Xiaomi tidak bisa download aplikasi dari playstore ini solusinya!

Xiaomi yang beredar di indonesia memang memiliki beragam versi ROM sistem operasi, ada rom versi global official, cina official, rom distributor dan rom developer cina, versi rom yang dimiliki ponsel xiaomi biasanya sangat mempengaruhi kinerja sistem dan juga menentukan kelengkapan aplikasi bawaan yang terinstal di perangkat xiaomi tersebut.

Bahkan beberapa versi rom xiaomi tidak menyertakan google playstore sebagai aplikasi bawaan didalamnya, padahal google playstore adalah salah satu aplikasi wajib yang biasanya menjadi aplikasi bawaan di setiap perangkat android, sehingga untuk kasus ini playstore perlu diinstal sendiri, sedangkan versi xiaomi lainnya sudah dilengkapi dengan google playstore.

Salah satu kendala umum dari kebanyakan ponsel xiaomi yang dijual di indoneasia adalah tidak bisa download aplikasi dari google playstore, permasalah ini hampir muncul di semua versi xiaomi termasuk xiaomi dengan versi ROM resmi Global official sekalipun, biasanya ketika mencoba mendownload aplikasi dari playstore, download selalu gagal, beberapa permasalahan yang muncul diantaranya:

  • Aplikasi di playstore selalu minta koneksi wifi, walaupun kapasitas aplikasi tidak terlalu besar
  • waiting to download....atau pesan menunggu download.
  • Error download
  • dan lain sebagainya.

Permasalahan ini sempat terjadi juga sama saya pribadi, xiaomi saya kebetulan xiaomi redmi note 4 3/64 gigabyte yang baru saja saya beli, saya baru sadar ketika pertama kali ingin download aplikasi melalui google playstore, ternyata setelah diamati download aplikasi dari google playstore tidak mau berjalan.

Meskipun sudah ditunggu selama berjam-jam, tetap saja progress download tidak mau bertambah, dengan muncul pesan waiting to download.....,(menunggu download...) padahal hp masih dalam kondisi baru dan jaringan cukup bagus.

Setelah mencari tau penyebabnya dengan membaca beberapa referensi ternyata permasalahan google playstore tidak mau berjalan di xiaomi banyak yang mengalaminya, dan ini memang permasalahan umum di hp xiaomi, bukan hanya di xiaomi redmi note 4 saja, namun di xiaomi redmi note 3 pro juga permasalahan ini sama.

Solusi xiaomi yang tidak bisa download aplikasi dari google playstore

[ads-post]

Untuk anda yang kebetulan memiliki hp xiaomi dan mengalami tidak bisa download dari googleplay store, maka salah satu solusi termudah yang bisa anda coba langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pada perangkat xiaomi anda, silahkan masuk ke menu setting atau setelan
  2.  di halaman seting, scroll ke bawah lalu cari dan pilih menu Aplikasi terinstal atau instaled app
  3. lalu pada halaman yang muncul, scroll ke bawah dan cari menu
  4. Google playstore dan google playservices
  5. Buka menu  tersebut satu persatu, pada halaman yang terbuka, scroll ke bawah lalu cari dan tekan pilihan Perizinan Apl atau Permission manager Pastikan Centang Semua pilihan yang ada.


Google Play Services, pastikan centang semua pilihan, ilustrasinya terlihat seperti gambar di bawah ini, di hp kalian mungkin beda dikit tampilannya.



Xiaomi yang beredar di indonesia memang memiliki beragam versi ROM sistem operasi Xiaomi tidak bisa download aplikasi dari playstore ini solusinya!

Google playstore pastikan juga centang semua pilihan yang anda, seperti terlihat di gambar di bawah ini:


Sampai langkah di atas, silahkan coba lsayakan download aplikasi dari google play store, seharusnya xiaomi anda sudah bisa melsayakan download dari google playstore.

Demikian tentang mengatasi hp xiaomi yang tidak bisa melsayakan download aplikasi di google playstore.