Cara Menggunakan Google Translate Offline Di Ponsel Android Dan iPhone

Cara Menggunakan Google Translate Offline Di Ponsel Android Dan iPhone Cara Menggunakan Google Translate Offline Di Ponsel Android Dan iPhone

Google translate bukan hanya tersedia di layanan web saja, ada aplikasi smartphone resmi untuk layanan Google translate yang dapat menerjemahkan ucapan dan teks. Aplikasi ini juga bisa menerjemahkannya text atau tulisan yang difoto melalui fitur OCR. Karena aplikasi menggunakan layanan web, maka dapat dipastikan kamu memerlukan koneksi internet aktif untuk menggunakannya. Jika kamu menggunakan layanan Google translate saat di perjalanan, kamu mungkin tidak selalu online. Dalam hal ini, lebih baik jika kamu dapat menggunakan Google translate offline. Agar bisa menggunakan layanan offline ini, kamu perlu mengunduh paket bahasa.

Paket bahasa jelas harus diunduh sebelum kamu menggunakan google translate offline di android dan iPhone. Jika kamu perlu menerjemahkan dalam beberapa bahasa, kamu harus mengunduh paket bahasa untuk masing-masing bahasa. Begini caranya.

Google Translate Offline
Buka aplikasi Google Terjemahan di ponsel kamu. Buka tab Pengaturan dan ketuk tombol Terjemahan Offline. Pada layar Terjemahan Offline, ketuk tombol plus. Cari bahasa yang ingin kamu terjemahkan ke offline.

Cara Menggunakan Google Translate Offline Di Ponsel Android Dan iPhone Cara Menggunakan Google Translate Offline Di Ponsel Android Dan iPhone

Pilih dari daftar, dan ketuk tombol Unduh. kamu harus menunggu paket bahasa diunduh sampai selesai. Jika kamu memutuskan sambungan sebelum paket bahasa diunduh seluruhnya, kamu tidak bisa menggunakan aplikasi ini secara offline.

Cara Menggunakan Google Translate Offline Di Ponsel Android Dan iPhone Cara Menggunakan Google Translate Offline Di Ponsel Android Dan iPhone

Aplikasi ini tersedia untuk versi iOS dan Android. Jika memori ponsel kamu penuh, kamu dapat menghapus paket terjemahan yang diunduh nanti. Untuk menghapus bahasa yang diunduh, buka layar Terjemahan Offline dan kamu akan melihat ikon tong sampah di samping bahasa yang diunduh. Ketuk, dan bahasanya akan dihapus.

Bahasa yang diunduh memungkinkan kamu menerjemahkan ucapan, serta teks tertulis dan difoto. Untuk jangka waktu tertentu, paket bahasa bisa memenuhi kebutuhan kamu, tetapi paket bahasa akan diperbarui dari waktu ke waktu. Sebaiknya periksa kembali dan pasang pembaruan apa saja yang tersedia. Pembaruan akan memberi kamu terjemahan yang lebih baik dan lebih akurat untuk ucapan dan teks.


Terjemahan tersedia dalam dua arah, kamu dapat menerjemahkan dari bahasa utama kamu ke bahasa lain, dan sebaliknya. Sangat bagus ketika kamu bepergian atau jika kamu belajar bahasa kedua. kamu dapat menerjemahkan antara bahasa apa saja yang kamu unduh.

kamu juga bisa menggunakan fitur OCR untuk menerjemahkan tulisan yang difoto, tapi periksa dulu apakah mendukung untuk bahasa yang kamu pilih. Jika teks gagal diterjemahkan, itu mungkin karena teksnya tidak jelas.