35 Software Desain Grafis Terbaik (Gratis & Berbayar)

Dengan pesatnya perkembangan teknologi seakan-akan yang kita ketahui ketika ini, maka perkembangan dunia visual juga meningkat secara drastis.

Sekarang banyak pelaku bisnis yang mengatakan pesannya secara visual, sehingga hal inilah yang menciptakan semakin banyaknya bermunculan para desainer grafis yang handal.

Pada peminat desain grafis semakin meningkat, bidang pekerjaan ini terus berkembang.

Nah, Anda mampu juga memiliki ‘hobi’ sebagai desain grafis, jikalau Anda berbakat maka Anda bisa menjadi profesional dalam bidang ini.

Terdapat banyak software desain grafis yang bisa digunakan, baik yang gratis maupun berbayar.

Penggunaan yang versi gratis umumnya telah memberikan fitur yang sudah cukup baik, bagi anda pemula dalam desain grafis, maka Anda disarankan mencoba menggunakan program yang versi gratis terlebih dahulu.

Berikut di bawah ini aneka macam software desain grafis yang bisa Anda gunakan:

1. PosteRazor

Apabila ingin menghias kamar atau rumah maka bisa dengan menempatkan beberapa poster di dinding. Hanya saja yang menjadi dilema, ukuran kertas untuk poster tidak mampu dicetak dengan printer biasa.

Software PosteRazor
Software PosteRazor | Sumber gambar: Itlure.com

Masalah ini bisa diatasi dengan adanya software PosteRazor, untuk mencetak poster dengan ukuran yang besar di printer biasa.

Pada PosteRazor, nantinya pengguna bisa menentukan ukuran lembaran kertas yang ingin dipakai, serta bisa mengatur pemberian spasi antara porongan kertas gambar, biar menghindari kesalahan dalam pengguntingan gambar.

Dengan PosterRazor, menjadi  hal yang mudah untuk mencetak poster dari printer biasa.

PosteRazor memotong gambar raster menjadi potongan-potongan, yang sesudah itu mampu dicetak dan dirakit untuk menjadi sebuah poster.

PosteRazor menjadi software gratis yang sangat elok untuk membuat poster. Dengannya, mempermudah Anda untuk menciptakan poster atau billboard.

Pada acara ini, potonglah gambar raster menjadi potongan-potongan, untuk kemudian dicetak dan dikumpulkan menjadi poster.

Uuran halaman dan orientasi printer dimana poster akan dicetak, nantinya mampu Anda atur secara manual, atau terdapat pilihan yang tersedia secara default yaitu DIN A4, DIN A3, Hukum, Surat, Tabloid.

Untuk batas ukuran satu halaman yaitu 5 meter (16,4 kaki). Dimana PosteRazor hadir dengan kemampuan cetak per raster. Anda bisa menyimpan poster ke dalam format PDF.

Salah satu acuan manfaat menggunakan software PosteRazor
Sumber gambar: Petapixel.com

Manfaat penggunaan software ini, nantinya mampu ditempelkan seakan-akan ini di dinding rumah Anda.... (lihat gambar)

PosteRazor tersedia untuk aneka macam platfrom yaitu: Windows, OSX dan Linux. Program ini gratis dan bersifat open source.

Download PosteRazor di Sourceforge.net

2. Inkscape

Inkscape ialah software gratis untuk desain vektor, yang mendukung sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Software Inkscape bersifat open source. Padanya terdapat tool seperti spidol, klon, dan alpha blending.

Software Inkscape
Tampilan Software Inkscape | Sumber gambar: Techadvisor.co.uk

Software Inkscape ini berfungsi sebagai pengolah vector. Jika Anda selama ini mendengar wacana software Corel Draw dan Adobe Illustrator, maka fungsinya seakan-akan itu.

Dengannya Anda bisa menciptakan dan merancang suatau desain vector. Diluar sana terdapat banyak program desain vektor, Inkspace yaitu salah satunya yang cukup anggun dipakai.

Dibuat dengan kaya akan fitur, terdapat banyaknya tool penting untuk editing. Anda mampu menggunakan banyak sekali tool: spidol, menciptakan teks, klon, alpha blending, pola, transformasi, gradien, dan grouping.

Program ini support creative Commons metadata, editing XML, mengedit node. Meskipun gratis, fitur-fitur yang ada pada software Inkspace tidak mengecewakan anggun.

Inkscape juga telah digunakan oleh kalangan profesional dalam menciptakan logo, ilustrasi, icon, diagram, peta, brosur, poster, pamflet, web grafis dan desain lainnya.

Inkscape memiliki tools untuk menggambar yang secanggih Adobe Illustrator ataupun CorelDRAW. Inkscape mempunyai kemampuan untuk mengimport aneka macam format file seakan-akan : PNG, SVG, AI, EPS, PDF, dan PS. Tidak ada salahnya untuk mencoba Inkscape.

Download software Inkscape di situs resminya Inkscape.org

Hal yang saya kira sangat elok yaitu mengenai cara penggunaan software Inkspace, saya menemukan ebook “Panduan Inkscape Pemula”, untuk mendapatkan ebooknya (format PDF dan ODT) kunjungi laman Malsasa.wordpress.com


3. Adobe Indesign

Ini merupakan software buatan Adobe System yang banyak digunakan oleh para desainer untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah dan buku.

Software Adobe Indesign
Software Adobe Indesign | Sumber gambar: Getintopc.com

Dengan Adobe Indesign memudahkan untuk desain visual dan berkreasi. Di Indonesia sendiri, acara ini banyak digunakan untuk menciptakan layout koran dan majalah.

Adobe Indesign adalah software berbayar dan harganya sangat mahal, namun kemampuannya benar-benar premium. Program ini berbeda dengan Adobe Photoshop yang lebih fokus untuk dipakai dalam editing gambar.

Dimana Adobe Indesign ini bias dipakai untuk membuat sebuah layout media cetak. Bagi para desainer yang masih pemula, dapat memakai dan mengikuti keadaan dengan acara ini secara praktis, tersedia tutorialnya untuk diikuti.

Penggunaan tool-toolnya didesain semoga semudah mungkin. Terdapat tool yang berupa imbas (seperti dimiliki oleh Adobe Photoshop) seakan-akan glow, shadow, bevel, dan lainnya.

Lalu terdapat tool untuk mem-blur gambar, pengaruh artistik, membuat tabel, sampai konversi gambar ke format .pdf.

Walau Adobe Indesign diklaim sebagai acara terbaik untuk mendesain majalah, koran, dan lainnya, terdapat beberapa hal yang kurang memuaskan.

Dimana untuk penggunaan format teks rata kanan kiri (justify), tidak jarang jarak antar teks tampak tidak natural (bisa terlalu jauh atau terlalu akrab).

Program ini tidak dapat mengemban amanah untuk mendesain logo yang lebih rinci dan leluasa, untuk kemampuan dalam hal ini maka ada pada software Adobe Illustrator.

Software Adobe indesign ini sering dijadikan kursus oleh orang-orang (pengajar), karena software ini sudah cukup terkenal, dan kemampuann telah teruji dan memuaskan.

Adobe Indesign sering digunakan pihak penerbit buku untuk menciptakan layout. Penggunaannya diandalkan untuk mengatur layout, tapi apabila yang Anda inginkan ialah software untuk membuat desain grafis yang lebih detail dan leluasa maka Adobe Indesign tidak cocok untuk hal itu.

Pada acara Adobe Indesign nantinya tersedia pilihan dampak layout yang beragam. Program ini banyak dipakai oleh para desainer grafis profesional, untuk desain tata letak (layout) seakan-akan buku, majalah, koran, company profile, annual report, dll.

Situs resmi software Adobe Indesign di Adobe.com

4. LibreCAD

LibreCAD yaitu software gratis yang bisa dipakai di OS Windows, Mac & Linux, dengannya Anda mampu membuat desain blue print.

Software LibreCAD
Software LibreCAD | Sumber gambar: Librecad.org

Ini merupakan aplikasi Desain CAD 2D gratis dan bersifat open Source. LibreCad merupakan pprgoram percabangan dari QCad yang dikembangkan sejak 2010-an. Qcad sendiri merupakan aplikasi Cad 2D yang mempunyai versi gratis dan berbayar.

Pada awalnya LibreCad dibentuk untuk membangun kemampuan di bidang CAM menggunakan “matchmate cnc router”. Walau program ini gratis, tapi fitur yang disediakannya mampu dikatakan cukup banyak. Software ini mendukung banyak bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

AutoCAD merupakan aplikasi terkenal untuk mendesain gambar secara 2D atau 3D, aplikasi ini banyak dipakai oleh para arsitek, insinyur mesin, teknik sipil, sampai desainer interior. Hanya saja AutoCAD harganya mahal.

Nah, Anda mampu mengakibatkan LibreCAD yang berukuran kecil sebagai alternatif, dimana penggunaannya hanya mampu untuk mendesain gambar secara 2D saja. Fitur-fitur yang disediakan untuk mendesain gambar 2D bisa diandalkan.

Fungsi drawing dan dimensioning bisa diakses dengan mudah pada hidangan utama.

Download software LibreCAD di situs resminya Librecad.org

5. Google SketchUp

Aplikasi ini berkhasiat untuk desain interior, semenjak bulan Juni 2012, program ini sudah berganti pemilik dari Google menjadi Trimble Navigation Limited, dan namanya dikala ini Sketch Up.

SketchUp
Program SketchUp | Sumber gambar: Sketchup.com

Sketchup dipakai untuk membuat model 3D, termasuk juga memiliki kemampuan untuk konversi gambar 2D menjadi 3D. Kegunannya biasanya untuk membuat obyek 3D profesional.

Fitur-fiturnya berupa menggambar (drawing), dampak dan tekstur. Dengannya, mampu membuat gambar 3D tanpa batas, termasuk untuk membuat desain arsitektur, map, blueprint dan lainnya.

Hal yang manis, program ini kompatibel dengan layanan aplikasi Google Earth dan Google Maps, hal ini untuk memudahkan jika layanan aplikasi tersebut diharapkan dalam projek.

Program ini support format gambar JPG, PNG, TIF, BMP, SKP dan DEM. Untuk penyimpanan, supprt format PNG, JPG, SKP, BMP, TIF, DAE dan KMZ.

Terdapat fitur 3D Modelling, pengukuran yang akurat, solid tool, duplikasi data, dan banyak lainnya.

Pada bagian Analysis & Advanced Operations, tersedia fitur perangkat Kamera, pembuatan laporan, perhitungan area dan volume, pembuatan obyek dari foto, dll.

Sketchup Pro memberikan sangat banyak fitur yang lebih kompleks. Saat program ini masih dimiliki Google mampu digunakan secara gratis (saat itu namanya Google Sketchup), namun kini untuk menggunakan Sketchup Pro harus membayar $590 untuk mampu menggunakan versi pro (untuk memperoleh fitur lengkap).

Anda mampu menggunakan Sketchup Make yang merupakan versi lamanya, yang mampu Anda download secara gratis dari pihak ketiga.

Situs resminya: Sketchup.com

loading...

6. AAA Logo

Software AAA Logo
Software AAA Logo | Sumber gambar: Brothersoft.com

Ini yaitu software gratis yang bisa digunakan untuk mendesain & menciptakan logo secara praktis, software ini bisa dipakai pada sistem operasi Windows.

Software AA Logo ini cocok bagi para pemula yang ingin menciptakan logo secara praktis. Dalam pembuatan logo, Anda bisa menyesuaikan warna, dampak, dan huruf. Selain itu terdapat lebih dari 8000 obyek yang bisa dipakai.

Download software AAA Logo di situs resminya Aaa-logo.com

7. LibreOffice Draw

LibreOffice Draw
LibreOffice Draw | Sumber gambar: Smacak.wordpress.com

Program ini gratis, yang mampu digunakan untuk membuat grafis, diagram dan grafik sederhana. Seperti namanya, acara ini merupakan kepingan dari software produktivitas LibreOffice suite yang bersifat open source.

Dengannya, Anda bisa menciptakan karya seni yang kompleks, disamping juga cocok untuk digunakan dalam menciptakan grafik dan diagram.

Download di situs resminya Libreoffice.org

Software Desain Gambar Vector

9. DrawPlus Starter Edition from Serif 
Ini merupakan software gratis untuk desain Graphic yang digunakan di OS Windows. Program ini sebagai editor grafis vektor 2D yang dengannya Anda mampu menggambar, merancang, mengedit dan membuat desain.

DrawPlus mempunyai beberapa fitur andal yang memungkinkan pengguna untuk bisa menciptakan objek 3D. Penggunannya mampu untuk membuat logo, gambar teknik, animasi, dll. Terdapat berbagai template yang mampu dipakai, serta ada tutorial untuk pengguna pemula.

Situs resminya di Serif.com

10. SVG-Edit
Ini merupakan acara desain grafis vektor di browser, dengannya Anda mampu mereproduksi gambar atau vektor seni secara terprogram, Scalable Vector Graphics [SVG] ialah formatnya. Program ini bersifat open source, yang berarti Anda bisa mendownload dan men-tweak arahan untuk memprogramnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa merancang atau mengedit elemen SVG. Anda mampu dengan cepat mengedit dan memproses vektor 2D.

Kunjungi tool onlinenya di Github.io

loading...

11. Skencil
Skencil adalah software untuk menggambar vektor yang mampu digunakan pada sistem operasi Unix / Linux OS. Ini yaitu tool fleksibel yang mampu digunakan dalam membuat ilustrasi, diagram, dan untuk hal lainnya. Dengannya Anda mampu membuat gafik vektor.

Situs resminya di Skencil.org

12. Ultimate Paint
Ini merupakan program yang berisi alat manipulasi gambar untuk sistem operasi Windows. Ultimate Paint ialah program grafis Windows 32-bit dengan fitur lengkap untuk pembuatan gambar, terdapat tool manipulasi.

Software Ultimate Paint

Terdapat semua fungsi dasar secara lengkap. Format gambar yang didukung untuk diedit yaitu PEG, GIF, PNG, BMP, PCX, AVI (hanya baca), TGA, WMF / EMF, ICO (hanya baca), IFF / LBM, WAPP.

Download software Ultimate Paint di situs resminya Ultimatepaint.com

13. SmoothDraw NX
SmoothDraw NX mampu dipakai secara gratis untuk pengguna tablet, dengannya Anda bisa menciptakan gambar berkualitas tinggi. Terdapat banyak tool dalam menggambar seperti pena, pensil, sikat, alat retouch, dll.

Download gratis di situs resminya Smoothdraw.com

14. Fat Paint
Fat Paint merupakan software desain grafis gratis yang menyediakan tool pembuat logo, cat, ilustrasi vektor, serta mampu mengedit foto dan merancang produk secara online.

Kunjungi situs resminya di Fatpaint.com

Software Editing Gambar [Pixel Art]

15. Paint.net
Ini merupakan software editing gambar gratis untuk Windows, terdapat alat editing gambar dengan beberapa fitur dasar dan canggih. Fitur-fiturnya cukup bisa diandalkan dalam pengeditan.

Kunjungi situs resminya di Getpaint.net

16. GIMP
GIMP adalah program manipulasi gambar yang banyak digunakan untuk retouching foto, manipulasi gambar, penulisan gambar dan pengaturan komposisi gambar, dll.

Software ini yaitu software desain grafis gratis yang populer, bahkan dikenal sebagai alternatif Photoshop. Software GIMP tersedia untuk Windows, Mac OS X, dll.

Download di situs resminya Gimp.org

loading...

17. Pixlr
Ini ialah aplikasi Photo Editor untuk pengguna iPhone dan iPad. Untuk pengguna iOS maka Anda mampu menggunakannya. Padanya terdapat fitur memotong, memutar, dan menyempurnakan gambar apapun.

Pada Pixlr, Anda bisa memilih lebih dari 2 juta kombinasi imbas, hamparan, dan batas bebas untuk mempersonalisasi gambar.

Download Pixlr secara gratis di Apple.com

18. Sumo Paint
Ini adalah acara desain grafis online yang bisa digunakan secara gratis. Dengannya Anda bisa mengedit foto.

Kunjungi situs resminya di Sumopaint.com

19. Image Magick
Software ini mampu dipakai di Windows, Linux, Mac OS X, iOS, dan Android. Image Magick yaitu program yang ampuh untuk mengkonversi gambar dari satu versi ke versi lainnya. Misalnya mengubah .JPEG ke .PNG.

Dengannya Anda juga mampu membuat, hidanganlis, mengedit dan mengubah gambar bitmap ke versi lain.

Kunjungi situs resminya di Imagemagick.org

Software Desain Gambar 2D/3D dan Animasi

20. Daz Studio
Software ini bisa digunakan untuk menciptakan model 3D dan animasi 3D, bagi Anda pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan software ini.

Terdapat cukup banyak tutorial penggunaan software ini. Dengan software Daz Studio Anda mampu menciptakan karakter 3D khusus, avatar, elemen desain grafis, atau gambar lainnya.

Software ini gratis, bisa Anda manfaatkan untuk berbagi kemampuan desain gambar 3D Anda.

Kunjungi situs resminya di Daz3d.com

21. Blender
Software Blender ini gratis dan bersifat open source, berguna untuk membuat gambar 3D. Support untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

Kunjungi situs resminya di Blender.org

22. Anim8or
Software ini mampu digunakan di sistem operasi Windows. Anim8 mempunyai banyak fitur canggih, seakan-akan modeler 3D untuk membuat dan memodifikasi model 3D, dengan pemberian font TrueType untuk teks 2D dan 3D.

Kunjungi situs resminya di Anim8or.com

Software Desain Infografis [Visualisasi Data]

23. Google Developers
Google Chart ditawarkan oleh pengembang Google yang kegunannya untuk membuat dan menyesuaikan grafik dari berbagai data di web.

Ini yaitu alat visualisasi data gratis yang membantu Anda dalam menciptakan diagram lingkaran interaktif, diagram garis, diagram kolom, sketsa area, peta pohon, batang, dan lainnya.

Dengannya, Anda mampu dengan mudah membuat visual representasi data, Anda juga mampu memperoleh aba-aba untuk menyematkannya ke dalam laman web, spreadsheet, dll.

Untuk penggunannya, kunjungi situs resminya di Google.com

24. Visual.ly
Dengan program ini Anda bisa menciptakan infografis yang interaktif. Ini merupakan aplikasi perancangan visual terbaik untuk membuat infografis yang menakjubkan. Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Untuk penggunannya kunjungi situs resminya di Visual.ly

25. Infogr.am
Program ini memungkinkan Anda untuk mampu membuat Infografis dan grafik visual secara online. Penggunannya hanya dalam 3 langkah sederhana: pilihlah template, visualisasikan data Anda, kemudian terbitkan.

Dalam penggunannya, Anda bisa memilih dari lebih dari 30 jenis grafik interaktif termasuk kafe, garis, area, peta dan banyak lagi secara gratis.

Kunjungi situs resminya di Infogr.am

26. Easel.ly
Ini adalah acara pembuat infografis yang mahir, Anda hanya perlu mengklik template infografis, lalu memasukan data-data dengan mudha.

Kunjungi situs resminya di Easel.ly

27. Visualize.me
Dengannya Anda mampu memvisualisasikan infografis secara gratis. Terdapat lebih dari 500.000 infografis yang telah dibuat. Ada banyak tool canggih yang disini yang membantu Anda dalam membuat infografis.

Kunjungi situs resminya di Vizualize.me

Software Desain Grafis Berbayar Terpopuler

28. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator ialah software desain vektor terbaik, dengan fitur super lengkap dan canggih, namun software ini berbayar.

Logo Software Adobe Illustrator

Hal ini seakan-akan CorelDraw yang juga menjadi software vektor yang paling terkenal di Indonesia, lantaran harganya yang lebih murah dibandingkan Adobe Illustrator. Namun, patut diakui sampai saat ini Adobe Illustrator masih menjadi “raja” dari software desain vektor.

Fitur Adobe Illustrator dinilai lengkap, terdapat palet layar seperti yang ada di Adobe Photoshop, serta mempunyai beberapa imbas yang juga ada di photoshop.

Software ini sering digunakan pada desainer profesional dalam mendesain logo, banner / spanduk, mendesain gambar, sketsa, ikon aplikasi, kaos baju, gambaran dan banyak kegunaan lainnya.

Situs resminya: Adobe.com

29. Corel Draw
Ini adalah saingin berat software Adobe Illustrator, dengan fungsi yang sama diantara keduanya. Hanya saja, Adobe Illustrator memang mempunyai kualitas dan fitur yang lebih baik, namun masyarakat Indonesia lebih memilih Corel Draw lantaran harganya yang lebih terjangkau.

Logo Software Corel Draw


Banyak percetakan di Indonesia yang menggunakan software Corel Draw ini. Pengaturan layout-nya yang mumpuni dan cepat dalam pengerjaannya.

Situs resminya: Coreldraw.com

30. Macromedia Flash
Software Macromedia Flash akan sangat penting bagi mereka yang hobi atau kerjanya sebagai desainer web, atau juga sebagai pembuat iklan. Software ini sangat bagus sebagai alat untuk menciptakan animasi.

Logo Macromedia Flash

Bahkan, software Macromedia Flash juga mampu digunakan untuk membentuk game. Para profesional pembuat desain animasi sering menggunakan software ini dalam memunculkan karya-karya yang ahli.

31. Macromedia Freehand
Program ini dipakai untuk membuat grafik vektor 2 dimensi, yang tersedia untuk pengguna Windows dan Mac OS X. Fungsi software Macromedia FreeHand ibarat dengan Adobe Illustrator.

Logo Macromedia Freehand

Sebagai sebuah acara yang fleksibel, FreeHand sering digunakan dalam pembuatan sistem layout halaman, pembuatan grafik vektor untuk printing dan web.

32. Corel Photo Paint
Corel Photo Paint dipakai untuk untuk mengedit photo, kemampuan yang dimilikinya kurang lebih sama dengan Adobe Photoshop, seakan-akan mampu memanipulasi gambar dan lainnya.

Logo Corel Photo Paint

Seperti halnya Adobe Photoshop, software Corel Photo Paint ini merupakan software berbayar yang sangat mampu diandalkan dalam mengedit gambar.

33. Adobe After Effect
Ini adalah software untuk menciptakan pengaruh yang dinamis, kemampuannya sungguh fantastis. Hampir semua efek yang mungkin Anda tonton di dalam film box office ternyata dibuat dengan software ini.

Adobe After Effect

Seperti dampak chaos di kemudian lintas yang dimana kendaraan beroda empat saling menabrak seperti di film Die Hard 4. Lalu pengaruh tembus beling seolah-olah yang ada di film Get Smart.

Software ini banyak diandlakan dalam pembuatan film. Tinggal menciptakan gambar yang cocok, lalu background pun tinggal diganti. Sehingga hal ini memungkinkan para pekerja film melaksanakan shooting dalam satu studio saja...

...karena tinggal menggunakan greenscreen, kemudian dengan software ini greenscreen tersebut diganti backgroundnya menjadi gambar yang diinginkan, beginilah umumnya pembuatan film yang dilakukan para profesional.

Dengan After Effect, desain anda bisa dijadikan bentuk animasi 3D, handwriting animation, grafiti, dan banyak lainnya.

After Effect sangat ahli digunakan untuk menambahkan dampak-efek visual pada video, serta dipakai dalam desain layout.

34. Manga Studio
Manga Studio cukup familiar dikalangan kumikus, software ini dipakai untuk menciptakan komik dan cartoon. Program ini memiliki fitur Line Art yang sangat bagus dalam menciptakan banyak sekali garis, dan segala jenis Pen mudah penggunannya.

Logo Manga Studio

Namun, kelemahan dari software Manga Studio adalah dari segi fitur pewarnaan, hal ini berbeda dengan Paint Tool SAI yang mempunyai banyak fitur pewarnaan, selain itu warnanya kuat dan tajam.

35. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan software desain grafis terbaik berbasis pixel (raster). Program ini telah bermetamorfosis sebagai aplikasi desain utama, yang bahkan dikatakan harus dimiliki oleh para desainer grafus di seluruh dunia.

Logo Adobe Photoshop

Walaupun awalnya aplikasi ini dibuat untuk mengedit dan memanipulasi foto, tapi kemudian semakin dikembangkan, sehingga Photoshop mempunyai fungsi yang majemuk.

Kegunaannya mampu diandalkan dalam mendesain web, project layout dan graphic creation. Dengan perlengkapan yang kaya akan dwarna, serta mahir dalam mengolah gambar berbasis pixel.