Bukalapak vs Tokopedia, Review Pengalaman Pengguna & Tips Belanja Online

Dimasa yang serba canggih saat ini, Anda juga mampu berbelanja dengan lebih cepat dan praktis. Anda mampu berbelanja hanya dengan duduk kalem di depan komputer atau gadget yang Anda pegang.

Terdapat berbagai website jual beli online, yaitu Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Elevenia, Blanja dan banyak lainnya.

Dengan “segudangnya” jumlah website jual beli online, maka Anda mampu memilih yang terbaik dari mereka semua. Peritmbangan utama dalam memilih situs jual beli ialah muranya harga dan keamanan dalam bertransaksi.

Toko Online
Sumber gabmar: Pixabay.com

Perbandingan Antar Situs Jual Beli
Sebelumnya aku hinggakan dahulu, bahwa goresan pena ini umumnya hanya berisi opini, yang berasal dari pengalaman orang yang berbelanja online, dan tulisan ini tidak dijadikan sebagai referensi standar dalam menilai situs jual beli secara pasti.

Tokopedia

Tokopedia

Bukalapak dan Tokopedia berjenis e-commerce, yang bisa dikatakan "malnya digital", karena orang-orang bisa membuka toko di situs tersebut.

Jenis-jenis barang yang disediakan beragam. Dari pengalaman orang-orang yang berbelanja, mengungkapkan bahwa tokopedia umumnya menyediakan barang-barang peralatan rumah tangga dan elektronika.

Metode Pembayaran
Tokopedia memberikan fitur pembayaran dengan metode transfer manual bank, e-cash mampu berdiri diatas kaki sendiri, mandiri clickpay, Klikpay BCA, dan saldo Tokopedia.

Kepercayaan Pada Penjual
Tokopedia menyediakan fitur dimana pembeli mampu mengetahui reputasi penjual dari rating bintangnya. Jika hanya memiliki 1 bintang berarti penjual tersebut memiliki reputasi penjualan yang rendah. Jika mempunyai 5 bintang berarti reputasi tingkat iman di penjual tinggi.

Sistem Tokopedia ini cukup cantik karena lumayan transparan, dimana pada setiap proses pembelipun mempunyai reputasinya sendiri.

Bahkan pada setiap produk mempunyai reviewnya masing-masing, selain itu hasil feedback akan terkunci sehingga tidak mampu diganti atau dihapus.

Dengan sistemnya ini, mengakibatkan pembeli di Tokopedia mampu lebih mudah untuk menyimpulkan reputasi darui suatu (kios) toko.

Hanya saja yang disayangkan yaitu kesalahan ada pada kebiasaan pembeli, dimana mereka kurang mantap dalam memberikan review terhadap kualitas barang atau pelayanan yang diberikan.

Feedback nya sering aneh-aneh, seperti ketika transaksi berjalan lancar tetapi pembeli hanya menyampaikan rating 3 bintang. Makara seolah-olah nantinya pembeli lainnya akan melinai bahwa kios tersebut kurang memberikan pelayanan dan kurang terpecaya.

Yang lebih absurd lagi, bahwa proses pembelian lancar sekali tetapi hanya memberikan bintang 1 yang artinya sangat jelek. Dan reviewnya juga tidak niat, teladannya “terima kasih barang sudah hingga, puas dan top deh”.

Tentunya notifikasi (pemberitahuan) dalam proses transaksi ialah hal yang terpenting. Di Tokopedia Anda bisa mengetahui apakah proses pembelian berhasil atau tidak.

Untuk arahan unik transaksi. Tokopedia menggunakan 2 digit kode unik, dan uang ini-pun nantinya akan kembali ke saldo Tokopedia. Adapun selang waktu pembayaran yaitu selama 2 hari.

Costumer Service
Tampilan dan kemudahan navigasi dari Tokopedia sangat cantik, namun sebagai saran pada pihak untuk Tokopedia biar memperbanyak pelayanan customer servicenya.

Tentunya kurang afdhol kalau tempat komplain hanya bisa via twitter, kalau bisa pihak tokopedia menyediakan fasilitas webchat di website atau aplikasinya. Hal ini semoga segala pertanyaan dan keluhan pelanggan bisa secara pribadi terjawab

Review Positif dari Pengguna Tentang Situs Jual Beli Tokopedia:
  • Loading situs tidak mengecewakan cepat ketika dalam keadaani normal.
  • Terkadang muncul promo untuk gratis ongkir, umumnya selama sebulan.
  • Perang harga di Tokopedia secara tidak pribadi menjadi harga produk jauh lebih murah.
  • Terdapat fitur return gratis apabila produk yang dibeli tidak sesuai cita-cita (dari perjanjian yang dilakukan dengan si penjual).
  • Terdapat fitu Katalog di Tokopedia yang membantu sekali, terutama untuk produk gadget, hanya saja perlu lebih lengkap lagi ketersediaan produknya.


Review dari Pengalaman Kurang Memuaskan:
  • Di Tokopedia sering terlihat produk SPAM, seakan-akan produk yang harganya hanya 100 Rupiah, ini bukan ihwal bonus, namun setelah dibuka hanya berisi hal-hal yang tidak berkhasiat. Masalah ini menyebabkan pembeli menjadi kesulitan dalam mencari barang dari urutan termurah (karena banyaknya produk spam).
  • Dalam fitur pencarian produk, ternyata penjual yang tidak aktif pun ikut disertakan.
  • Petunjuk cara pembelian masih minim dan cenderung kurang terperinci, hal ini bisa merepotkan bagi pembeli pemula.
  • Belum tersedia pengaturan alamat default untuk pembeli.
  • Frekuensi maintenance situs Tokopedia cukup tinggi.
  • Belum adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
  • Fitur pengelola stok barang dirasa masih kurang optimal, hal itu lantaran ketika ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, namun stok produk tidak secara otomatis berkurang.
  • Jarang sekali muncul promo diskon yang berbatas waktu.

Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak umumnya menyediakan barang-barang unik seperti aksessoris, salah satunya yaitu batu akik. Selain itu, barang seperti onderdil sepeda juga dijual disana.

Metode Pembayaran
Bukalapak memberikan fitur pembayaran melalui transfer manual bank, mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, dan saldo Bukalapak.

Kepercayaan Pada Penjual
Bukalapak memiliki fitur indikator reputasi penjual terpercaya, yang diketahui dari jumlah feedback dan presentase keberhasilan transaksi. Sehingga hal ini memudahkan para pembeli untuk mengetahui mana penjual yang mempunyai tingkat iman yang tertinggi.

Untuk sistem review pembeli di Bukalapak, tampaknya masih perlu untuk diperbaiki, dimana pembeli suka kebingungan karena feedback semua produk tercampur. Hal ini menimbulkan pembeli kesulitan untuk mengetahui mana barang yang feedbacknya elok dan yang tidak.

Bukalapak memiliki sistem notifikasi yang sama baiknya seperti tokopedia. Nantinya setiap proses transaksi akan dikirimkan beritanya via email.

Bukalapak memiliki 3 digit arahan unik (bahkan ada yang menginfokan 4 digit), hal ini cenderung lebih merugikan pembeli karena dana ini tidak dikembalikan kepada di pembeli. Adapun selang waktu pembayarannya yaitu 10 jam. Mungkin kedepannya akan ada terus perubahan.


Costumer Service
Costumer Service di Bukalapak menerima review manis dari para pembelinya, Bukalapak lebih fast Respon, walaupun sebagian kecil pembeli ada yang mengalami hingga berjam-jam untuk menunggu pesan balasan dari Coustume Service.

Sebagai acuan bahwa Bukalapak fast respon yaitu pada kisah yang di share di laman Aviantorichad.com, kronologisnya yaitu si pembeli (sebut saja Mas Sabar) ingin membeli kamera digital seken lantaran harganya sangat murah.

Setelah barang yang dipesan datang. Namun, apa yang didapatkan di luar perkiraan, barang yang dikirimkan ternyata isinya barang rongsokan. Alih-alih ingin punya kamera elok justru kedatangan “tamu” kamera hancur.

Kondisi Kamera digital, dimana baterainya sudah bocor dan komponen juga sudah hancur. Tampilan fisik kamera memang anggun, tapi dalamannya yang hancur.

Karena itu, maka Mas Sabar melaksanakan komplain ke si penjual, sebut saja “si Penipu”, melalui fitur Pesan yang ada di situs Bukalapak. Akan tetapi tidak ada tanggapan dari si penipu. Padahal sebelumnya, komunikasi dengan si penipu via fitur pesan ini lancar.

Tidak susah untuk dapetin uang balik lagi, walaupun butuh sedikit usaha. Intinya kalau kronologisnya terperinci maka pihak Bukalapak akan mau membantu.

Usaha pertama Mas Sabar yaitu menghubungi nomor HP yang tertera di paket yang dikirim ke dirinya. Sebut saja orang yang punya nomor HP itu ialah mas Kedua (ternyata itu bukan nomor “Mas penipu”).

Orangnya (Mas Kedua) sih mampu dihubungi, namun apa yang terjadi coba? Ternyata mas Kedua ini merupakan orang yang sebelumnya juga kena tipu oleh “Mas Penipu”.

Mas Kedua bercerita bahwa dirinya melakukan komplain kamera hancurnya ke “Mas Penipu”. Kemudian “Mas Penipu” meminta untuk ngeretur kameranya ke alamat Mas Sabar.

Sehingga, berarti Mas Sabar ingin dijadikan kambing hitam oleh Mas Penipu. Padahal status Mas Sabar adalah pembeli yang tidak tahu apa-apa. Kalau saja mas Sabar tidak ngeh, mampu-bisa kena fitnah karena dikira orang yang menipu mas Kedua.

Lalu dilakukan percakapan antara mas Sabar dengan Mas Kedua via pesan di Bukalapak. Mas Sabar menceritakan kronologisnya ke mas Kedua.

intinya Mas Sabar kisah jika dirinya memperoleh paket kamera digital tadi dari Mas Penipu, namun alamatnya yaitu alamat mas Kedua.

Dengan begitu, Mas Sabar dan Mas Kedua menyadari bahwa diri mereka ke tipu oleh “mas Penipu”.

Dengan begitu, Mas Sabar melakukan komplain eksklusif ke admin Bukalapak. Disana terdapat kemudahan (tempat) untuk komplain, tinggal menceritakan kronologisnya. Dan pengalaman Mas Sabar bahwa respon dari pihak Bukalapak cepet banget.

Jawaban dari komplain Mas Sabar ke admin Bukalapak yaitu bahwa Mas Sabar perlu menunggu hasil investigasi tim “pencari fakta” Bukalapak.

Mas sabar mendapatkan pengalaman bahwa kiprah dari pihak Bukalapak “kerasa banget”, mas Sabar merasa terbantu sekali oleh Bukalapak. Komplain yang dikirimkan mendaaptkan fast respon.

Akhirnya hasil investigasi keluar, maka keputusannya adalah mas Sabar diminta untuk mengembalikan barang yang diterima ke mas Penipu. Namun lantaran Mas penipu tidak kooperatif (tidak mampu dihubungi), maka Bukalapak meminta untuk mengirimkan barang ke alamat kantor Bukalapak.

Jreng..Hasilnya sesudah barang diterima oleh pihak Bukalapak, maka dana Mas Sabar dikembalikan. Dana dikembalikan tidak ditransfer ke rekening bank, tetapi masuknya ke rekening BukaDompet.

Voucher Belanja Bukalapak
Para pengguna aplikasi Bukalapak sering memperoleh voucher belanja. Terutama, dilaporkan bahwa satu bulan menjelang lebaran, hampir setiap hari pengguna apps banyak yang memperoleh voucher belanja. Voucher yang diberikan seolah-olah voucher diskon harga barang hingga kepingan ongkir. Jumlah nominal yang diperoleh tidak sedikit.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk berkesempatan mendapatkan voucher maka hanya mampu diakses di app Bukalapak. Bukalapak juga rajin membagi-bagikan voucher melalui email. Pokoknya mengenai voucher maka belum ditemukan ada toko online lain yang “senekat” Bukalapak.

loading...

Fitur Reputasi Order, Respond Buyer
Bukalapak menciptakan sebuah sistem untuk menganalisa waktu kirim order dari penjul ke pembeli. Sistem yang dikembangkan pihak Bukalapak ini cukup bagus, yang bermafaat sekali bagi calon pembeli. Karena mampu menilai seberapa serius dan terpecaya si penjual dalam berbisnis.

Selan itu, juga calon pembeli bisa mengetahui seberapa baik dan cepat penjual dalam melayani ajakan pembeli. Sehingga dengan sistem Bukalapak ini, diketahui jikalau penjual lama merespon maka akan dinilai sebagai penjual yang pemalas atau suka bermain-main dalam menghandle orderan masuk.

Kode Pembayaran Empat Digit
Banyak member buka lapak yang mengeluhkan wacana komplemen biaya pembelian yang dibebankan pada pembeli.

Beban biaya dalam bentuk aba-aba pembayaran. Dimana yang menjadi dilema ialah Bukalapak memuat kebiajakan untuk memakai instruksi pembayaran sebanyak 4 digit.

Tampaknya empat digit tersebut bukanlah angka yang mampu disepelekan. Jika ditotal dari banyaknya transaksi yang sukses dalam sehari saja, maka totalnya dari biaya instruksi pembayaran akan mencapai angka fantastis.

Dan peraturan Bukalapak bahwa biaya dari aba-aba pembayaran itu tidak dikembalikan. Sehingga banyak pembeli yang mengeluhkan hal ini.

Adapun di Tokopedia menerapkan kode pembayaran hanya 3 digit.  Itupun sesudah pembayaran terverifikasi maka biaya aba-aba pembayaran akan dikembalikan.

Automatic Payment Checker
Di Bukalapak, pembayaran manual seakan-akan transfer ATM atau setor tunai sekrang telah mampu diverifikasi secara otomatis. Tidak seakan-akan sebelumnya, dimana Bukalapak masih menggunakan sistem yang agak repot, dimana konfirmasi pembayaran benar-benar akan diisi secara manual oleh si buyer.

Sehingga di Bukalapak kini ini telah mengalami peningkatan efisiensi pada verifikasi pembayaran.

Server Situs Bukalapak
Dari pengalaman seorang pengguna, bahwa dirinya pernah mengalami server situs Bukalapak yang tidak kuat dalam menampung traffic, dimana kecepatan website menurun. Sehingga sepertinya perlu ada peningkatan kapasitas teknikal server, seolah-olah peningkatan kapasitas memory dan bandwidth.

Pernah dirinya mengalami pada tanggal 3 Sept 2016, dimana koneksi sistem chat di Bukalapak mengalami gangguan. Sehingga semua data history pesan yang keluar dan masuk secara tiba-tiba hilang tak tersisa.

Saat CS Bukalapak menginformasikan bahwa tidak menemukan catatan chat antara dirinya dan seller. Hal ini menciptakan dirinya kaget, sehingga langsung login dan ternyata semua history pesan hilang semua.

Namun sekitar setengah jam kemudian, dirinya kembali login dan menemukan bahwa history pesan di akun Bukalapak miliknya telah muncul kembali.

Tidak lama sehabis itu, pihak CS Bukalapak mengirim email yang isinya bahwa mereka telah membaca pesan chat antara dirinya dan seller. Pihak BL mengakui terdaapt kesalahan teknis pada sistem / server yang menyebabkab history chat menghilang sementara.

Point Reputasi Buyer
Di Bukalapak mempunyai sistem untuk memisahkan penilaian produk yang dibeli dan penilaian kualitas layanan penjual. Dengan begitu calon pembeli mampu mengetahui lebih detail tentang suatu lapak, sebaikmana kualitas produknya dan sebaliknya mana layanan yang diberikan si penjual.

Penutup
Fakta-fakta perihal kedua situs jual beli yang dikemukakan tersebut, tidak berarti menyatakan salah satu dari keduanya lebih unggul. Tulisan ini hanya sebagai referensi pada Anda untuk memilih berbelanja di Tokopedia atau Bukalapak sesuai dengan kebutuhan.

Tips Aman Melakukan Transaksi secara Online
Bagi pemula kemungkinan menalami rasa khawatir untuk melakukan transaksi secara online. Rasa khawatir ini wajar-wajar, mengingat banyaknya kasus penipuan secara online. Sebenarnya ada cara supaya Anda bisa melakukan transaksi secara online secara kondusif, yaitu:
  1. Sebelum Anda membeli maka harus mengcek deskripsi produk dan reputasi web atau lapak jual beli online yang Anda kunjungi. Dalam hal ini, Anda harus teliti, terutama saat akan membeli produk yang harganya mahal.
  2. Anda perlu waspada kalau mememukan bentuk metode pembayaran yang tidak biasa dan mempunyai kesan tidak masuk akal. Termasuk Anda perlu curiga ketika menemukan metode pembayaran tunai via pos.
  3. Jangan bermudahan dalam memberikan gosip pribadi, terutama pada informasi keuangan online dan offline.
  4. Anda perlu waspada kalau mendapati email atau telepon yang menanyakan gosip rekening Anda. Perusahaan besar seakan-akan eBay dan Paypal tidak pernah meminta password atau gosip keuangan lainnya melalui email dan telepon.
  5. Jangan mudah terpengaruhi anjuran barang murah yang tiba dari e-mail, ataupun dari lapak jual beli online.
  6. Pertimbangkanlah cara pembayaran, dimana pembayaran yang umumnya dilakukan yaitu menggunakan layanan PayPal dan transfer bank. Lebih cantik lagi kalau menggunakan sistem COD (ketemuan di tempat).
  7. Penting menyimpan dengan baik bukti transaksi, simpan juga info deskripsi produk dan harganya. Selain itu, jangan dihapus history chat yang Anda lakukan dengan pihak penjual, atau jangan dihapus e-mail antara Anda dengan penjual.