Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak

Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak

Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa cara untuk mengetahui apakah antivirus bekerja atau tidak. Virus merupakan ancaman utama terhadap informasi digital. Virus dapat menginfeksi file data, boot sector dari hard drive dan menyebabkan kegagalan sistem. Ada beberapa jenis virus komputer yang dapat memanipulasi dan merusak data. Dalam  serangan cyber WannaCry, virus berbahaya dipakai untuk memanipulasi dan menghapus data dari sistem yang terinfeksi.

Program anti-virus dipakai untuk menjaga sistem dari virus. Program secara otomatis mendeteksi file berbahaya dan menghapusnya dari sistem. Seluruh sistem tergantung pada program antivirus ketika ada virus dan file berbahaya. Jadi, kita harus memastikan bahwa antivirus dipasang dengan benar dan berfungsi.

Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak
Ada beberapa metode untuk menguji apakah suatu antivirus berfungsi dengan baik atau tidak. Metode yang berbeda menggunakan prosedur yang berbeda juga untuk menguji antivirus. Ketika program antivirus menghadapi risiko keamanan, ia memblokirnya dan memunculkan popup di layar. Jika kamu mendapatkan munculan atau pemberitahuan dari antivirus ketika memblokir file, berarti antivirus kamu berfungsi dengan benar. Berikut beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk menguji antivirus kamu:

File Tes EICAR:
File tes EICAR merupakan file komputer yang dikembangkan oleh EICAR (European Institute for Computer Antivirus Research) dirancang untuk menguji program antivirus. File EICAR berisi string 68 karakter yang disusun dalam urutan tertentu. File ini ditetapkan sebagai virus terverifikasi dalam program antivirus. Ketika sebuah program komputer mendeteksi file ini pada suatu sistem maka akan muncul bendera keamanan. kamu dapat membuat file ini di Notepad dan menggunakannya untuk menguji program antivirus kamu. Cukup copy string berikut di Notepad dan simpan dengan ekstensi EXE atau COM.

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Jika antivirus kamu berfungsi dengan baik, maka secara otomatis akan mendeteksi file ini sebagai virus dan menghapusnya dari sistem. Jika tidak, maka kamu harus memeriksa program antivirus kamu. Lihat apakah perlindungan real-time aktif dan semua pengaturan perlindungan dihidupkan.


COMODO Leak Tests:
COMODO Leak Tests merupakan program komputer yang dapat kamu gunakan untuk menguji program antivirus. Program ini dikembangkan oleh perusahaan keamanan COMODO yang terkenal karena antivirusnya (COMODO Antivirus). COMODO Leak Tests memeriksa program HIPS dan firewall dari kebocoran.

Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak

Saat ini, antivirus mempunyai fungsi analisis perilaku. Mereka memantau sistem dan memeriksa apakah perilaku dari suatu program dapat menimbulkan risiko keamanan. COMODO Leak Tests melakukan beberapa tes yang dapat dianggap sebagai risiko keamanan dan memicu program virus. Dengan cara ini, jika antivirus kamu berfungsi, ia akan menkamui COMODO Leak Tests dan memblokirnya.

Sampai sekarang, COMODO Leak Tests dihapus dari servernya tetapi kamu masih dapat mengunduhnya dari sini.

Simulator Trojan:
Trojan Simulator merupakan program lain yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa antivirus kamu. Program ini menambahkan entri startup di registri dan menjalankan file yang tidak berbahaya di memori. Dengan kata lain, itu meniru bagaimana trojan yang sebenarnya bekerja tanpa mempengaruhi sistem kamu. Antivirus akan mendeteksi perilaku tersebut dan menkamuinya sebagai risiko keamanan.

Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak Cara Mengetahui Antivirus Bekerja Atau Tidak

kamu dapat mengunduh Simulator Trojan dari sini.

Itulah beberapa metode sederhana untuk memeriksa apakah antivirus berfungsi dengan baik atau tidak. Terlepas dari ketiganya, ada banyak alat dan metode lain untuk menguji antivirus. Jika antivirus kamu juga menyediakan keamanan online, kamu dapat mencoba mengunjungi situs webnya untuk mengujinya.