Mengembalikan OS Dual Boot Menjadi Single Boot

Mengembalikan OS Dual Boot Menjadi Single Boot Mengembalikan OS Dual Boot Menjadi Single Boot

Jumpa lagi nih diartikel yang mungkin akan membantu permasalahan sobat, sambil mengisi waktu istirahat kuliah saya akan memberikan tips cara mengembalikan dual boot linux dengan windows. Pada suatu waktu kita sudah merasa bosan atau tidak cocok dengan linux, sehingga daripada tidak terpakai dan membuang-buang memori lebih baik menghapusnya, kalau pikiran sobat begitu, jangan terburu-buru memformat memori yang terinstal system linux karena bisa membuat laptop sobat tidak bisa di gunakan lagi.

Kenapa bisa begitu? pada artikel Saatnya Beralih ke Linux saya sudah memberitahukan bahwa linux menerima OS lain sedangkan windows tidak, jadi saat menghidupkan yang sudah dual boot maka sebelum masuk sistem kita dihadapkan dengan daftar pilihan sistem operasi yang akan dijalankan, pilihan itu sebenarnya sebuah program dari system linux yang berfungsi mengarahkan komputer menjalankan sistem operasi yang dipilih, dan jika itu dihapus secara langsung siapa dong yang mengarahkannya lagi.

Solusi dari permasalahan diatas merupakan mengarahkan komputer untuk menjalankan sistem Windows terlebih dahulu sebelum menghapus Linux bahasa keren-nya mengganti boot ke Windows, caranya bisa menggunakan CD recovery Windows, mengetikkan perintah di cmd, dll.

Cara-cara diatas menurut saya tergolong merepotkan, untuk itu saya akan membagikan tips cara cepat mengembalikan dual boot menjadi single boot hanya dengan 1 kali klik saja.

Nama aplikasinya merupakan EasyBCD, banyak sekali fungsinya selain mengembalikan boot ke Windows, tetapi karena ketidaktahuan saya menjadi cuman 1 saja fungsinya, harapannya sobat bisa mengeksplore aplikasi ini sehingga bermanfaat di permasalahan komputer lainnya.

Baca Juga : Pengalaman Install Windows 10 Pro 32bit Bersama Linux

EasyBCD gratis digunakan untuk penggunan pribadi/tidak komersial sedangkan kalau yang untuk bisnis harganya sekitar $29, cukup mahal bukan, beruntung developernya baik mau memberi yang gratis. Sebelum download sobat harus menyukai halaman facebook, mengisi nama dan email  dulu disitusnya, paling tidak kita bisa menghargai developernya dengan hal tersebut.

Mengembalikan OS Dual Boot Menjadi Single Boot Mengembalikan OS Dual Boot Menjadi Single Boot

Menggunakan EasyBCD seperti gambar diatas sobat hanya mengklik satu tombol itu saja, beberapa kali klik juga tidak masalah karena klik pertamalah yang menentukan wkwkwk, INGAT!! ya menjalankannya di Sistem Operasi Windows bukan di Linux. Sampai disini komputer sobat sudah menjadi Single boot, tetapi belum selesai karena file system Linux masih belum terhapus di memori hardisk.

Jika memori linux tidak bisa di lihat Windows kemungkinan format memori file systemnya merupakan ext4, diartikel ini tidak dibahas cara menghapus file system linux, mungkin akan dibahas diartikel berbeda, selain itu kalau sobat install dual boot linux sendiri pasti mengetahui cara menghapusnya, yang pas partisi itu loh gampang kok.

Baca Juga : Cara Membuat Partisi Hardisk Tanpa Aplikasi (Windows)

Cukup sekian artikel hari ini, artikel ini ditulis saat istirahat siang dan selesai kuliah pada malam harinya, jadi akhir-akhir ini semakin padat saja kuliahnya, apalagi sudah semester 2 akan banyak tugas akhir yang berdatangan. aku harap sobat yang masih kuliah atau sekolah tetap berusaha dan terus bekerja keras, masalah hasil atau pekerjaan sudah ada yang mengatur dan menjaminnya. Dengan sedikit nasehat diatas saya pamit bye....