Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows

Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows

Berikut merupakan 4 software overclocking AMD gratis untuk Windows. Software ini memungkinkan kamu untuk mengoverclock GPU AMD yang diinstal pada komputer kamu ke ambang batas maksimum. Jika GPU kamu didukung maka software ini akan berjalan dengan sukses di PC kamu dan akan membantu kamu mengubah banyak parameter CPU dan GPU. Dengan bantuan software ini, kamu dapat mengubah parameter seperti core clock, memory clock, GPU clock, voltage, dan beberapa lainnya. kamu dapat dengan mudah menganalisis statistik GPU atau CPU kamu yang ada dan kemudian menyesuaikannya sesuai kebutuhan kamu.

Jika kamu ingin meningkatkan keseluruhan kinerja PC kamu maka kamu cukup meng-overclock CPU dan GPU. Dan software berikut akan membantu kamu melakukan itu. Setelah overclocking PC, PC kamu akan berjalan lebih cepat dan akan menjalankan program dan game yang berat dengan lancar. Terutama pengguna melakukan overclock PC untuk bermain game dan pemrosesan video. Dan setelah overclocking PC, kamu dapat mengembalikan perubahan kembali normal menggunakan software yang sama.

Memang benar bahwa overclocking meningkatkan kinerja sistem dengan meningkatkan kecepatan pemrosesan. Tetapi karena pengaturan baru memerintahkan GPU atau CPU untuk dijalankan pada jam tinggi maka secara otomatis PC kamu jadi lebih cepat panas. Dan jika tidak ada pendingin yang tepat maka motherboard dan periferal lainnya mungkin rusak. Jadi sebelum overclocking, kamu harus memastikan bahwa PC kamu mempunyai sistem pendingin yang baik, lebih baik lagi dalam ruangan yang ber-AC.

4 Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows

MSI Afterburner
Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows

MSI Afterburner merupakan salah satu software AMD overclocking gratis terbaik untuk Windows. kamu dapat menggunakannya untuk mengoverclock PC kamu dengan mudah dan dengan profil yang berbeda. Menunjukkan parameter clocking saat ini pada antarmuka utama dan opsi untuk mengubah nilainya. Ini memungkinkan kamu untuk mengubah parameter overclocking seperti fan speed, memory clock, core clock, power limit, core voltage. Namun, itu tergantung pada kartu yang terpasang di komputer kamu yang fitur-fiturnya dapat dikendalikan oleh software ini. MSI Afterburner bekerja dengan sebagian besar kartu AMD yang baru dan lama dan tidak hanya terbatas pada AMD saja. Ini mendukung kartu grafis Nvidia juga.

Instal software ini setelah mengunduh dan kemudian buka. Ini mempunyai antarmuka yang intuitif dan kamu akan menemukan semua opsi di jendela utamanya. Saat kamu menjalankannya untuk pertama kalinya, software akan menunjukkan parameter clocking saat ini. Untuk mengubah salah satunya, cukup gunakan slider yang berbeda yang diberikan di setiap parameter. Cukup ubah nilai pengaturan GPU yang berbeda dan simpan perubahannya. Selain itu, kamu dapat membuat profil khusus di sini untuk situasi yang berbeda. Dan kamu dapat mengaktifkannya kapan pun kamu membutuhkannya. Saat ini, mendukung 5 profil khusus yang dapat kamu buat dan jalankan kapan pun kamu mau.

Sapphire Trixx
Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows

Sapphire Trixx merupakan alat overclocking AMD khusus yang dapat kamu gunakan di Windows. Ini mendukung banyak kartu Radeon dengan branding Sapphire tetapi bisa dipakai juga di hampir semua kartu video AMD juga. kamu akan menemukan antarmuka software ini seperti yang di atas dan akan dapat mengontrol banyak parameter kartu AMD. Software ini dapat membantu kamu mengubah parameter seperti GPU clock, memory clock, GPU voltage, power limit, fan speed, dll. kamu dapat melihat status kartu kamu saat ini dan kemudian menyesuaikannya sesuai kebutuhan kamu. Dan kamu dapat mengubah nilai kembali ke semula dengan software yang sama ini.

Cukup dapatkan software ini dan instal. Selanjutnya, jalankan dan kemudian analisis pengaturan kamu saat ini untuk GPU dan parameter yang sesuai. Cukup gunakan slider yang berbeda untuk mengubah nilainya menjadi target dan kemudian simpan perubahannya. Tidak ada pilihan untuk membuat profil khusus, jadi kamu harus menyesuaikan parameter secara manual setiap kali kamu perlu meng-overclock komputer kamu.

EVGA Precision XOC
Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows

EVGA Precision XOC merupakan software overclocking AMD lain yang dapat kamu gunakan pada PC Windows. kamu dapat menggunakannya untuk men-tweak berbagai parameter GPU seperti software di atas. Dan selain AMD, kamu dapat menggunakan software ini untuk men-tweak parameter clocking GPU Nvidia juga. Hal ini memungkinkan kamu untuk dengan cepat melakukan overclock parameter seperti memory clock, GPU clock offset,  power target, temperature target dan beberapa lainnya. kamu dapat dengan cepat mengubah parameter ini dan menerapkan perubahan pada sistem kamu. Mendukung profil yang berbeda yang dapat kamu buat di dalamnya (hingga 10) dengan nilai overclocking yang berbeda. Dan kamu dapat mengaktifkannya denga sakali klik setiap kali kamu membutuhkannya.

Setelah menginstal software, cukup buka dan lihat nilai overclock saat ini. kamu dapat menganalisis pengaturan saat ini dan kemudian menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kamu. Dari jam digital seperti UI, kamu dapat mengubah pengaturan menggunakan slider yang berbeda sesuai masing-masing parameter overclocking. Setelah itu, kamu dapat menyimpan perubahan dan menerapkannya ke sistem kamu. kamu juga dapat membuat profil khusus dan kemudian menggunakannya sesuai dengan pekerjaan kamu.

Baca juga

AMD Ryzen Master
Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows Software Overclocking AMD Gratis Untuk Windows

AMD Ryzen Master merupakan software gratis lain yang dapat kamu coba untuk mengaudit dan mengoverclock GPU PC kamu. Software ini resmi didedikasikan untuk CPU dan GPU AMD yang memungkinkan kamu untuk mengubah banyak parameter. Ini sebenarnya merupakan software canggih yang memungkinkan pengguna untuk mengubah parameter prosesor secara real-time. kamu dapat mengubah hampir semua pengaturan pabrik perangkat AMD kamu daripada hanya menggunakan yang ditentukan oleh stkamur.

Ada beberapa bagian di dalamnya untuk melihat status perangkat dan opsi untuk men-tweak parameter overclocking. Ini memungkinkan kamu membuat profil khusus di dalamnya dan kamu dapat menerapkannya kapan pun kamu mau. Dan ada opsi Reset eksplisit yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik jika ada masalah atau kamu tidak mengerti apa yang harus dilakukan selanjutnya. kamu dapat mengunduh software ini dari situs web AMD menggunakan tautan di atas dan menggunakannya dengan cara yang sama seperti software lain dalam postingan ini.

Itulah software gratis terbaik yang dapat kamu gunakan untuk melakukan overclock kartu AMD pada PC atau Laptop kamu. Semua software dalam daftar ini mendukung sebagian besar kartu AMD dan kamu dapat dengan mudah mengubah berbagai parameter overclocking dalam beberapa detik. Jadi, jika kamu mencari beberapa software overclocking untuk AMD kami berharap postingan ini bisa membantu.