Cara membuat diagram konteks secara online

Membuat diagram konteks itu mudah, kamu dapat menggunakan alat diagram apa saja yang menawarkan bentuk dasar dan alat gambar. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 4 situs web di mana kamu dapat membuat diagram konteks secara online di mana kamu dapat membuat diagram konteks dalam beberapa menit. Alat-alat online ini menawarkan alat-alat sederhana bersama dengan opsi kustomisasi visual dan membiarkan kamu mengekspor diagram dalam berbagai format.

Dalam Diagram konteks atau sistem diagram konteks kamu bisa menentukan batas antara sistem dan ruang lingkupnya. Ini menunjukkan entitas dari keseluruhan sistem bersama dengan interaksi mereka. Sistem Diagram konteks agak mirip dengan diagram blok. Berikut 4 situs yang bisa kamu gunakan untuk membuat diagram konteks secara online:

Diagramiq

 kamu dapat menggunakan alat diagram apa saja yang menawarkan bentuk dasar dan alat gambar Cara membuat diagram konteks secara online

Diagramiq merupakan tool untuk membuat diagram online gratis di mana kamu dapat dengan mudah membuat diagram konteks. Ini sangat responsif dan mudah dipakai. Alat ini mempunyai kanvas di tengah dengan bentuk toolbar di sebelah kiri dan panel opsi penyesuaian kanvas di sebelah kanan. Ada toolbar kecil di atas kanvas. Alat paket ini dibekali beberapa pilihan kustomisasi garis dan tema warna.

Untuk membuat diagram konteks, kamu dapat drag & drop bentuk dari toolbar ke kanvas dan mengubah ukurannya sesuai kebutuhan kamu. kamu dapat menambahkan teks ke bentuk hanya dengan mengklik dua kali di dalam bentuk itu. Kemudian, kamu dapat menggunakan alat garis untuk mewakili hubungan antara komponen sistem dan lingkungan. Di sini, kamu dapat menambahkan gambar PNG dan SVG ke diagram kamu juga. Pada akhirnya, kamu dapat mengekspor diagram kamu sebagai file JPG , PNG , atau PDF.

Draw.io

 kamu dapat menggunakan alat diagram apa saja yang menawarkan bentuk dasar dan alat gambar Cara membuat diagram konteks secara online

Draw.io merupakan alat diagram online gratis yang mengemas fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan Diagramiq. Tampilan antarmukanya mirip dengan Diagramiq tetapi bentuk toolbar mempunyai lebih banyak bentuk dan panel kanan mempunyai lebih banyak pilihan penyesuaian visual. Daftar fitur lainnya tidak berhenti di situ; Draw.io memungkinkan kamu mengimpor data dan file diagram dan menawarkan lebih banyak opsi ekspor termasuk PNG, JPEG, PDF, XML, HTML, VSDX , dan ekspor cloud.

Dengan semua fitur ini, membuat diagram konteks di sini menjadi lebih sederhana dan mudah. kamu dapat menyeret bentuk dari toolbar bentuk ke kanvas di mana kamu dapat menyesuaikannya. Untuk mengubah bentuk secara visual, kamu dapat mengubah ukuran, warna, batas, lebar pembatas, warna batas, menambahkan bayangan, mengubah format teks, dan banyak lagi. Setelah menambahkan bentuk, kamu dapat menambahkan garis hubungan dengan menggunakan alat garis. Atau, kamu dapat mengklik bentuk untuk membuat titik sambungan dan menyeret titik-titik tersebut ke bentuk lain untuk membuat relasi. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah membuat diagram konteks yang sangat personal dengan Draw.io.

RealTimeBoard

 kamu dapat menggunakan alat diagram apa saja yang menawarkan bentuk dasar dan alat gambar Cara membuat diagram konteks secara online

Situs web berikutnya untuk membuat diagram konteks online merupakan RealTimeBoard. Ini merupakan aplikasi papan tulis online yang menawarkan beberapa alat menggambar. Alat-alat ini lebih dari cukup untuk membuat diagram konteks di sini. Seperti situs web lain di daftar ini, ini juga memungkinkan kamu mengimpor gambar yang dapat kamu gunakan dalam diagram. Aplikasi ini mempunyai keanggotaan premium tetapi pengguna gratis dapat menyimpan hingga 3 diagram di akun mereka dan menambahkan hingga 3 kolaborator juga. Pada akhirnya, diagram dapat diekspor sebagai file JPG, PNG, PDF, HTML , dan CSV .

Untuk membuat diagram konteks di sini, kamu dapat memilih bentuk dari koleksi bentuk yang ada di bilah alat dan menambahkannya ke kanvas. Setelah menambahkan bentuk, kamu cukup mengekliknya untuk menampilkan semua opsi penyesuaian. Opsi-opsi itu memungkinkan kamu memilih warna fill dan border untuk bentuk bersama dengan opsi format teks. Setelah menambahkan bentuk dan teks, kamu dapat menggunakan alat garis atau titik koneksi bentuk untuk menggambar relasinya. Dengan cara ini, kamu dapat membuat diagram konteks yang dipersonalisasi.

LucidChart

 kamu dapat menggunakan alat diagram apa saja yang menawarkan bentuk dasar dan alat gambar Cara membuat diagram konteks secara online

LucidChart merupakan fitur lain yang dikemas dengan editor diagram online di mana kamu dapat membuat diagram konteks dengan mudah. Pengguna gratis hanya dapat membuat hingga 3 dokumen di sini. Itu tidak berarti kamu terbatas pada 3 diagram saja. Setelah membuat 3 dokumen, kamu dapat menghapus salah satu atau semuanya untuk membuat yang baru. Fitur-lainnya; mempunyai banyak koleksi bentuk dan paket fitur-fitur canggih. Mendukung data, diagram, dan impor file gambar dan memungkinkan kamu mengekspor diagram dalam berbagai format file bersama dengan ekspor cloud. kamu juga dapat mempublikasikan diagram kamu di LucidChart dan membuat kode embed HTML untuk menambahkannya di halaman web.

Proses pembuatan diagram konteks mirip dengan alat diagram lainnya pada daftar ini. kamu dapat menambahkan bentuk dari koleksi bentuk dengan drag & drop sederhana. Kemudian, kamu dapat menyesuaikan dimensi dan visual bentuk. Dengan bantuan alat garis, kamu dapat menambahkan hubungan antara komponen sistem dan lingkungan. Setelah itu, dengan alat teks, kamu dapat menambahkan label untuk setiap komponen sistem, lingkungan, dan relasi. Pada akhirnya, kamu dapat mengekspor diagram kamu sebagai file  PDF, SVG, PNG, JPEG, XML , HTML, atau  VDX.

Kesimpulan: Itulah 4 situs web di mana kamu dapat membuat diagram konteks online secara gratis. Membuat diagram konteks sangat mudah dan sederhana, semua situs web ini mempunyai cara kerja yang hampir sama. kamu dapat menggunakan situs web ini untuk membuat diagram konteks sesuai keinginan kamu.[semutsujud]