Software pemetaan jaringan gratis terbaik untuk windows

Berikut merupakan daftar software pemetaan jaringan gratis terbaik untuk Windows. software ini pada dasarnya memindai jaringan kamu untuk perangkat yang terhubung seperti komputer, printer, switch, router, dll. Kemudian menampilkan peta jaringan untuk merepresentasikan konektivitas fisik antar perangkat. software mapper jaringan ini menemukan perangkat dalam kisaran alamat IP tertentu menggunakan Ping, Traceroute, dll. Setelah memindai jaringan, peta jaringan grafis dengan node dan garis penghubung ditampilkan. kamu dapat melihat informasi perangkat yang terhubung seperti  nama, tipe, jenis koneksi, alamat IP, alamat MAC, Status, dll.

Di beberapa software yang kami sebutkan dibawah ini, kamu dapat menyesuaikan peta jaringan juga. kamu dapat mengubah bentuk perangkat, gambar, atau skema warna dan  menambahkan perangkat baru, menyisipkan garis penghubung baru, teks, cloud,  dll. Peta jaringan dapat disimpan sebagai file grafik atau dapat langsung dicetak. Banyak di antaranya merupakan software pemantauan jaringan yang memungkinkan kamu memantau dan mengontrol perangkat dalam suatu jaringan. Misalnya,  uji kecepatan koneksi ISP, kelola jaringan WiFi, kelola pengaturan router, dll.

Berikut 3 software pemetaan jaringan gratis terbaik untuk Windows:


Nmap



Nmap merupakan software jaringan mapper favorit gratis kami karena menyediakan hasil pemindaian jaringan terperinci yang mencakup peta jaringan serta rincian host, layanan (HTTP, IMAP, MySQL, POP, SMTP, SSH, SSL, dll.), Dll. Ini juga memungkinkan kamu ekspor peta jaringan sebagai file PNG, PDF, PostScript, atau SVG.

Nmap merupakan software pemetaan jaringan open source gratis yang populer untuk Windows. Ini dipakai untuk berbagai tugas seperti penemuan jaringan, audit keamanan, inventaris jaringan, host pengawas, dll. Pada dasarnya ini merupakan utilitas baris perintah, tetapi menyediakan GUI yang juga disebut Zenmap. Dengan menggunakannya, kamu dapat memindai perangkat yang terhubung dalam jaringan dan melihat peta jaringan. Mari kita lihat bagaimana kamu dapat memetakan dan mempelajari konektivitas fisik jaringan kamu.

Cara memetakan jaringan menggunakan Nmap

Untuk menemukan perangkat dalam jaringan kamu, kamu dapat melakukan pemindaian jaringan seperti Intense Scan, Intense Scan Plus UDP, Pemindaian Cepat, Traceroute Cepat, Ping Scan, Pemindaian Reguler, Pemindaian Komprehensif Lambat, dll. kamu perlu menambahkan rentang alamat IP di bidang Target untuk memulai pemindaian (mis. 192.168.1.0-255). Jika kamu terbiasa dengan perintah Nmap, kamu dapat langsung menjalankannya dari kotak Command juga. Ketika kamu memulai pemindaian, proses pemindaian proses waktu ditampilkan secara realtime. Hasil pemindaian ditampilkan sesuai dengan jenis pemindaian yang kamu lakukan.

Untuk melihat infrastruktur jaringan, pindah ke tab Topology di mana kamu akan dapat melihat peta jaringan. kamu dapat melihat informasi topology legend untuk memahami representasi jaringan, seperti ikon host, menghubungkan garis, dll. Ini memungkinkan kamu melihat peta jaringan dalam mode Fisheye dan mengubah berbagai opsi kontrol seperti Change Focus, Show Information, Group Children, Fill Region, Interpolation, Layout, View, dll. kamu dapat menyimpan peta jaringan sebagai file grafik termasuk PNG, PDF, PostScript, dan SVG. Host Viewer yang berdedikasi disediakan untuk melihat informasi yang terkait dengan host yang ditemukan. Informasi ini termasuk Alamat IP, info Sistem Operasi (port yang dipakai, class, dll.), Urutan TCP, Layanan, Traceroute, dll.

[ads-post]

Nmap merupakan software network discovery dan network mapping yang kaya akan fitur. Beberapa fitur lain dari freeware ini termasuk:

  • kamu dapat melihat total host yang ditemukan di panel kiri. Ini juga menampilkan layanan (HTTP, IMAP, MySQL, POP, SMTP, SSH, SSL, dll.) Yang dipakai dengan nama host, port, protokol, status, dan versi.
  • Ini memungkinkan kamu melihat rincian host seperti negara, port terbuka, port yang difilter, port yang dipindai, alamat MAC, boot terakhir, dll.
  • Informasi perintah seperti waktu mulai dan akhir, host yang dipindai, host down, host up, waktu verbositas, level debug dapat dilihat.
  • kamu dapat membandingkan hasil dari dua pemindaian yang dilakukan sebelumnya.
  • Ini memungkinkan kamu mencari hasil pemindaian tertentu dengan kata kunci, tanggal, port, nama profil, dll.


Jika kamu ingin menyimpan pemindaian tertentu, kamu dapat melakukannya juga dalam format Nmap XML.

Download Nmap langsung dari situs resminya.



NETGEAR genie



Berikut merupakan daftar software pemetaan jaringan gratis terbaik untuk Windows Software pemetaan jaringan gratis terbaik untuk windows

NETGEAR genie merupakan software gratis untuk menghubungkan, memantau, dan mengontrol jaringan kamu. kamu juga dapat menggunakannya sebagai software pemetaan jaringan. Ini menyediakan modul terpisah untuk menunjukkan peta jaringan dari semua perangkat yang terhubung. Software ini melakukan pemindaian otomatis untuk mendeteksi perangkat yang terhubung di jaringan. Dan, saat pemindaian berlangsung, semua perangkat yang terdeteksi dipetakan dalam realtime. kamu dapat melihat informasi yang terkait dengan perangkat dengan mengkliknya, seperti nama, jenis, jenis koneksi, alamat IP, alamat MAC, status, dll. Ini memungkinkan kamu memodifikasi beberapa informasi perangkat termasuk nama, tipe, dan jenis koneksi. Ada opsi untuk mengaktifkan pemberitahuan setiap kali perangkat baru terdeteksi di jaringan kamu.

Beberapa fitur utama lainnya dari software ini termasuk tes kecepatan koneksi ISP, mengelola jaringan WiFi, mengelola pengaturan router, dll.

Download NETGEAR genie langsung dari situs resminya.


Net-Probe


Berikut merupakan daftar software pemetaan jaringan gratis terbaik untuk Windows Software pemetaan jaringan gratis terbaik untuk windows

Net-Probe merupakan salah satu software pemetaan jaringan dalam daftar ini. Net-Probe menyediakan versi gratis yang berfungsi untuk maksimal 8 perangkat. Jadi, dengan menggunakan versi gratisnya, kamu dapat memindai dan memetakan hingga 8 perangkat.

Cara memetakan jaringan menggunakan Net-Probe

  • Buka menu Workspace dan klik opsi New Workspace Wizard. Untuk melakukan pemindaian perangkat berjaringan, kamu harus memasukkan rentang alamat IP. Software ini memindai perangkat jaringan menggunakan Ping dan Traceroute. Hasil pemindaian jaringan & host, hop, komunitas SNMP, respons SNMP, respons Perf, alamat MAC, dll. Ditampilkan secara real time.
  • Saat pemindaian berakhir, peta jaringan ditampilkan pada antarmuka. kamu dapat melihat perangkat yang ditemukan dan informasi terkait di panel kanan. Di sana, kamu juga dapat melihat Titik Koneksi, Perangkat yang Tidak Ditentukan, Perangkat Tidak Tersambung, Jaringan Buruk, Titik Jaringan Tidak Terhubung, dll. kamu dapat melihat properti setiap perangkat dengan memilihnya, seperti jenis, nama, alamat IP, dll. Di tab Grafik , kamu dapat melihat node Ok Uptime %, Critical Uptime %, dan Warning Uptime %.
  • Ini tidak hanya menampilkan peta jaringan, tetapi juga memungkinkan kamu menyesuaikannya dengan menambahkan perangkat baru, garis penghubung baru, teks, cloud, dll. dan dengan menyesuaikan properti perangkat seperti skema warna, bentuk, gambar, dll.
  • kamu dapat langsung mencetak peta jaringan.
  • Memungkinkan kamu mengatur refresh rate grafik.

Net-Probe merupakan software pemantauan jaringan yang bagus. Ini menyediakan berbagai fitur yang berguna seperti Log Viewer, Aquirer/Target List, Alarm Messages, Failure Action Manager, Host Shortcut Editor, dll.

Download Net-Probe dari situs resminya.