Cara Memblokir Aplikasi Non-Windows Store Di Windows 10

Ada beberapa aplikasi bagus yang tersedia di Windows Store. Nama-nama besar seperti Facebook, Twitter, dan Netflix semuanya mempunyai aplikasi UWP yang dapat kamu unduh dari Windows Store. Aplikasi di Windows Store sepenuhnya belum aman. Banyak aplikasi yang bebas beredar tanpa melawati keamanan windows store, tapi kamu tidak perlu kuatir karena pada pembaruan Windows 10 Creator update, microsoft memperkenalkan batasan baru yang memungkinkan pengguna memblokir aplikasi non-Windows Store.

Ada beberapa aplikasi bagus yang tersedia di Windows Store Cara Memblokir Aplikasi Non-Windows Store Di Windows 10

Smart screen Windows sudah berfungsi untuk melindungi pengguna dari menginstal aplikasi yang tidak diverifikasi. Dengan fitur ini, pengguna dapat memblokir aplikasi Win32 atau desktop. Fitur ini tersedia di Windows 10 Insider build 15046 ke atas. Berikut cara cara memblokir aplikasi non-Windows Store:

Cara Memblokir Aplikasi Non-Windows Store Di Windows 10

Windows 10 menambahkan grup pengaturan baru dengan Creator’s Update yang disebut 'Apps'. Sebelumnya, ‘Apps’ hanyalah sebuah tab di dalam grup pengaturan ‘Sistem’. Untuk memblokir aplikasi non-Windows Store, kamu cari pengaturan aplikasi, Pilih grup 'Apps Settings' dan masuk ke tab ‘Apps & features'. Ada bagian baru di tab ini yang disebut ‘Installing apps'. Buka tarik-turun di bawah bagian ini. kamu disajikan tiga opsi untuk dipilih yaitu:(1) Allow apps from anywhere, (2) warn me before installing apps from outside the Store, dan (3) Allow apps from the Store only.

Opsi ‘Allow apps from anywhere' memungkinkan pengguna untuk memasang aplikasi dari Windows Store serta aplikasi desktop dan Win32. Aplikasi dapat berasal dari Github, repositori perangkat lunak online, atau situs web pribadi pengembang. Di bawah opsi ini, aplikasi dapat dipasang dari mana pun asalnya. Ini tidak akan berdampak pada filter smart screen. Ini akan tetap memperingatkan dan memblokir aplikasi yang tidak diverifikasi.

Opsi 'warn me before installing apps from outside the Store' akan memperingatkan pengguna saat mereka mencoba memasang aplikasi dari luar Windows Store. Pengguna kemudian dapat memutuskan apakah mereka ingin melanjutkan menginstal aplikasi atau tidak.

Opsi ‘Allow apps from the Store only' akan memblokir aplikasi selain Windows Store. Saat pengguna mencoba menjalankan penginstal untuk aplikasi desktop, mis. Chrome, fitur ini akan memblokirnya.

Jadi, jika kamu ingin memblokir semua aplikasi non windows store silahkan pilih opsi (2) warn me before installing apps from outside the Store'.

Baca juga

Fitur ini dikendalikan oleh administrator sistem. Kemungkinan akan mendorong banyak pengembang menuju Windows Store. Tentu saja, tidak semua pengembang akan bergabung. Hal ini terbukti mengingat macOS telah mempunyai cukup lama toko aplikasi khusus tetapi pengembang masih membuat aplikasi di luar macOS store. macOS mempunyai fitur serupa yang disebut Gatekeeper.