Cara menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan pada Windows 10

Cara menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan pada Windows  Cara menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan pada Windows 10

Pada kesempatan kali ini kami akan share cara cara menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan pada Windows 10. Aplikasi Pengaturan pada Windows 10 sama sekali tidak mempunyai kemampuan seperti aplikasi Control Panel. Sebagian besar pengaturan di aplikasi ini bisa dibilang agak jinak; kamu dapat menambahkan perangkat Bluetooth, mengelola aplikasi dan menghapus UWP, menambahkan akun pengguna, dan mengubah key produk kamu.

Control Panel memungkinkan kamu melakukan lebih banyak dan ketika Windows 10 pertama kali diluncurkan, sebagian besar pengguna beralih ke aplikasi tersebut daripada menggunakan aplikasi Pengaturan. Jika kamu perlu menonaktifkan atau setidaknya menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan, kamu dapat melakukannya dengan aplikasi yang disebut  Win10 Settings Blocker.

Cara menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan pada Windows 10

Silahkan unduh Win10 Settings Blocker terlebih dahulu, extrat dan jalankan. Aplikasi dapat melakukan dua hal; menyembunyikan pengaturan dan menonaktifkan pengaturan. Saya tidak menyarankan menonaktifkan pengaturan karena mungkin merusak sesuatu di Windows 10 tetapi menyembunyikan pengaturan tidak berbahaya.

Saat aplikasi Win10 Settings Blocker terbuka, buka dropdown dan pilih apa yang ingin kamu lakukan; sembunyikan atau blok halaman pengaturan. Karena kita ingin menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan, pilih opsi 1: Hide Pages option.


Ini akan membuka jendela kedua dengan dropdown lainnya. Buka tarik-turun ini dan ini akan mencantumkan semua halaman dalam aplikasi Pengaturan. Pilih yang ingin kamu sembunyikan, dan klik Tambahkan ke daftar. Ulangi ini untuk semua halaman yang ingin kamu sembunyikan.

Halaman merupakan tab yang kamu temukan di dalam grup pengaturan, misalnya: grup pengaturan Personalization mempunyai tab Colors dan tab tersebut diperlakukan sebagai 'Laman' oleh Win10 Settings Blocker.


Setelah menambahkan semua halaman yang ingin kamu sembunyikan ke daftar, klik tombol tkamu centang hijau di bagian atas untuk menyimpan dan menerapkan perubahan. kamu dapat melihat pada gambar di bawah bahwa tab Colors telah disembunyikan dari grup pengaturan Personalization di aplikasi Pengaturan.

Cara menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan pada Windows  Cara menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan pada Windows 10

Jika suatu saat kamu ingin memulihkan pengaturan, jalankan kembali aplikasinya, pilih item yang ingin kamu pulihkan dan klik tombol minus merah pada aplikasi untuk menghapusnya dari daftar. Setelah kamu mengedit daftar halaman, klik tombol tkamu centang hijau untuk menerapkan perubahan.


Aplikasi ini memanfaatkan fitur yang ditambahkan di Windows 10 1709 di mana Policy Group memungkinkan pengguna menyembunyikan pengaturan dari aplikasi Pengaturan. Tidak semua orang nyaman bermain-main dengan editor Policy Group dan pengguna Windows Home edition tidak mempunyai pengaturan Policy Group sehingga aplikasi ini merupakan alternatif yang cukup baik.