Cara kompres gambar dengan google squoosh

Pada cara kali ini kami akan mengulas tool google yang disebut Squoosh yang berfungsi untuk Mengkompres gambar atau foto. Saat kamu mengkompres gambar, kamu ingin kualitasnya tetap atau kurang lebih sama tetapi ukurannya harus dikurangi. Dalam kebanyakan kasus, gambar dikompresi untuk menghemat ruang namun ukurannya yang diperkecil hampir selalu berarti penurunan kualitas. Ada banyak layanan dan aplikasi berbeda yang dapat kamu gunakan untuk mengkompres gambar dan Google juga mempunyai tool yang berfungsi untuk mengkompres gambar. Itu disebut Google Squoosh dan tool ini cukup bagus. Langsung saja berikut cara kompres gambar menggunakan google squoosh.


Kompres gambar dengan Squoosh

Squoosh berfungsi di browser kamu dan juga dapat berjalan secara offline. Aplikasi ini merupakan aplikasi eksperimental dan mendukung beberapa ektensi seperti: OptiPNG, MozJPEG, WebP, Browser PNG, Browser JPEG, dan Browser WebP. kamu dapat juga dapat menggunakannya di browser web modern apa saja.

Pertama-tama silahkan kunjungi situs squoosh dan tambahkan gambar yang ingin kamu kompres. Setelah kamu menambahkan gambar, kamu harus memilih format mana yang ingin kamu inginkan untuk hasil kompresi.

Pada cara kali ini kami akan mengulas tool google yang disebut Squoosh yang berfungsi  Cara kompres gambar dengan google squoosh

kamu harus tahu bahwa baik JPEG dan WebP merupakan format lossy. Setiap format mempunyai pengaturan kompresi sendiri yang dapat kamu sesuaikan.

Saat kamu menambahkan gambar, aplikasi menampilkannya di dua panel. Panel kiri menunjukkan gambar asli kamu, dan yang kanan menunjukkan gambar setelah kompresi yang telah diterapkan. kamu dapat mengklik dan menyeret gambar untuk melihat bagian lain dari gambar. Untuk memilih format kompresi, buka menu di kiri bawah dan di bawah bagian Kompres buka dropdown. Selain mengubah dan mengompresi gambar, kamu juga dapat mengubah ukurannya dan mengurangi palet warnanya. Mengurangi palet warna jelas akan membuat gambar yang kurang tajam.

Pada cara kali ini kami akan mengulas tool google yang disebut Squoosh yang berfungsi  Cara kompres gambar dengan google squoosh

Kotak kontrol di bagian kiri bawah menunjukkan kepada kamu seberapa besar ukuran file yang berhasil dikurangi. Untuk mengunduh gambar yang dikompresi, klik tombol unduh di bagian bawah kotak kontrol di sebelah kanan.


Dengan tes singkat yang kami lakukan, hasil kompresi tidak buruk sama sekali. Bahkan, tidak ada penurunan kualitas untuk foto-foto yang kami uji. Ada kemungkinan bahwa untuk gambar yang dikompres mengalami perubahan pencahayaan yang lebih drastis, misalnya, foto matahari terbenam di cakrawala, akan ada lebih banyak area gelap setelah kompresi. Untuk foto dalam ruangan, hasilnya cukup bagus.

Namun, kompresi selalu akan membuat penurunan kualitas, pengembang berusaha membatasi seberapa banyak kualitas yang hilang ketika gambar dikompresi dan dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, ada kemajuan yang bisa dibilang lumayan.