18 Software Edit Video Gratis & Terbaik

Ada banyak software edit video gratis yang mampu Anda gunakan, untuk melakukan berbagai hal seakan-akan editing video seperti mengambil sebagian isi video, memotong video, menggabungkan video, menghilangkan kepingan video tersebut, memasukan subtitle, memasukan efek, membuat dampak, memasukan suara khusus di video, dan lannya.

Umumnya software mengedit video mampu dipakai di sistem operasi windows, selain itu juga banyak software edit video gratis yang support MacOS.

Berikut di bawah ini banyak sekali software edit video gratis yang mampu Anda gunakan:

1. Shotcut (Windows, Mac, Linux)

Salah Satu Tampilan Software Shotcut

Software Shotcut memiliki kemampuan untuk melaksanakan filter, memberikan dampak dan banyak lainnya pada video.

Dalam penggunaannya memerlukan sedikit kesabaran, tampilan antarmukanya yang agak tidak biasa karena awalnya program ini dibentuk hanya untuk aplikasi Linux, yang kemudian dikembangkan untuk support sistem operasi Windows.

Ini merupakan editor video gratis yang bersifat open source, dengannya pembuatan video dan film menjadi mudah. Terdapat fitur pengeditan lanjutan secara pribadi.

Shotcut menjadi program yang hebat bagi para videografer pemula. Beberapa kelebihannya yaitu:
  • Dukungan format file yang sangat baik.
  • Tersedia kemudahan untuk melaksanakan filter yang mampu diadaptasi sepenuhnya.
  • Tampilan antarmuka yang terperinci dan dirancang dengan baik.
  • Support untuk banyak sistem operasi yaitu Windows, Mac dan Linux,
  • Software benar-benar gratis, yang tanpa iklan, tanpa adware, atau tidak ada program tersembunyi di balik paywall.

Anda hanya perlu melaksanakan beberapa langkah mudah seperti untuk memotong rekaman video secara bebas, sampai dalam pengaturan filter dan imbas.

Shotcut juga memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengedit cuplikan dari webcam, serta bisa menangani streaming dalam banyak format, yaitu HTTP, HLS, UDP, RTMP, RTSP, dan MMS.

Pada software Shotcut, Anda mampu menemukan banyak fitur tingkat pro, seolah-olah menyesuaikan gradasi warna. Menu pop-up codec jauh lebih luas daripada aplikasi pengeditan video lainnya.

Pada proses pengeditan, Shotcut menyediakan garis waktu yang multiformat, sehingga Anda mampu mencampur sumber video (yang ingin diedit) dari banyak sekali resolusi dan rasio gambar, di dalam proyek pengeditan Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan program untuk menangkap audio dan video via webcam.

Ada banyak fitur lainnya dari program ini berupa fitur efek , filter, koreksi warna dan gradasi (bayangan, mids, highlight), banyak sekali transisi, mode pengomposan / blending lagu dan filter, pengetaruan pengaruh kecepatan untuk audio dan video, penggunaan HTML5 sebagai sumber video, dll.

Video editor ini bisa dikatakan kaya fitur, dengan antarmuka yang fleksibel, mendukung banyak format audio dan video, dan banyak pilihan filter audio dan video.

Hanya saja konvensi antarmuka yang berbeda dari umumnya aplikasi video, dimana pengguna Shotcut akan membutuhkan waktu untuk mampu membiasakan diri.

Pengembang: Meltytech
Sistem operasi: Windows, Mac, Linux
Tempat download: https://www.shotcut.org


2. Lightworks (Windows, Mac, Linux)

Tampilan Software Lightworks
Photo credit: Softpedia.com

Lightworks menjadi salah satu editor video gratis terbaik yang ada saat ini. Lightworks jauh lebih dari sekedar alat sederhana untuk memotong klip yang digunakan untuk membuat film, seperti film dengan nama besar yaitu The King's Speech and Road to Perdition.

Lightworks sebagai editor video profesional untuk semua orang, kemampuannya bisa untuk merekam video dan melakukan pengeditan lanjutan. Lightworks sering digunakan untuk membantu proses pembuatan film lantaran memiliki alat-alat premium.

Video editor ini mempunyai tool yang canggih, imbas real-time, dan bisa dipakai secara gratis untuk keperluan rumah (non-kantor). Program ini dikemas dengan efek dan alat-alat untuk membantu memaksimalkan klip Anda.

Lightworks dapat membantu Anda untuk melakukan apapun jenis proyek, dengannya Anda mampu memangkas ukuran video, ataupun menggabungkan beberapa cuplikan singkat pada video.

Lightworks dikemas dengan semua yang diharapkan untuk menerima audio dan visual dengan baik. Efek real-time dan koreksi warna membantu Anda untuk menghasilkan karya video yang tepat, selain itu terdapat proses perenderan dan pengkodean kompleks yang berlangsung secara background.

Anda bisa memulai dengan menentukan frame rate video seolah-olah 30fps atau 60fps. Pada Lightworks, terdapat fitur untuk merekam video eksklusif dari kamera, dan mengimpor klip yang ada (baik audio dan video).

Terdapat fitur efek realtime lanjutan untuk membantu menyempurnakan video Anda, termasuk fitur koreksi warna, tingkat blur gambar video dan lainnya. Juga ada puluhan dampak preset, atau bisa dibuat sendiri secara manual.

Software Lightworks versi profesional seringkali digunakan untuk mengedit film-film, bahkan film yang masuk hit box office seperti film The Departed, Shutter Island, Pulp Fiction, 28 Days Later dan Mission Impossible.

Pengembang: EditShare
Sistem operasi: Windows, Mac, Linux
Tempat download: https://www.lwks.com

3. Hitfilm Express (Windows, Mac)

Tampilan Software Hitfilm Express
Credit | Video berjudul "How to edit movies for free in HitFilm 3 Express" di Youtube.com

Hitfilm Express adalah editor video gratis yang mempunyai cukup banyak fitur, dan bisa diperluas dengan ekstensi premium apabila Anda memerlukan fitur yang melebihi fitur standarnya.

Program ini menjad video editor yang berkelas dan benar-benar profesional, terdapat banyak pilihan tutorial online. Hitfilm Express tersedia untuk sistem operasi Mac dan Windows.

HitFilm Express mampu dipakai untuk memangkas cuplikan tak diinginkan, tweaking tingkat warna, dan mengekspor video ke format baru. Selain itu, terdapat fitur untuk memfilter, menyampaikan efek khusus, memilih alat komposisi 2D dan 3D. ini menjadi utilitas yang manis untuk para vloggers.

HitFilm Express dikemas dengan alat kualitas profesional bagi pengguna gratis, seolah-olah:
  • Dukungan video 3D.
  • Alat pemotong mutakhir.
  • Ala untuk menandai pengaruh layar hijau.
  • Filter audio dan video.
  • Alat pengomposisian, dll.

Jika Anda kebingungan dalam memakai software HitFilm Express, maka ada banyak tutorial yang bisa membantu untuk menguasai penggunaan program video editor ini.

Anda bisa berguru dalam bereksperimen dengan pengaruh, mengatur klip ke garis waktu, hingga memakai kecanggihan alat komposisi. Selain itu, terdapat pilihan animasi bermutu tinggi.

Hitfilm Express yaitu editor video yang menyampaikan fitur pro-level. Untuk mampu memperoleh tool atau fitur komplemen maka harganya mulai dari £8,85 (sekitar US $10), untuk mampu memperoleh fitur koreksi warna, aneka macam filter kreatif, penyesuaian pencahayaan, pemindaian layar terpisah dan lainnya.

Persyaratan teknis (sepesifikasi) pada software Hitfilm Express lebih tinggi dibandingkan Lightworks atau Shotcut. Sehingga Pastikan Anda memeriksa persyaratan teknis sebelum mendownloadnya agar tidak kecewa.

Tempat download: https://hitfilm.com/express
Pengembang: FXHOME
Sistem operasi: Windows, Mac

4. VSDC Free Video Editor (Windows)

Tampilan Software VSDC Free Video Editor
Photo Credit: Techgyd.com

VSDC Free Video Editor sangat fleksibel, yang memberi Anda kontrol penuh atas proyek berisi banyak sekali klip, foto dan file audio. Iin menjadi software mengedit video yang brilian untuk Windows.

Video edior ini menyediakan fitur edit dan potong video dengan standar yang profesional, terdapat filter dan efek khusus, seleksi imbas dan transisi yang sangat baik, dan pengeditan non linier.

Hanya saja akselerasi perangkat keras harus dinonaktifkan sebelum Anda dapat mengekspor video, ini menjadi kelemahan dari VSDC Free Video Editor.

Dengan VSDC Free Video Editor, Anda mampu membuat proyek video dari kombinasi klip video, gambar dan file audio, dengan resolusi hingga 1.980 x 1.080 (full HD) dan frame rate maksimum ialah 30fps.

Terdapat alat untuk merekam video dan mengambil gambar diam dari desktop, yang berguna ketika Anda ingin membuat ulasan dan tutorial. VSDC Free Video Editor juga menawarkan banyak sekali macam filter video dan audio, ditambah transisi bergaya.

Anda mampu mengekspor proyek menjadi banyak sekali bentuk format, terdapat fitur burning proyek Anda ke DVD, fitur ini jarang tersedia pada software pengeditan gratis.

Anda mampu memasukan obyek dari klip video, gambar, file audio, animasi, sprite dan banyak elemen lainnya.  Anda juga mampu menambahkan grafik dan teks.

Setiap objek yang ditambahkan juga mampu diedit, dipindahkan dan dipotong secara terpisah. Terdapat filter gaya Instagram dan imbas khusus seolah-olah api, asap dan air.

Jika semua fitur itu masih kurang, VSDC Free Video Editor mempunyai update reguler yang bisa menambahkan lebih banyak fitur.

Pengembang: Flash-Integro
Sistem operasi: Windows
Tempat download: http://www.videosoftdev.com/free-video-editor

loading...

5. Avidemux (Windows, Linux)

Tampilan Software VSDC Avidemux
Photo Credit: Wikipedia.org

Jika Anda memiliki video untuk dikodekan atau dikonfigurasi untuk setup speaker tertentu, maka Avidemux menjadi software yang bagus untuk melakukan itu. Ini merupakan pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menggunakan editor video yang sederhana.

Terdapat alat untuk melakukan filter dan de-noising, hanya saja pada video editor sederhana ini tidak terdapat garis waktu, dan tidak ada dampak kreatif atau transisi.

Avidemux menjadi editor video gratis yang simpel digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun. Dengannya Anda mampu melakukan suntingan dan potongan dengan cepat.

Kelebihan Avidemux ialah penggunaannya yang sangat simple. Hanya saja, bagi Anda yang ingin memakai video editor dengan fitur lebih lengkap maka disarankan memakai Lightworks atau VideoPad Video Editor, yang menyediakan banyak fitur seakan-akan berbagai efek khusus, transisi khusus dan lainnya.

Avidemux memiliki antarmuka simple sekali. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan editor video, dimana pada Avidemux tidak ada bak pusat untuk mengimpor klip (video, audio, gambar), dan juga tidak ada garis waktu dengan banyak trek.

Pada Avidemux, Anda mampu memotong, menyalin dan menghapus belahan-bagian video, Anda bisa menambahkan satu klip ke klip lainnya.

Anda juga mampu memilih track audio (hingga empat), dengan konfigurasi masing-masing dan pengaturan speaker. Terdapat alat praktis seperti pengurangan kebisingan dan deinterlacing.

Pengembang: Mean, Gruntster, Fahr
Sistem operasi: Windows, Linux
Tempat download: http://fixounet.free.fr/avidemux

6. Machete Video Editor Lite (Windows)

Machete Video Editor Lite
Photo credit: Learnabouttravelmaps.info

Dengan software Machete Video Editor Lite Anda bisa memotong, menyalin, dan menempelkan pecahan video-video. Video Editor ini tidak menyandikan ulang file video dikala Anda mengirisnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan kualitas video.

Machete Video Editor Lite ini yaitu versi gratis dari software Machete. Edisi Lite dirancang untuk proses cepat dari file video Anda. Anda bisa menghapus fragmen yang tidak perlu, menyalin, memindahkan, mencampurkan dan menyimpan potongan individual dari suatu klip video.

Anda juga bisa menghapus track audio dari file video. Hanya saja edisi Lite ini mendukung jumlah format yang terbatas yaitu file AVI dan WMV. Selain itu, tidak mendukung pengeditan file audio, dan Anda tidak bisa menambahkan atau mengganti anutan audio.

Dengannya, Anda mampu mengedit file video WMV dan AVI, Sebagian besar codec video didukung yaitu WMV, MSS dan lainnya. Adapun kebanyakan codec audio didukung yaitu WMA, MP3 dan lain-lain.

Dalam proses pengedit, hal yang mampu dialkujan yaitu memotong, menghapus, copy dan tempel fragmen file video.

Memang, kerugian utama dari acara gratis ini yaitu hanya mendukung format video AVI dan WMV, dan juga tidak memungkinkan pengeditan audio. Sepertinya software ini hanya cocok untuk pemula karena kemudahan dan kesederhanaannya.

Download: http://www.machetesoft.com/home/about-machete-video-editor-lite

7. WeVideo (berbasis Cloud)

Logo WeVideo

Ini merupakan program pengeditan video yang berbasis cloud (online), yaitu hanya bisa diakses melalui browser. Program WeVideo ini semakin lama semakin terkenal.

WeVideo pasti memberikan beberapa fitur dan fungsionalitas yang bisa dikatakan premium, dengannya Anda mampu mengedit audio yang ada oada video, menghasilkan video dalam resolusi 4K, dan lainnya.

Anda hanya diberikan penyimpanan awan sebesar 10GB. Selain itu, pengguna versi gratis akan menemukan tanda air WeVideo di video buatannya, sehingga menurunkan keindahan dan keprofesionalan video.

WeVideo menjadi editor video online yang menyenangkan dan sederhana, yang membuat Anda akan melakukan pengeditan video di browser.

WeVideo memberikan garis waktu yang bisa Anda masukan klip kedalamnya, begitu rekaman Anda ada di editor, pengalaman pengeditannya sederhana dan menyenangkan. Anda bisa memangkas klip sesuai kebutuhan dan juga menambahkan transisi.

Salah satu keuntungan dari pengeditan video dengan sistem cloud (online) ialah kolaborasi, dimana Anda mampu mengundang sahabat untuk mengunggah cuplikan ke proyek Anda, dan juga melakukan suntingan berbeda berdasarkan rekaman yang sama.

Setelah tamat mengedit, ketikanya untuk mengekspor pekerjaan Anda. Akun gratis hanya bisa mengekspor video dengan watermarked resolusi rendah yaitu 480p, hal ini merupakan suatu kekurangan.

Anda bisa mengkoneksikan WeVideo ke YouTube dan layanan video Web lainnya, sehingga Anda tidak perlu mendownload file lalu mengunggahnya ke YouTube. Anda bisa langsung melaksanakannya dari WeVideo ke Youtube.

Situsnya: https://www.wevideo.com

loading...

8. Wondershare Filmora (Windows, Mac)

Wondershare Filmora
Photo credit: Wondershare.com

Wondershare Filmora (sebelumnya bernama Editor Video Wondershare) ialah pilihan yang anggun bagi Anda yang ingin memulai dengan fungsi pengeditan video dasar, hingga juga berkesempatan mendapatkan fitur-fitur yang lebih.

Terdapat mode "Easy Mode" yang berguna agar tidak ada kerumitan dalam prosesp pengeditan, dimana Anda mampu menarik dan melepas klip video secara cepat, menentukan tema pra-desain, memasukan audio, bahkan bisa menghasilkan video yang selesai dalam hitungan menit.

Adapun bila Anda masuk ke dalam mode dengan fitur penuh, maka hal ini membuat Anda akan dapat melakukan banyak hal, seakan-akan mengatur transisi, filter, hingga mampu memutar klip video secara terbalik, dengan menggunakan pengaruh layar terpisah.

Hanya saja versi gratis Wondershare Filmora akan menambahkan tanda air ke video Anda, dimana jikalau Anda ingin menghapusnya maka harus menggunakan versi berbayar mereka.

Hal anggun dari Wondershare Filmora ialah memiliki antarmuka yang menyenangkan, dan cukup banyak sekali pengaruh dan overlay.

Adapun kekurangannya yaitu modus Cam dan Cutter hanya memungkinkan satu klip pada satu waktu, dan tidak terdapat kemudahan untuk mencari dampak atau transisi.

Filmora Wondershare mungkin tidak memiliki alat VR multicam, namun mempunyai antarmuka yang menyenangkan dan juga banyak dampak.

Video editor ini dilengkapi dengan banyak imbas filter, termasuk satu set yang menggandakan yang ada di Instagram. Penggunaan versi berbayar Filmora memberi Anda lebih banyak pengaruh dan objek, termasuk template film, dan lebih banyak filter warna.

Fasilitas edit Teks Tingkat Lanjut memungkinkan untuk bisa mengatur animasi, font, dan warna untuk teks Anda.

Pada penggunaan “Easy Mode” Anda bisa dengan simpel menyeret beberapa klip video atau foto digital ke dalamnya, demikian juga kemudahan dalam memilih tema, musik, dan lainnya.

Adapun output video dari Filmora yaitu mendukung format AVI, FLV, MKV, MOV, MP4, dan WMV.

Tempat download: https://filmora.wondershare.com/video-editor

9. Blender (Windows, Mac, Linux)

Software Blender
Photo credit | Blender Beginners Tutorial: Basic Video Editing Using The Video Editor: Youtube.com

Software Blender lebih dari sekedar acara editor video, dimana ini adalah suite animasi 3D full-blown, yang menyampaikan fitur untuk pemodelan, rendering, pelacakan gerak, dan lain-lain.

Ada banyak fitur pada ketika Anda melaksanakan pengeditan video, seakan-akan terdapat imbas transisi, kontrol kecepatan, filter, penyesuaian, dan lainnya.

Terdapat hingga 32 slot yang diberikan untuk menambahkan berbagai item seolah-olah klip video, audio, gambar, dan imbas, hal ini membuat Anda akan mampu menghasilkan karya video yang sangat kompleks dan berkualitas.

Apabila Anda ingin menghasilkan video berkualitas profesional tanpa harus “berhadapan” dengan yang namanya tanda air (watermark) maka software Blender ini menjadi pilihan yang anggun. Menurut situs webnya bahwa Anda bebas menggunakan Blender untuk tujuan apa pun, termasuk komersial atau pendidikan.

Jika Anda memakai Blender untuk menggambar objek maka Anda perlu membaca ebook manual dan mengikuti tutorialnya. Software Blender ini cocok bagi Anda yang serius dengan seni 3D dan animasi, dan memiliki banyak bakat dan ketekunan artistik, baik amatir ataupun pro.

Software Blender menjadi acara populer pembuat video animasi yang bisa digunakan secara gratis. Dengannya Anda mampu membuat video dengan apik, khususnya dalam membuat video dalam bentuk 3 dimensi.

Penggunaannya telah terbukti sukses sanggup membuat banyak sekali video profesional di dunia perfilman, khususnya film animasi.

Program ini tergolong rumit dan juga dalam penggunaannya memerlukan kreatifitas tinggi agar bisa menghasilkan video yang berkualitas. Banyak sekali tool yang perlu dipelajari di dalamnya.

Tempat download: https://www.blender.org/download

10. Windows Movie Maker (Khusus OS Windows)

Windows Movie Maker
Photo credit: Softonic.com

Penggunaan Windows Movie Maker sangat praktis, dengan memiliki fitur yang powerful. Dengannya Anda bisa melakukan eksplorasi video slideshow, dengan disediakan banyak sekali imbas keren di dalamnya.

Windows Movie Maker dibentuk dengan sedemikian rupa oleh pengembangnya yaitu perusahaan raksasa Microsoft agar mudah digunakan oleh para pemula.

Dalam proses pengeditan, Anda mampu membuat video dari kumpulan foto-foto, memasukan audio ke dalam video, pengaturan slow motion (kecepatan video menjadi lebih lambat), menyelipkan video ke dalam video lain, memotong video, memasukan suara rekaman, menyampaikan subtitle pada video, dll.

Video editor ini menyediakan keperluan editing standar yang sudah cukup bagus, penggunaannya cocok dan sangat mudah bagi Anda yang ingin membuat video dari kumpulan foto-foto.

Tempat download: http://windows.microsoft.com/en-us/windows-live/movie-maker

loading...

11. Virtualdub (Windows)

Virtualdub
Photo credit | VirtualDub and Deshaker tutorial: Youtube.com

Beberapa fitur pada software Virtualdub yaitu memasukan audio ke dalam video, mengompres video, split video (memisah-misah video menjadi beberapa potongan), dan lainnya.

Apabila Anda memiliki file berformat AVI lalu ingin memperbaiki beberapa bagian yang dirasa kurang baiklah, maka Anda bisa menggunakan video editor ini. Selain itu juga mampu untuk menambahkan frame, sampai mengganti aspek rasio video.

VirtualDub mampu digunakan untuk melaksanakan capture secara cepat file video dengan sekaligus, melakukan encoding secara direct. Hanya saja software VirtualDub tidak memiliki kehebatan seperti halnya Adobe Premiere yang kaya fitur.

Tempat download: https://virtualdub.en.softonic.com

12. ZS4 Video Editor (Windows, Linux dan OSX)

ZS4 Video Editor
Photo credit: Lo4d.com

Software ZS4 Video Editor dapat dipakai untuk menggabungkan  video dengan foto, memberikan efek pada video, mengatur background, kontrol otomatisasi penuh trek dan dampak variabel, dll.

Terdapat fitur pengeditan video tingkat lanjut dan tersedapat lebih dari 150 imbas video built-in yang mampu digunakan. Video editor ini support untuk Windows, Linux dan OSX. Berikut banyak sekali fiturnya:
  • Jumlah trek audio, video dan gambar yang tidak terbatas.
  • Jumlah tak terbatas imbas video / audio.
  • Pengaturan tingkat kecerahan video, mengontrol volume dll.
  • Dengan simpel bisa memanipulasi pemikiran waktu, maju, mundur, cepat dan melambat.
  • Terdapat pengaruh distorsi.
  • Pengaturan warna: atur rona, saturasi, sesuaikan RGBA, sesuaikan YUV dan warna
  • miscellaneous, dll.
  • Fitur cropping, zooming, panning, volume, rotation, opacity, key-color dll.

Beberapa pengguna menyebutkan perihal pengalaman dalam menggunaan ZS4 Video Editor, bahwa terdapat sejumlah besar pengaruh / filter dan dampak distorsi yang keren, hanya saja ada pengguna yang mengeluhkan bahwa ZS4 Video Editor lambat dan cukuo sulit untuk dipakai.

Tempat download: http://zs4-video.en.lo4d.com/

13. Wax (Windows)

Wax Video Editor
Photo credit | How to Import Videos onto Wax Video Editor: Youtube.com

Wax mempunyai komposit video dengan performa tinggi, dan banyak sekali efek khusus. Dengan Wax, pengguna bisa membuat efek khusus 2D & 3D dan bekerja dalam dua mode .

Pengguna software Wax menyampaikan bahwa untuk penggunaannya memerlukan beberapa waktu untuk belajar karena cukup rumit, tapi dengan adanya fitur imbas khusus di dalamnya menimbulkan Wax sebagai video editor terbaik dan gratis.

Dengannya Anda mampu menyusun rangkaian video keinginan Anda dengan mudah. Berikut fitur-fitur seperti yang disebutkan di situs Debugmode.com:
  • Didistribusikan sebagai software gratis untuk keperluan pribadi ataupun bisnisi.
  • Penggunaan akselerasi grafis yang tersedia dengan video card Anda untuk menciptakan pengaruh secara realtime.
  • Trek video dan audio yang tak terbatas, dan banyak mode pengomposisian (fitur audio terbatas ketika ini).
  • Plugin dan transisi 2D dan 3D untuk membuat imbas. 
  • Komposit 3D berfitur lengkap dengan objek 3d, pencahayaan, bayangan, tekstur, dan sebagainya. 
  • Plugin shatter untuk membuat dampak peledak pada video.
  • Plugin modelLoader untuk memuat model 3d dari file .3DS, .MD2 dan .MS3d.
  • Plugin untuk menghasilkan banyak sekali pengaruh partikel alami seakan-akan api, asap, hujan dll.
  • Plugin rotoMate.
  • Plugin Teks 3D untuk membuat teks 3D.
  • Format input: AVI, WAV, semua format gambar terkenal.
  • Format output: AVI, MPEG, WAV, Flash, semua format gambar populer.
  • Format AVI dan WAV mendukung audio terkompresi juga, menggunakan Codec Audio yang terpasang di PC Anda.

Beberapa pengguna menyebutkan pengalaman selama memakai video editor Wax:
  • “Ada begitu banyak pilihan dan dilengkapi dengan lebih dari 50 efek. “
  • “Pengeditan video yang bagus, hanya saja dengan masalah rendering yang parah."
  • "Tidak mudah bagi pemula seolah-olah Saya untuk menggunakannya, tapi setelah Anda membaca penggalan Help dan berlatih banyak, Anda akan menguasainya ...”

Tempat download: Cnet.com

14. MPEG Streamclip (Windows, Mac)

Video editor ini ditakan fleksibel lantaran sanggup mengedit banyak format video. Dengannya Anda mampu mengedit video dengah format MP4, MPEG, AVI, VOB, PS, M2P, MOD, VRO, DAT, MOV, DV, TS, M2T, MMV, REC, VID, AIFF, AVR, M2V, M1V, MPV, M1A, MP2, MPA, AC3 dan lainnya.

Anda dapat memilih skala video untuk setiap ukuran bingkai yang memakai scaler 2D-FIR profesional.

MPEG Streamclip mampu menjadi video converter, pemutar, dan editor video. Anda bisa memotong, memangkas dan menggabungkan cuilan-bagian video.

Tempat download: http://www.squared5.com

15. VideoPad Video Editor (Windows, Mac)

VideoPad Video Editor
Photo credit: Softonic.com

VideoPad Video Editor dinilai bagus untuk pemula dan begitu mudah dimengerti penggunaannya. Selain itu, terdapat fitur-fitur yang cukup banyak dan elok dalan membuat atau mengedit video.

Ada banyak hal yang mampu dilakukan seakan-akan memberikan record atau narasi pada video, dimana Anda mampu merekam bunyi via microphone pada video yang sedang dalam proses pembuatan.

Selain itu terdapat fitur untuk membuat subtitle sendiri secara cepat, pengaturan video slideshow yang berisi gambar-gambar. Anda mampu memecah-mecah video, menambahkan video, menggabungkan video, menyelipkan video, memberikan pengaruh pada video maupun audio, dan mengambil layar monitor.

Fitur-fitur lainnya yaitu bact video editor, text to speech (konversi tulisan menjadi suara), dan berbagai acara tambahan seperti mengedit audio, photo, dll.

Tempat download: http://www.nchsoftware.com/videopad

16. Kate's Video Toolkit (Windows)

Video editor memiliki fungsi-fungsi atau fitur berupa trimming, joining, transitions (memasukan suara ke video), memotong video, menggabungkan video, hingga mengconvert video. Kate's Video Toolkit merupakan video editor mini, yang juga mempunyai fitur transition.

Tempat download: http://kate-s-video-toolkit.software.informer.com

17. Pinnacle VideoSpin (Windows)

Pinnacle VideoSpin
Photo credit: Uptodown.com

Pinnacle VideoSpin memiliki ukuran yang lumayan besar yaitu sekitar 162 MB. Dengannya Anda mampu membuat slideshow dengan fitur transition, Anda juga mampu membuat text dengan gaya dan warna yang bervariasi, memasukan audio, sampai mengatur imbas pada video. Fitur-fitur yang disediakan lebih banyak dibandingkan Kate's Video Toolkit.

Tempat download: http://videospin.en.softonic.com

18. Davinci Resolve Studio (Windows, Mac, Linux)

Davinci Resolve Studio
Photo credit | Blackmagic Design DaVinci Resolve 12 | color correction: Youtube.com

Ini ialah acara video non-linear dengan kualitas profesional namun bisa digunakan secara gratis. Ukuran software ini juga besar. Terdapat fitur korektor warna, antarmukanya terlihat lebih kompleks dari aplikasi video editor pada umumnya.

Davinci Resolve Studio bahkan telah digunakan oleh perusahaan besar sekelas editor film Hollywood. Sehingga video editor ini banyak dipakai dalam membantu proses pembuatan film. Terdapat banyak fitur komplek di dalamnya.

Tempat download: https://www.blackmagicdesign.com