Mengetahui Ciri-ciri Ic Emmc Android Yang Rusak



MENGETAHUI CIRI-CIRI IC EMMC ANDROID YANG RUSAK

"Ic Emmc"
Mengetahui Ciri-ciri Ic Emmc Android Yang Rusak - ketika ini ponsel adalah termasuk sebuah kebutuhan yang wajib dimilki . Dan  hampir semua sudah memilikinya lantaran dikala ini di Indonesia sendiri jaringannya sudah masuk dan dapat di akses hingga ke  pelosok tanah air contohnya seperti Telkomsel, namun berbicara kasus ponsel  tak luput dengan permasalahan sofwhare. Dan Flashing ialah Tutorial yang ampuh untuk memperbaiki kerusakan firemwhare. Akan tetapi pada abad yang sekarang ini pada ponsel yang berbasis Android memang sesuatu yang menarik bagi seorang teknisi ponsel, namun terkadang juga menjadi kendala dan momok yang mungkin ditakuti bagi semua tekhnisi HP. Kanapa ini terjadi...?? karena tak jarang dikala setelah melakukan flashing pada smartphone android masih saja ponsel tersebut bermasalah. Cek dan ricek  ternyata kerusakan smartphone tersebut disebabkan oleh Ic Emmc  yang sudah corupt atau lemah sehingga harus diganti dengan yang gres. Tapi tak jarang  ada juga yang mengganti Ic Emmc dengan kanibalan, karena dengan mengganti yang gres untuk saat ini harganyapun masih tergolong mahal 250rb hingga 400rb tergantung jenis dan type android tersebut. jikalau mengganti IC EMMC itupun harus dilakukan oleh teknisi yang benar-benar handal bukan teknisi ponsel tembakan.

Sedikit klarifikasi Embeded Multi Media  Controller (EMMC) adalah sebuah perangkat keras  IC yang fungsinya ialah untuk penyimpanan, disamping itu  EMMC dilengkapi dengan controller yang mampu mengatur dirinya sendiri. Sangat berbeda dengan Ic Flash yang bersifat hanya sebagai media untuk penyimpanan saja , sehingga masih membutuhkan Ic Lain yaitu processor untuk mengatur , mengontrol hidanganlis isi dari Ic Flash. Ic EmmC sendiri dikembangkan untuk mampu memenuhi kebutuhan seolah-olah smartphone, tablet, kamera dan sistem navigasi juga pemutar musik  karena dengan semakin tingginya spesifikasi Ic Emmc dikala ini banyak di fungsikan dan dipakai untuk produk Samsung, Toshiba dan Hynix. Ic Emmc sendiri terdiri dari dua penggalan yaitu Nand Flash IC dan Controller yang mempunyai fungsi untuk mengatur Ic Nand Flash . Controller atau yang kita kenal sebagi processor dan Nand Flash dijadikan menjadi satu. Sehingga jikalau kepingan pada Nand  Flash rusak harus diganti Ic Emmcnya.

Untuk ketika ini Ic Emmc ini banyak sekali dipakai pada ponsel android, Kecepatan juga kapasitasnya yang sangat tinggi sanggup menyuguhkan smartphone android yang kini semakin High End. Namun kali ini kita tidak akan membahas lebih dalam Ic Emmc tapi yang akan kita bahas yaitu mengetahui ciri Ic Emmc yang lemah dan rusak pada smartphone android sehingga perlu dilakukan penggantian.

Mengetahui Ciri Ic Emmc Lemah pada Ponsel Android

1.Saat melakukan Wipe data Chase ata Factory Reset melalui recovery sajian  gagal atau bahkan tamat dan sukses namun ponsel tetap bisa terformat.

2.Flashing selalu gagal kadang terhenti pada 50% atau lebih

3.Muncul pesan “Brom Error S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE" (5069) dikala dilakukan flashing dengan Aplikasi Sp Flashtool khususnya Chipset MTK . Pesan tersebut memberikan informasi bahwasanya proses flashing tidak mampu dilanjutkan  dikarenakan Ic EMMC penuh. Namun jika menemui pesan seakan-akan itu sebelum mengganti Ic Emmcnya lakukan format dulu dengan Cara buka Sp Flashtool usahakan versi 5 kemudian masukan Loading Scatter File kemudian format dan Flashing kembali. Namun bila pesan “Brom Error S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE” (5069) muncul kembali dipastikan Ic Emmc tersebut rusak dan harus diganti.

4.Saat Upgrade gagal. Karena didalam Ic Emmc terdapat dua media yaitu Nand Flash dan Controller saat kita melakukan Upgrade berarti kita menulis dan menghapus data pada partisi OS yang terdapat pad Ic Flash dan control langsung didalam Emmc tersebut. kalau controller Ic Flash Nand rusak maka proses penulisan ROM kedalam Nand Flash tidak mampu dilakukan, begitupun sebaliknya jikalau kepingan nand Flash rusak maka proses Upgrade akan gagal dikarenakan memory tidak dapat di tulis olh controller.

5.Sering Hang meskipun sudah menggunakan OS Official. Smartphone android banyak yang hang padahal saat ini menggunakan OS bawaan, ini menunjukan bahwa media penyimpanan OS sudah tidak bekerja dengan baik (bad block).

6.Sering muncul tulisan “Sayangnya Aplikasi Terhenti” hal seolah-olah ini disebabkan balasan controller pada Ic Emmc rusak sehingga perlu dilakukan penggantian


Mengetahui Ciri-ciri Ic Emmc Android Yang Rusak -Nah untuk memudahkan gunakan Tutorial mengecek Ic Emmc kalian secara manual seakan-akan Tutorial diatas.Atau mampu juga  Mengecek kondisi Ic Emmc dengan memanfaatkan aplikasi gratis yang dapat di download dengan gratis melalui Playstore bernama “eMMC Brickbug Chek”.
Namun untuk menggunakan aplikasi ini ponsel android harus di Root terlabih dahulu agar dapat mengakses Emmc yang sifatnya izin saluran.Akan tetapi saya sendiri belum pernah mencoba aplikasi tersebut dan hanya memakai Aplikasi Sp FlashTool untuk mengecek Ic Emmc yang rusak dan harus diganti bagi yang ingin tahu Tutorial cek Ic eMMC rusak memakai aplikasi Flashtool  caranya silahkan baca dan klik disini