20 Aplikasi Perekam Layar Gratis Untuk PC

Merekam aktivitas layar komputer (PC) menjadi sebuah bentuk video mampu menjadi hal yang sangat menyenangkan, dengan banyak sekali tujuannya.

Mungkin bagi Anda yang “hobi” untuk upload video di Youtube akan suka untuk merekam layar PC.

Software perekam layar PC mampu Anda manfaatka untuk banyak hal, seperti untuk membuat video tutorial, membuat presentasi, merekam permainan game tertentu, momen istimewa, dll.

Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam memilih aplikasi perekam layar PC yaitu sumbangan format video yang diberikan, serta tingkat kualitas video dan bunyinya.

Langsung saja berikut di bawah ini berbagai aplikasi perekam layar PC yang gratis umumnya.

1. FlashBack Express

Software yang sebelumnya berbayar ini sekarang telah menjadi gratis. Dengannya Anda bisa merekam layar dengan kualitas yang cantik, penggunannya tidak memerlukan spek komputer yang terlalu tinggi.

FlashBack Express

Nantinya Anda bisa merekam seluruh layar atau bagian tertentu saja pada layar. Anda juga nantinya mampu merekam pada dikala webcam sedang aktif.

Fitur lainnya yaitu mampu merekam bunyi baik dari microphone, speaker PC, atau dari suara lainnya. Anda mampu memanfaatkannya untuk merekam layar secara terus-menerus tanpa adanya batasan waktu.

Ini menjadi perekam layar gratis yang fleksibel dan sangat praktis dipakai. FlashBack pilihan yang bagus karena mempunyai desain antarmuka yang lebih ramping dan juga pengaturan langsung, sehingga penggunannya lebih user friendly.

Software ini dikembangkan oleh “Blueberry Software” yang penggunaannya hanya mendukung sistem operasi Windows saja.

Dalam proses penginstalannya maka Anda aka ditanya tujuan memakai software FlashBack, apakah untuk game, hobi, proyek siswa dll. Anda akan dimintai alamat email sehingga perusahaan nantinya mengirimkan kunci lisensi kepada Anda.

FlashBack Express memiliki fitur rekaman secara terpola, ini merupakan fitur yang manis, dengannya Anda mampu merekam layar pada waktu dan tanggal tertentu, atau saat program tertentu dijalankan. Tinggal Anda men-setting  sebelumnya.

Anda juga mampu menghentikan rekaman secara otomatis sehabis waktu tertentu. Anda bisa mengatur besarnya resolusi ketika merekam (mengatur secara costum), memakai latar belakang desktop biasa, menyembunyikan ikon, dan membatasi ukuran file untuk rekaman.

Juga dapat mengatur nilai FPS untuk rekaman permainan, menentukan tingkat kualitas rekaman, atau Anda kalau tidak ingin ribet maka mampu memberikan kepada program FlashBack Express untuk menentukan pengaturan ini sendiri.

Untuk versi Pro, disediakan fitur mengatur frame editor secara bingkai, menambahkan video dan anotasi gambar, serta menyimpan klip Anda ke PC dalam format selain WMV.

Download software FlashBack Express versi gratis di situs resminya Flashbackrecorder.com

2. Open Broadcaster Software (OBS Studio)

OBS studio merupakan aplikasi perekam layar komputer yang mempunyai kemampuan mumpuni, aplikasi ini bersifat open Source dan multi-platform, dimana penggunaannya support untuk sistem operasi Windows, OSX, dan GNU/Linux.

Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Penggunannya mampu untuk merekam video ataupun broadcast video ke berbagai situs online yang dilakukan secara pribadi (live streaming).

Tampilan aplikasi ini didesain sederhana, namun mempunyai banyak fitur seolah-olah merekam desktop, merekam bunyi dari internal microphone dan external microphone, serta merekam webcam bawaan maupun external.

Tersedia fitur untuk memasukan teks dan gambar pada video, mengatur area seleksi rekaman, dan Anda mampu menyimpan hasilnya dalam format terpopuler seakan-akan MP4 atau FLV.

Bagi gamer, OBS Studio mampu menjadi acara merekam layar yang mumpuni. Perekam layar mendukung streaming dan rekaman dalam definisi tinggi, tanpa batasan durasi.

Dengan OBS Studio, Anda tidak hanya mampu merekam pribadi dari webcam dan mikrofon, Anda juga mampu menggabungkan rekaman dari permainan, menambahkan video dan gambar, menangkap jendela atau kepingan layar tertentu, dan banyak lagi.

Untuk bisa lancar memakai software OBS Studio, maka Anda perlu membiasakan diri dalam penggunannya.

Download OBS Studio di situs resminya Obsproject.com


3. Ezvid

Dengan Ezvid, Anda mampu memulai merekam video pada layar, dimana secara default ezvid akan merekam pada keseluruhan potongan layar PC Anda. Jika ingin merekam penggalan tertentu dari layar maka Anda bisa mengaturnya pada kepingan “Advanced Setting” ketika setelah mengklik capture screen.

Sumber gambar: Ezvid.com

Lalu ubah opsi capture area dari awalnya “disable” ke “enabled”, setelah itu Anda pilih area tertentu yang akan direkam.

Terdapat fitur microphone, sehingga pengguna mampu merekam suara memakai microphone

Juga terdapat fitur untuk memasukan text pada video, serta bisa menambahkan gambar, audo atau video lainnya.

Anda juga mampu memasukan watermark pada video, watermark nantinya akan muncul di bagian sudut kanan bawah, sayangnya watermark tidak bisa digeser.

Selain itu, Ezvid mempunyai fitur khusus mode gaming. Hasil rekaman Ezvid cukup cantik tapi ukuranya memang lebih besar.

Kemampuan yang bagus dari Ezvid yaitu mampu menangkap audio dari mikrofon Anda, kemudian menerapkan pengaruh distorsi. Ada juga fungsi text-to-speech.

Anda dapat merekam hingga 45 menit, dan hasil video rekaman Anda tidak “dinodai” dengan logo atau watermark tertentu yang dimasukan acara secara otomatis (baca: paksa).

Dimana terdapat beberapa program merekam layar gratis lainnya yang memasukan logo miliknya secara paksa, sehingga hasil video menjadi ternoda.

Adapun masalah dari software ezvid yaitu program berjalan dengan cukup berat, Ezvid tidak jarang mengalami hang dengan sendirinya.

Nah, apabila Anda ingin kemudahan maka lebih baik gunakan yang lainnya, adapun bila Anda ingin hasil yang lebih elok maka disarankan memakai Ezvid.

Download software Ezvid secara gratis di situs resminya Ezvid.com

4. WM Capture

WM Capture bisa digunakan untuk merekam kepingan layar tertentu, selain itu mempunyai fitur schedule recording. Kegunaan fitur tersebut untuk menjadwalkan layar komputer akan memulai rekaman secara otomatis.

Anda bisa memanfaatkan fitur schedule recording untuk mengatur acara biar berjalan secara otomatis untuk merekam acara live streaming saat Anda tidak menontonnya.

Adapun hasil rekaman nantinya mampu disimpan dalam bentuk format MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lainnya.

Geforce WM Capture sangat sanggup menerima amanah dalam merekam permainan video game, yang mempunyai kualitas super dengan frame rate yang tinggi, sehingga video hasil rekaman memiliki kualitas yang sangat baik.

Terdapat fitur modus (background) sehingga membebaskan layar dari gangguan ketika merekam. WM Capture memiliki fitur otomatis untuk mendeteksi jendela video.

Hanya saja software ini tidak mempunyai tool untuk mengedit atau meningkatkan kualitas rekaman. Program ini terkadang mengalami crash ketika digunakan dalam merekam.

Kunjungi situs resminya di Geforce.com

5. XSplit

XSplit Gamecaster menyediakan akomodasi streaming yang berpengaruh. Bahkan XSplit mampu menayangkan streaming dikala Anda sedang bermain game. XSplit bisa melaksanakan konfigurasi pengaturan sesuai dengan kondisi laptop (speknya).

Aplikasi Xsplit hadir dalam dua rasa: Broadcaster dan Gamecaster. Mereka sangat mirip, namun yang Gamecster dirancang khusus untuk para gamer, sementara yang lainnya ialah perekam layar yang kegunaannya lebih umum.

Xsplit Broadcaster ialah perekam layar gratis, yang juga memiliki versi premium (untuk penggunaan komersial). Edisi gratis menyediakan kualitas rekaman lebih dari 60fps, dengan bisa memilih 720p.

Perekam layar gratis ini sanggup merekam dari sumber manapun, termasuk layar, kartu video, webcam, file media, atau acara tertentu.

Download software Xsplit di situs resminya Xsplit.com


6. Dxtory

Software Dxtory didesain dengan antarmuka dan pengaturan yang sederhana, dengan aplikasi ini Anda bisa merekam layar komputer secara ringan

Adapun kualitas video yang dihasilkan tidak mengecewakan bagus, tapi ini sangat tergantung dari kemampuan PC atau laptop Anda.

Terdapat pengaturan audio yang kuat, dimana nantinya Anda mampu merekam dua suara secara bersamaan, yaitu misalnya suara dari game dan suara Anda sendiri, yang nantinya mampu diedit secara terpisah.

Kemampuannya bisa merekam video hingga 120 frame per detik (fps). Dengan Fps yang tinggi nantinya akan menghasilkan kualitas video yang tinggi juga dan tampilan video sangat halus.

Dxtory mampu diandalkan sebagai software perekaman game yang mahir dan serbaguna.

Download software Dxtory di Exkode.com

7. Atomi ActivePresenter

Atomi ActivePresenter mampu dipakai untuk mereka semua atau serpihan tertentu dari layar PC dengan menghasilkan kualitas video yang elok.

Atomi ActivePresenter

Untuk penggunannya tersedia untuk versi gratis, yang menyampaikan fitur perekam layar yang minimalis dengan hasil yang cukup baik. Dengannya, Anda mampu membuat video resolusi tinggi dan dengan durasi yang cukup panjang.

Kelebihannya:
  • Tidak ada watermark yang mengganggu tampilan hasil video dari perekaman.
  • Perekaman tanpa batas waktu.
  • Tersedia fitur pengaruh bayangan, dekorasi screencasts dengan styles, dan pengaruh warna.
  • Anda akan menerima tool untuk meng-overlays video, memotong, meng-cropping video, mengatur tingkat volume, memberikan blur pada video dan lainnya.
  • Adapun hasilnya bisa berupa format MP4, FLV, AVI, WMV, WebM dan MKV.

Hanya saja kekurangannya yaitu pada versi gratis akan dibatasi fitur-fiturnya. Namun untuk kebutuhan standar semoga membuat video yang cantik, maka versi gratis sudah cukup setuju.

Software perekam Atomi ActivePresenter bisa digunakan secara gratis pada sistem operasi Windows dan Mac OS.

Download software Atomi ActivePresenter di situs resminya Atomisystems.com

8. Screenpresso

Screenpresso merupakan software perekam layar PC yang mampu digunakan untuk membuat video HD. Terdapat fitur-fitur canggih di dalamnya, hanya saja pengguna gratis maka tidak banyak ditawarkan fitur-fitur utamanya.

Walau begitu, bantu-membantu versi gratis untuk kebutuhan standar sudah merupakan hal yang anggun, dimana bisa Anda gunakan untuk merekam seluruh layar atau potongan tertentu, untuk nantinya menghasilkan video yang berkualitas.

Kelebihannya:
  • Anda mampu melakukan perekaman audio dan webcam bersaman dengan layar.
  • Boleh menggunakan hasil rekaman untuk keperluan komersial (termasuk untuk pengguna versi gratis).
  • Output yang dihasilkan bisa dalam format terkenal seperti MP4.
  • Terdapat fitur “Quick Access” yang dengannya berkhasiat agar Anda bisa mengakses secara cepat proyek-proyek rekaman video sebelumnya. 

Hanya saja kekurangan dari program ini yaitu rekaman yang dilakukan hanya bisa berdurasi 3 menit saja pada versi gratisnya. Selain itu, pada video terdapat Watermark.

9. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder mampu Anda gunakan untuk merekam seluruh layar komputer atau potongan-bagian tertentu saja dari layar. Anda juga bisa memakainya untuk merekam webinar yang sedang berlangsung.


Selain itu, juga bisa Anda gunakan untuk merekam video call, gameplay dan untuk hal-hal yang lainnya. Penggunannya user-friendly.

Kelebihannya:
  • Memungkinkan untuk merekam audio bersamaan juga dengan video.
  • Penggunaan webcam dalam proses perekaman.
  • Perekaman video menghasilkan format MP4, MKV atau format WebM.
  • Anda bisa melakukan screenshot yang bisa disimpan ke clipboard, atau hasil gambarnya berupa format JPG atau PNG.
  • Terdapat fasilitas Project History, kegunaannya supaya Anda mampu mengakses kembali pada gambar dan video yang pernah diambil sebelumnya.

Hanya saja kekurangan dari program Icecream Screen Recorder ini yaitu Anda hanya memperoleh waktu 10 menit untuk perekaman layar, sehingga untuk memperoleh waktu tanpa batas maka perlu memakai versi pro.

Selain itu, penggunaan versi gratis menyediakan tool editing yang terbatas.

Download software Icecream Screen Recorder di situs resminya Icecreamapps.com

loading...

10. Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder bisa dipakai untuk merekam area tertentu atau layar penuh pada PC. Dengannya Anda juga bisa merekam video streaming dan untuk kebutuhan lainnya.

Pada aplikasi ini terdapat beberapa mode, yaitu Gaming mode (mode permainan), Screen recording mode, dan Device recording mode. Pemilihan mode ini berguna supaya proses perekaman mampu berjalan optimal.

Nantinya hasil rekaman mampu disimpan dalam format AVI atau MP4. Selain itu, terdaapt fitur live drawing untuk menggambar kawasan dalam layar ketika perekaman sedang berlangsung.

Anda mampu memasukan logo atau watermark sendiri pada hasil rekaman video. Juga mampu memberikan dampak klik mouse berupa suara dikala klik mouse dan animasinya.

Terdapat akomodasi untuk melaksanakan pengaturan yang memiliki kegunaan untuk mengoptimalkan akselerasi hardware (jika processor support akan hal ini).

Hanya saja, program ini juga menampilkan watermark-nya sendiri, selain itu terdapat batasan untuk merekam yaitu selama 10 menit.

Situs resminya: Bandicam.com

11. Windows 10 Game Bar

Khusus untuk pengguna Windows 10 maka terdapat acara bawaan untuk merekam layar PC, dimana Anda mampu menggunakan sebuah program yang bernama Windows 10 Game Bar.

Dengannya Anda bisa merekam layar, fungsinya ini hanya bisa untuk merekam satu jendela saja, dengan demikian jendela lain tidak akan ikut terekam ketika dibuka.

Hal yang jago dari program bawaan Windows 10 ini yaitu hasil video rekaman tidak berukuran terlalu besar.

Banyak Youtuber yang memanfaatkan acara ini untuk membuat suatu karya video. Untuk penggunannya maka hanya perlu menekan tombil Windows + G pada layar jendela yang ingin direkam.

12. TinyTake

TinyTake yaitu software screen recorder gratis yang bisa Anda gunakan untuk merekam full screen. Untuk Anda yang ingin membuat video edukasi maupun bisnis maka software ini cukup mampu diandalkan.

TinyTake menyampaikan layanan penyimpanan cloud gratis sebear 2GB. Dengan acara ini mampu Anda gunakan untuk merekam cuplikan webcam dan desktop, hanya saja bukan untuk game.

Rekaman Anda tidak akan diberi watermark, tapi pengguna dibatasi untuk merekam maksimal hanya lima menit.

Terdapat tool anotasi yang hanya tersedia untuk pengguna versi premium. Bagi pengguna gratis, TinyTake tidak memberikan tool pengeditan yang memuaskan.

Download TinyTake di situs resminya Tinytake.com

13. Action!

Software Action! bisa Anda gunakan untuk merekam layar PC, keunggulannya juga bisa melaksanakan streaming secara real-time. Adapun kemampuannya dalam merekam video dinilai baik, yang bisa memberikan hasil video kualitas HD.

Fiturnya  untuk merekam video, suara serta mampu mengambil gambar (screenshot), Anda bisa memanfaatkannya dalam membuat tutorial secara mudah.

Sebelum merekam layar monitor, Anda perlu setting resolusi video, yang mampu diatur sampai kualitas 1080p. Anda bisa merekam layar penuh maupun sebagian layar monitor.

Adapun untuk hasil videonya mampu berbentuk format MP4 dan AVI. Terdapat mode Greenscreen yang mampu memotong latar belakang, dengan latar belakang berwarna solid.

Anda bisa memilih mode perekaman perangkat untuk mengambil video dari beberapa sumber seakan-akan konsol game, PC lainnya, siaran TV, Webcam ataupun camcorder.

Anda bisa memasukan logo, dan komentar dengan mikrofon. Selain itu, Anda terdapat fitur untuk menambahkan webcam ke layar atau gameplay Anda secara real-time ketika melakukan perekaman.

Lisensi yang diberikan hanya 30 hari untuk trial gratis.

Situs resminya di Mirillis.com

Loading...

14. CamStudio

CamStudio merupakan software perekam layar PC gratis yang mampu Anda gunakan, hanya saja hasil rekaman Cuma mampu disimpan dengan format AVI, namun selain itu mampu Anda konversi ke Flash Video.

Dalam perekaman, nantinya kualitas video bisa Anda atur, selain itu Anda mampu mengambil layar full screen atau kepingan-bagian tertentu saja.

Hal yang cantik, bawhwa CamStudio bebas watermark dan tanpa batasan waktu rekaman.

Download CamStudio di situs resminya Camstudio.org

15. Fraps

Program perekam layar ini recommended bagi Anda para gamers. Kualitas rekamannya memiliki resolusi yang tinggi.

Bahkan sanggup menyampaikan resolusi sangat tinggi yaitu maksimalnya 7680 x 4800. Hanya saja jika memakai versi gratis maka acara hanya menyediakan waktu perekaman selama 30 detik saja.

16. Rylstim Screen Recorder

Software Rylstim Screen Recorder ini bisa Anda andalkan untuk membuat video tutorial yang simpel. Untuk penggunaannya tinggal klik Start Record, tekan F9 bila sudah akhir.

Hanya saja Rylstim Screen Recorder tidak mendukung rekaman suara dan tidak mempunyai tool untuk mengedit. Untuk menambahkan suara, maka diperlukan untuk menggunakan aplikasi gratis lainnya.

Dengan begitu, aplikasi ini sebenarnya tidak cocok bagi para gamer, namun masih mampu diandalkan  membuat video tutorial.

Download software Rylstim Screen Recorder di situs resminya Sketchman-studio.com

17. Jing

Program perekam layar gratis ini cukup simpel, kecepatan dan kemudahan penggunannya patut diacungi jempol. Hanya saja untuk pengaturan audio dan video mempunyai kualitas yang kurang baik. Demikian juga untuk format hasil rekamannya hanya support SWF Flash.

Fitur-fitur yang disediakan sangat standar dan simple, aplikasi ini sangat cocok dipakai oleh mereka yang masih pemula. Untuk kualitas video masih terbilang cukup cantik. Pada aplikasi Jing ini, Anda juga mampu mengedit video hasil rekaman.

Download software Jing di Techsmith.com

18. HyperCam

HyperCam yaitu aplikasi perekam gambar yang bisa Anda gunakan secara gratis. HyperCam 4.0 yaitu produk premium, tapi kemudian balasannya dibuat produk kafeu lagi yaitu HyperCam 2.9 yang mampu dipakai secara gratis.

Hasil rekaman mampu dikonversi hanya dala format AVI. Terdapat fitur untuk menambahkan teks dan coretan di layar perekaman.

Penggunaan software HyperCam ini tidak disarankan untuk para gamer, aplikasi ini cocok digunakan oleh Anda yang ingin membuat video tutorial.

Fitur lainnya yaitu Anda bisa merekam suara tanpa bantuan microphone luar. Hanya saja HyperCam tidak mampu dipakai untuk melaksanakan perekaman atas video yang diputar dari media player.

Download HyperCam di Softonic.com

19. Wink

Aplikasi ini berfungsi untuk merekam layar PC yang bisa digunakan di sistem operasi Windows maupun Linux. Kegunaannya selain mampu merekam gambar dan video, juga mampu merekam suara.

Program ini cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuat software. Fiturnya mampu menangkap pergerakan mouse, dengan hasil video yang berkualitas. Untuk penggunaannya terdapat versi gratisnya.

Download aplikasi Wink di Soft112.com

20. SmartPixel

Ini adalah program perekam layar komputer yang multifungsi, aplikasinya ringan dan penggunannya cukup praktis. Dengannya juga, Anda bisa mengedit hasil rekaman untuk menambahkan effect, audio dan hal-hal lainnya.

Hanya saja untuk Anda yang memakai versi gratisnya maka program akan menempelkan watermarknya pada video yang Anda buat, sehingga mengurangi keindahan dan profesionalitas video. Untuk menghilangkan watermarknya maka perlu menggunakan versi pro.

Download software SmartPixel di situs resminya Smartpixel.com