Fungsi tombol AEL, AFL, AFON pada kamera DSLR

 Kamera DSLR dan mirrorless mempunyai banyak tombol Fungsi tombol AEL, AFL, AFON pada kamera DSLR

Kamera DSLR dan mirrorless mempunyai banyak tombol. Jika Agan baru mulai memahami cara mengendalikan kamera secara manual , Agan mungkin bertanya-tanya apa fungsi dari tombol-tombol — yang tampaknya tidak penting ini. AEL-AFL membantu mengunci exposure dan fokus sehingga Agan bebas melakukan rekomposisi selama AEL-AFL tertahan. Terang gelap (exposure) dan fokus akan tetap pada subjeknya. So, pada artikel ini Mari kita lihat fungsi tombol AE-L, AF-L, AF-ON, dan * (bintang) pada kamera DSLR.

Tombol AE-L atau *

 Kamera DSLR dan mirrorless mempunyai banyak tombol Fungsi tombol AEL, AFL, AFON pada kamera DSLR

Tombol AE-L dan * merupakan sama. Hanya saja Nikon dan Sony menggunakan AE-L dan Canon, tidak bisa dijelaskan, menggunakan simbol tkamu bintang. AE merupakan singkatan dari "Automatic Exposure," dan L berarti "Lock." Dengan kata lain, ketika Agan menekannya, pengaturan eksposur apa pun yang dipilih kamera Agan saat ini terkunci sampai Agan mengambil gambar atau melepaskan tombol rana sepenuhnya.

Ini sangat berguna jika Agan bekerja di salah satu mode semi-manual seperti prioritas Aperture Priority atau Shutter Speed. Misalnya, jika Agan mencoba mengambil foto siluet atau bekerja dalam situasi pencahayaan yang rumit . Inilah yang harus dilakukan:

  • Pilih mode pengukuran apa pun yang menurut Agan akan berfungsi paling baik.
  • Tekan setengah tombol rana untuk memulai camera’s meter Agan.
  • Fokuskan kamera Agan pada objek apa pun dalam adegan itu akan memberi Agan eksposur yang Agan inginkan. Jika Agan memotret siluet, ukurlah latar belakang yang terang jika Agan ingin subjek Agan terekspos dengan baik meskipun ada lampu latar yang terang, meter off face, dan seterusnya.
  • Tahan tombol AE-L (Nikon) atau tekan tombol * (Canon) untuk mengunci pengaturan eksposur. Disini jari Agan setengah ditekan pada tombol rana.
  • Komposisi ulang gambar yang Agan inginkan (pengaturan eksposur tidak akan berubah). Tekan tombol rana sepenuhnya untuk mengambil foto.

Jika Agan tidak ingin sepenuhnya manual, tombol AE-Lock merupakan alat yang sangat cocok untuk dipakai.

Tombol AF-L

 Kamera DSLR dan mirrorless mempunyai banyak tombol Fungsi tombol AEL, AFL, AFON pada kamera DSLR

Beberapa kamera juga mempunyai tombol AF-L atau tombol AE-L mungkin juga fungsinya sama antara AF-L dan AE-L. AF merupakan singkatan dari "Auto Focus;" L merupakan singkatan "Lock."

Menekan tombol AF-Lock mengunci autofocus ke tempat pengaturan saat ini. Ini berguna untuk situasi di mana Agan ingin fokus pada subjek tertentu, tetapi tidak ada titik fokus otomatis di mana Agan membutuhkannya .

Alasan kebanyakan kamera tidak mempunyai tombol AF-lock, merupakan tombol rana berfungsi gkamu ketika Agan berada dalam mode Autofocus Tunggal . Setelah Agan menekan setengah tombol rana dan menemukan fokus, itu tetap terkunci. Tombol AF-lock hanya berguna jika Agan menggunakan mode autofocus Continuous atau Hybrid.

Tombol AF-ON

Tombol AF-ON melakukan kebalikan dari tombol AF-L: ini akan mengaktifkan autofocus. Ini dipakai oleh banyak profesional dengan teknik yang disebut "ack button autofocusing". Tombol pemfokusan otomatis kembali melibatkan pengaturan kamera Agan sehingga tombol rana tidak lagi mengontrol autofocus. Sebagai gantinya, autofocus hanya diaktifkan ketika Agan menahan tombol AF-ON di bagian belakang kamera. Ini memberi Agan lebih banyak kontrol atas bagaimana autofocus berperilaku — meskipun itu membuat kamera Agan sedikit lebih fiddlier dipakai.


Tombol automatic exposure lock, autofocus lock, dan AF-ON semuanya memberi Agan tingkat kontrol manual atas fungsi otomatis kamera Agan. Jika Agan ingin menguasai kamera Agan, Agan harus tahu cara menggunakannya.

Bagaimana tepatnya perilaku mereka biasanya dapat diubah dalam pengaturan kamera Agan. Misalnya, Agan dapat mengubah perilaku tombol AE-L / AF-L Nikon sehingga mengunci fokus dan eksposur (default), hanya fokus, atau hanya eksposur.

Itulah seklumit info tentang fungsi tombol AEL, AFL, AFON pada kamera DSLR. Semoga artikel ini berguna bagi agan, atas kunjungannya kami ucapkan terima kasih.