Cara membuat restore point di windows 10

Apa sebenarnya fungsi restore point di windows 10 dan bagaimana cara membuatnya?. Terkadang hal-hal yang sederhana seperti menginstal aplikasi, driver, atau update baru dapat membuat masalah dengan komputer kamu, dan kamu mungkin ingin komputer kamu kembali normal. Di sinilah membuat restore point pada Windows 10 dapat bermanfaat untuk kamu yang berfungsi mengembalikan komputer kamu ke setting default pabrikan.

Restore Point memungkinkan kamu untuk menyimpan dasar 'snapshot' dari komputer kamu pada saat tertentu yang kemudian disimpan sebagai restore point. Jika komputer kamu mulai lemot, settingan default berubah atau terkena virus, disinilah pentingnya sistem restore point sebagai titik pemulihan pada PC kamu. Cara kerja system restore ini merupakan dengan menyimpan pengaturan OS kita yang terakhir sesuai dengan tanggal yang diatur pada hardisk seperti pada saat kita membackup data pada setinggan yang kita anggap paling bagus. Jadi misal terjadi masalah pada software karena software tersebut error atau terkena virus dan sebagainya. dan sudah mencoba menghapus/uninstall kemudian install lagi akan tetapi tidak ada perubahan. Nah, dengan menggunakan system restore kita dapat mengembalikannya ke kondisi normal dengan memilih waktu yang pada saat itu software tersebut masih berjalan dengan normal.dan banyak juga pengguna windows yang telah mencoba tool ini dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada windows termasuk yang software tadi.
 Cara membuat restore point di windows 10

Langkah 1: Buka Control Panel pada PC kamu. kamu dapat mengaksesnya  melalui menu, atau ketik "control panel" di kotak find, atau dengan menggunakan Cortana.



Langkah 2: Buka System and Security section,  kemudian klik System. Sekarang dari panel kiri klik System Protection. Pastikan  "protection" drive Windows (biasanya C) dalam posisi On dan klik Configure.



Langkah 3: Klik tombol Create untuk membuat sistem restore point. Sampai disini langkah kamu sudah selesai, lalu bagaimana cara menggunakannya?

Cara menggunakan restore point di windows 10

Langkah 1: Buka Control Panel pada PC kamu seperti langkah membuat restore point di atas.

Langkah 2: Pergi ke System and Security section kemudian buka System Protection.

Langkah 3: Klik System Restore, dan kamu akan melihat daftar restore point yang tersedia dan pilih.

Langkah 4: Klik Next dan komputer kamu memulai sistem restore.

Demikian tips kali ini, semoga jadi ilmu yang bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.