OpenShot : Aplikasi Video Editor Gratis

 kalau telatkan jadi ga enak sama dosen OpenShot : Aplikasi Video Editor Gratis

Sudah 2 kali dalam 24jam tidak masuk kuliah gara-garanya ketiduran terus, tidurnya tanggung lagi bangunnya 15 menit setelah jam masuk kuliah, kalau telatkan jadi ga enak sama dosen. Sudah itu aja curhatannya, sudah lama nih tidak update blog gara-gara banyak tugas, di artikel ini bermula ketika admin membuat video wawancara bahasa inggris dan teman admin ketawa terus ketika diwawancarai, sebenarnya admin juga sih hehehe.

Setelah itu ane putuskan untuk mengambil videonya dipotong-potong saja nanti di edit untuk menggabungnya, bingungkan admin tidak punya aplikasi edit video, sebenarnya mudah saja mendownload aplikasi edit video karena sudah Pasang Indihome di Kos, tetapi kan kebanyakan hanya support sistem operasi windows, kalau linux jarang.

walaupun begitu admin tetap mencarinya di software manager linux, yang pertama itu pakai  kdenlive, Wow fiturnya lengkap banget, tapi adminngnya susah untuk dipelajari, cari lagi deh, lalu dapatlah openshot, setelah lihat beberapa tutorial-tutorialnya di youtube, admin langsung bisa menggunakannya, user interfacenya sangat mudah dan fiturnya standarlah untuk edit-edit video namanya juga gratis. Fitur-Fitur nya seperti transition, effect, dan Title. Untuk mengedit title bisa menggunakan inkscape dan blender, hebat banget kan editor videonya.

Pada akhirnya edit video wawancara admin berhasil berkat aplikasi edit video openshot ini, untuk hasil videonya terlihat patah pada saat transisi/sambungan video, ini menurut admin bukan salah aplikasi editornya tapi karena yang buat rekaman video masih amatiran.

Openshot video editor juga tersedia di Windows dan Mac, diartikel ini admin merekomendasikannya hanya untuk linux karena sistem operasi lain mungkin banyak aplikasi edit video gratis alternatif lainnya yang tentunya lebih bagus dari Openshot. Mungkin cukup sekian dulu artikel ini karena sudah sekitar 3 hari admin menulisnya, kemungkinan itu karena admin lagi bosan menulis hehehe. Sepertinya harus semangatin diri sendiri dulu nih, sampai jumpa di artikel lainnya.