virus akan masuk ke flashdisk kemudian akan menular ke komputer lainnya. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kami akan menyebarkan tips untuk mengamankan flasdisk dari virus.

1. Gunakan antivirus yang di update secara berkala

Penggunaan antivirus yang terupdate secara bersiklus akan menghentikan penyebaran dari virus. Virus yang ada pada perangkat sanggup diidentifikasi dan memdapat tindakan dari antivirus tersebut menyerupai dikarantina ataupun diharus. Antivirus yang senantiasa diupdate tentunya akan memperbarui databasenya sehingga meningkatkan antivirus tersebut dalam mendeteksi virus yang ada pada perangkat.

Baca Juga: makna Virus Komputer

2. Lkamikan scaning ketika menancapkan flashdisk pada komputer.

Saat kita menancapkan flashdisk dari komputer satu ke komputer lainnya, jangan lupa lkamikan scanning terlebih dahulu dan pastikan proses scanning hingga final dilkamikan. Hal tersebut sanggup menghentikan penyebaran dari virus sehingga semua perangkat sanggup kondusif dari virus.

3. Membuat folder autorun.inf

Dengan adanya autorun.inf pada flashdisk maka virus akan kesulitan untuk menyebar. Akan tetapi virus yang canggih sudah sanggup menciptakan folder autorun sendiri sehingga ketika flashdisk ditancapkan maka virus tersebut secara otomatis menyebar. Kaprikornus sebelum virus menciptakan folder autorun, kita harus terlebih dahulu menciptakan folder tersebut alasannya yaitu kita tahu bahwa windows tidak memperbolehkan ada 2 folder yang memiliki nama yang sama.

Bagaimana cara menciptakan folder autorun.inf?

Untuk membuatnya sangatlah mudah, Berikut merupakan langkah-langkah menciptakan folder autorun.inf pada flashdisk;
  1. Buka hidangan Command Prompt pada windows dengan cara Start -> Run -> ketikkan cmd
  2. Masuklah ke direktori flashdisk anda. Misalnya drive G. Mka masukkan perintah G: kemudian ENTER.
  3. untuk menampilkan isi dari Flasdisk ketikkan DIR kemudian Enter
  4. Jika folder autorun sudah ada pada flashdisk, Masuk ke direktori folder autorun.inf  dengan perintah cd autorun.inf
  5. Lalu ketikkan perintah biar folder tidak bisa dihapus virus md aux\.
  6. Apabila folder belum ada pada flashdisk kita bisa membuatnya dengan cara mkdir autorun.inf, kemudian ulangi langkah no 4 dan 5