Software kimia molekul viewer gratis terbaik untuk Windows

 Berikut merupakan daftar software molekul viewer gratis terbaik untuk Windows Software kimia molekul viewer gratis terbaik untuk Windows

Berikut merupakan daftar software molekul viewer gratis terbaik untuk Windows. Software penampil molekul ini bermanfaat bagi penggemar sains untuk memvisualisasikan dan mempelajari struktur molekul dalam 3D. Untuk melihat struktur molekul, kamu perlu mengimpor file molekul. Sebagian besar software visualisasi molekul ini mendukung format file yang berbeda termasuk Protein Databank (PDB), File Model Molekuler (XYZ), Alchemy File Format, Sybyl MOL2 Format, MDL Mol File Format, Format File CIF, Format File MOPAC, dll. Properti molekul juga ditampilkan dalam statistik yang berkaitan dengan atoms, bonds, mass number, atomic number, dll.  kamu bahkan dapat mengedit molekul atau membangun file molekul dari awal.

Untuk memudahkan proses visualisasi molekuler, Software yang kami share ini menyediakan semua alat bantu navigasi dan layar yang penting dan canggih. kamu dapat menyesuaikan struktur molekul yang ditampilkan dengan mengubah gaya rendering molekul seperti Wireframe, Backbone, Stick, Spacefill, Balls & Stick, Pita, Strands, dll. Selanjutnya, kamu dapat menyesuaikan preferensi seperti label acara, skema warna, titik cahaya, kedalaman cueing, lingkaran cahaya, cahaya ambient, perbatasan, dll. kamu dapat dengan mudah menavigasi melalui struktur molekul menggunakan alat seperti zoom in / out, rotate, auto-rotate, move, spin, dll. kamu juga dapat mengekspor struktur molekul khusus sebagai gambar di semua software penampil molekul ini. Plus, beberapa di antaranya memungkinkan kamu untuk membuat animasi molekul juga.

Berikut daftar Software kimia molekul viewer gratis terbaik:

IQmol
 Berikut merupakan daftar software molekul viewer gratis terbaik untuk Windows Software kimia molekul viewer gratis terbaik untuk Windows

IQmol merupakan penampil molekul open source gratis serta software editor molekul untuk Windows. Ini menyediakan sejumlah alat untuk memvisualisasikan struktur molekul dan mempelajari sifat-sifat molekul. Untuk melihat molekul, kamu dapat membuka file molekul seperti PDB, MOL, CUBE, dll. Format impor yang didukung tidak jelas karena tidak menyebutkannya. Ketika kamu membuka file molekul, tampilan model masing-masing dapat dilihat dari panel kiri. Ini termasuk atoms, bonds (bond length), geometries, dll. kamu dapat menambahkan dan mengkonfigurasi permukaan juga dengan menentukan jenis (Van Der Waals, Promolecule, SID), Isovalue, color, opacity, quality, dll. Untuk melihat molekul, software ini memungkinkan kamu mengatur properti tampilan seperti show axes, camera configurations (projection, rotation, positions, etc.), appearance (shader, POV-Ray), atom labels (element, index, mass, NMR, partial charge, spin density), dll. Ini memungkinkan kamu melihat dan menganalisis molekul dalam mode layar penuh juga. kamu dapat memutar struktur, memperbesar / memperkecil, memutar, dll. Akhirnya, kamu dapat menyimpan struktur molekul yang ditampilkan sebagai gambar PNG, BMP, dll. Menyediakan juga opsi untuk merekam animasi yang pada dasarnya menyimpan setiap bingkai animasi sebagai Gambar BMP.

Karena ini merupakan editor molekul, kamu juga dapat membangun atau mengedit molekul. Dari menu Build-nya, kamu dapat menemukan opsi seperti Insert Molecules by ID, Fill Valencies With Hydrogens, Set Isotopes, Set Geometric Constraints, Minimize Structure, Select Force Field, Symmeterize Molecule, Set Symmetry Tolerance dll. Setelah membangun atau mengedit molekul, kamu dapat menyimpannya dalam file. Format file untuk menyimpan molekul termasuk XYZ, PDB, CML, MOL, GZMAT, dll. Ini juga memberikan pilihan untuk perhitungan Q-Chem. Secara keseluruhan, ini merupakan software visualisasi molekul besar yang mempunyai antarmuka pengguna yang bersih dan intuitif.

Unduh IQmol dari situs resminya.

Molekel
 Berikut merupakan daftar software molekul viewer gratis terbaik untuk Windows Software kimia molekul viewer gratis terbaik untuk Windows

Molekel merupakan penampil molekul 3D yang bagus dengan GUI yang bersih. Di dalamnya, kamu dapat membuka file-file molekul dan kemudian memvisualisasikan dan mempelajari molekul dengan menyesuaikan beberapa opsi tampilan. Untuk memasukkan file molekul, ia mendukung berbagai format yang mencakup PDB, XYZ, YOB, ALC, SDF, SMI, RXN, PCM, PQS, MOL, MOL2, TMOL, dan lainnya. Segera setelah kamu mengimpor file molekuler, kamu dapat melihat representasi visual dan propertinya pada antarmuka utama. Properti termasuk statistik yang berkaitan dengan atoms, bonds, energy, residues, conformers, molar mass, exact mass, spin multiplicity, charge, vibration frequencies, dll. Berikut merupakan fitur yang disediakan oleh freeware ini:

  • Pengaturan tampilan molekul seperti bentuk molekul (CPK, stick, ball & stick, wireframe, dll.), Bentuk atom (belahan, bola, billboard, dll.), Bentuk ikatan, residu, detail atom, warna atom, skala, dll., dapat dikonfigurasi.
  • Selain itu, pada opsi tampilan kamu dapat menyesuaikan latar belakang dan properti tampilan 3D dan mengaktifkan / menonaktifkan probe pesawat, skal skal MEP, kotak pembatas, sumbu, dll.
  • kamu dapat memutar, atau memperbesar / memperkecil struktur molekul menggunakan mouse kamu.
  • Menyediakan mode interaksi yang berbeda untuk meningkatkan pengalaman menonton termasuk Kamera, Molecule, dan Pick Atom / Bond.
  • Memungkinkan kamu memvisualisasikan permukaan yang dihasilkan dengan kerapatan elektron, garis grid, permukaan yang dapat dijangkau pelarut, dan permukaan yang dikeluarkan pelarut. Permukaan yang dapat dilepas pelarut dan permukaan yang dikeluarkan pelarut pertama kali dihitung saat kamu menentukan parameter terkait.
  • Memungkinkan kamu membuka file molekul yang berbeda dan memvisualisasikan semuanya sekaligus. Jadi, dengan cara ini, kamu dapat menggabungkan dan menyimpan file molekul dalam format yang didukung.
  • kamu dapat menyimpan tampilan molekuler sebagai gambar (PNG, TIFF), PostScript, EPS, atau file PDF.

Beberapa alat analisis tambahan tersedia di dalamnya yang meliputi Probe Plane, Spektrum Radiasi, dll.

Unduh Molekel dari situs resminya.

Avogadro
 Berikut merupakan daftar software molekul viewer gratis terbaik untuk Windows Software kimia molekul viewer gratis terbaik untuk Windows

Avogadro merupakan penampil molekul lintas platform yang gratis, terbuka, dan terbuka dalam daftar ini. Ini merupakan pencipta molekul dan perangkat lunak editor juga. Untuk memvisualisasikan molekul, kamu dapat mengimpor file dalam format seperti PDB, CML, CIF, FCHK, GAMOUT, MOL, MOL2, SDF, DMOL, dll. Molekul dapat divisualisasikan dalam proyeksi Perspektif atau Orthogonal. Pilihan tampilan dasar seperti rotate, zoom in / out, seleksi, dll., Tersedia di dalamnya. Selain itu, kamu mendapatkan alat rotasi otomatis, alat pengoptimalan otomatis, mode layar penuh, dan opsi menyelaraskan molekul. Ini menyediakan fitur seleksi lanjutan yang memungkinkan kamu memilih dengan elemen, residu, pola SMARTS, pelarut, dll. kamu dapat melihat properti molekul, atom, ikatan, sudut, torsi, dan konformer juga. Representasi molekul dapat diekspor sebagai gambar PNG, BMP, atau JPEG. kamu juga dapat mengekspor grafik vektor (PDF, SVG, EPS), POV-Ray, dan model VRML.


kamu dapat membangun molekul di dalamnya menggunakan alat seperti Add Hydrogens, Insert Fragment, DNA/RNA, SMILES, and Peptide, Super Cell Builder, Nanotube Builder, Change H to Methyl, Cartesian Editor, dll. Banyak alat canggih seperti Animate Trajectory, Optimize Geometry, Calculate Energy, Setup Force Field, Crystallography, dll., Juga tersedia. Sofware ini berisi berbagai plugin yang membantu kamu menganalisis struktur molekul seperti berinteraksi dengan molekul, membuat dialog file input untuk kode kuantum, membuat dialog properti molekul, membuat permukaan, dll.

Unduh Avogadro dari situs resminya.

Itulah ketiga software kimia molekul viewer gratis terbaik, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.