Internet (Wifi) Mati saat Layar HP Terkunci (pada: Oppo, Xiaomi, Asus dan IPhone)

Permasalahan internet mati pada saat layar ponsel Terkunci (lock) sempat daqu alami pada perangkat xiaomi redmi note 4 milik daqu, awalnya jaringan internet berjalan dengan normal, karena hp masih baru, daqu lanekan otak-atik hp dan pada akhirnya setiap kali hp melanekan lock screen, tiba-tiba internet (hotspot) tidak bisa diakses, mau dibetulkanpun tidak tau caranya karena lupa sama sekalid engan pengaturan yang telah dilanekan yang menyebabkan internet mati apabila layar terkunci.

Kasus ini barangkali pernah anda alami, dan ini ternyata bisa terjadi bukan hanya di ponsel xiaomi saja, namun ponsel merk oppo, asus, lenovo bahkan iphone pun bisa mengalami hal serupa, permasalahannya sebenarnya sangat sederhana, ada seting khusus yang tanpa kita sadari telah kita non-aktifkan tanpa memikirkan resikonya, sehingga setiap kali layar hp terkunci secara otomatis, maka jaringan data seluler untuk internet tersebut mati.

internet mati pada saat layar ponsel Terkunci  Internet (Wifi) Mati saat Layar HP Terkunci (pada: Oppo, Xiaomi, Asus dan IPhone)

Mengatasi Internet Mati ketika Layar HP Terkunci

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba, jika kebetulan perangkat android anda mengalami jaringan internet tiba-tiba mati pada saat layar hp terkunci:

#1. Untuk Ponsel Xiaomi

Jika anda kebetulan pemilik ponsel Xiaomi dan jaringan internet dari ponsel xiaomi anda tiba-tiba mati ketika diakses via wifi karena hp mengalami lock screen, maka langkah-langkah untuk mengatasinya adalah sebagai berikut.

a. Pada halaman hp xiaomi anda, coba cari dan klik Icon sechurity atau keamanan

b. Pada halaman schurity, lalu tekan tombol bergambar baterai, tombol ini sebenarnya adalah tombol untuk pengaturan penghemat baterai agar tidak terlalu cepat habis.

c. Lalu di halaman berikutnya, tekan tombol bergambar roda gigi atau  gambar titik 3, biasanya letaknya di pojok kanan atas, kemudian  cari tulisan Matikan data seluler saat perangkat terkunci, atau cari tulisan Network Off when screen off or lock silahkan klik menu tersebut lalu pilih No /jangan untuk dimatikan/dinonaktifkan.

[ads-post]

#2. Untuk Merk Ponsel Lainnya (Assus, Oppo, Lenovo dll)

Internet mati ketika layar hp terkunci biasanya dikarenakan ada pengaturan yang salah pada aplikasi penghemat baterai seperti misalnya aplikasi Go power Master, Go Battery saver, Easy battery saver dan aplikasi penghemat battery lainnya.

Jadi untuk merk hp apapun seperti oppo, asus, lenovo dll), jika terjadi data seluler atau wifi yang sedang dipakai melalui penambatan hotspot tiba-tiba tidak bisa diakses alias mati karena layar hp terkunci otomatis, maka ini pasti akibat pengaturan aplikasi di penghemat battery tersebut.

Jadi solusinya yang harus anda lanekan adalah membuka kembali aplikasi penghemat battery tersebut, kemudian cari pengaturan yang berhubungan dengan layar, pastikan pilihan Network Off when screen off or lock tidak dalam keadaan aktif atau dimatikan. di beberapa hp mungkin tulisannya bisa saja tidak sama.