9 Keunggulan Produk Smartphone Google Pixel (Dari Segi Kamera, Chipset, Penyimpanan Tak Terbatas, dll)

Google sepertinya mengakhiri penjualan ponsel Nexus series, bahkan Google telah menarik Nexus 5X dan 6P dari pasaran. Perusahaan Google dan HTC bekerja sama membuat sebuah produk gres yang bernama Google Pixel.

Google Pixel mengusung sistem OS Android Nougat, sekarang seri Smartphone Google Pixel dan Google Pixel XL akan menggantikan seri Nexus dengan berbagai fitur canggih.

Ponsel cerdas ini dikembangkan oleh Google dan HTC, akan tetapi tidak seolah-olah yang lainnya, Google Pixel ini ternyata tidak mencantumkan HTC sebagai Vendor. Google Pixel resmi diperkenalkan dan dilabeli sebagai Flagship Premium.

Dengan begitu, Google secara resmi meluncurkan produk ponsel cerdasnya ini sebagai pengganti Nexus. Walaupun dibuat oleh perusahaan HTC, tetapi pada produknya ini Google benar-benar membuat desainnya sendiri.

Google Pixel and Pixel XL Smartphones
Google Pixel and Pixel XL Smartphones | Sumber gambar: Wikimedia.org Flickr.com

Bahkan pada produknya ini, Google menyebutnya dengan iPhone dari Google. Dimana kedua produk ponsel cerdas ini bahan desainnya dibuat metal alumunium, hal ini mampu terlihat terperinci pada bodynya.

Bagian desain lainnya yang menarik, yaitu pada belakang smatphone didesain dengan berupa setengah belahannya dilapisi beling.

Hal lainnya yang menarik, pada bagian cover belakang terdapat sensor sidik jari yang dinamakan dengan Pixel Imprint.

Dengan hadirnya produk gres Google yaitu Pixel ini, maka hal ini menjadi tanda akan berakhirnya seri Google Nexus. Produk ini didesain dengan dua macam ukuran layar, yaitu Pixel dengan 5 inci Full HD dan Pixel XL 5,5 inci Quad HD.

Dirilisnya produk Google Pixel tampaknya digadang-gadang untuk menghabisi flagship Apple maupun Samsung. Produk Google pixel ini didesain dengan menyertakan chipset terkuat dari Qualcomm di dalam, yaitu Snapdragon 821 dengan kapasitas RAM 4GB.

Disamping itu Google mengklaim bahwa kamera dari smartphone produknya yaitu yang terbaik dari smartphone-smartphone yang pernah ada.

Keunggulan Produk Smartphone Google Pixel

1. Menyediakan Space Penyimpanan Tak Terbatas untuk Foto dan Video
Google Pixel disebut mempunyai kualitas kamera yang sangat mumpuni dan mampu diandalkan, namun dengan kualitas kamera yang tinggi maka hasil gambar jepretan maupun video rekaman juga akan sangat tinggi ukurannya.

Anda tidak perlu cemas dari kehabisan ruang penyimpanan data di smartphone, hal itu karena Google memberikan fitur yang sangat menarik dengan menyampaikan secara gratis penyimpanan data berbasis cloud yang unlimited, baik itu untuk file data berupa foto maupun video.

Foto atau video yang ingin diupload juga bebas, tanpa adanya batasan resolusi termasuk video 4K.

2. Dibuat Dengan Chipset Terkuat
Smartphone ini dilengkapi chipset Qualcomm yang merupakan terkuat saat ini, yaitu Snapdragon 821, dimana chipset ini mempunyai performa 10 persen lebih cepat dan kuat dibandingkan chipset Snapdragon 820.


3. Memiliki Kamera Yang Sangat Baik
Google Pixel didesain dengan kualitas kamera sebesar 12 megapiksel dengan ukuran piksel 1,55 mikron dan diafragma F/2.0. Hal yang cukup menimbulkan perhatian bahwa desain lensa kamera Pixel ini tidak menonjol bentuknya, namun Google mengklaim bahwa kamera dari smartphone produk buatannya ini merupakan yang terbaik kualitasnya dibandingkan dari kamera ponsel cerdas yang pernah ada.

Pada pengujian kamera yang dilakukan oleh DxOMark, smartphone Google Pixel memperoleh skor 89 pada pengujian yang dilakukannya. Dimana skor ini adalah skor tertinggi yang pernah diperoleh kamera smartphone.

DxOMark melakukan pengujian pada banyak segi seperti kualitas warna, autofocus, tekstur, kebisingan, artefak, flash, serta paparan dan kontras.

Kelebihan dari kamera Google Pixel menurut hasil pengujian DxOMark yaitu memiliki eksposur yang akurat dengan kontras dan white balance yang sangat baik, serta autofocus yang cepat.

Hasil foto maupun video memiliki warna yang hidup dan menyenangkan. Keseimbangan warna putih yang bagus, dalam segala kondisi. Dalam mode video memiliki rendering warna yang bagus

Laman Wired.com memuji hasil tangkapan warna, ketajaman, dan dynamic range (rentang tangkapan tonal dari gelap hingga terang), yang dinilai melebihi ponsel-ponsel yang ada sejauh ini. Walaupun pengguna tidak mendapat fitur zoom atau soft focus seperti halnya yang ada pada iPhone 7 Plus, namun hasil foto dari smartphone Google Pixel ini sangat bagus.

Nantinya, hasil-hasil jepretan foto pengguna Pixel akan secara otomatis diupload ke Google Photos. Google menyediakan ruang penyimpanan (cloud storage) yang tidak terbatas untuk foto dan video.

Adapun beberapa kelemahan dari kamera smartphone ini yaitu ditemukannya sedikit penyimpangan dari autofokus, dan pada flash ditemukan sedikit paparan dan penyimpangan white balance.

Kelemahan pada mode video yaitu ditemukan sedikit blur pada pemandangan berjalan dalam kondisi kurang cahaya. Efek judder dan jello kadang terlihat.

4. Pixel Launcher dan Android 7.1 Nougat
Google “menancapkan” Android versi terbaru yaitu 7.1 Nougat pada smartphone terbarunya ini, Dimana versi OS Android versi 7.1 ini mempunyai fitur yang lebih banyak. Salah satu fiturnya yaitu Night Light yang ternyata fitur ini ibarat-mirip dengan fitur Night Shift punyanya Apple.

Fitur-fitur lainnya yaitu support Daydream VR, gesture untuk sensor fingerprint, dan lainnya. Adapun desain tampilannya mempunyai antarmuka yang fresh dan terlihat elok.

5. Stock Google Experience
Walaupun bagaimanapun, produk bru Pixel ini ialah penerus dari Nexus. Dengan dibelakangnya yaitu Google sebagai pembuatnya, pengguna smartphone Pixel akan mempunyai pengalaman menggunakan Android yang murni, yang bebas dari bermacam bloatware.

Dimana umumnya bloatware ditancapkan ke dalam smartphone berbasis Android oleh para pabrikan pembuatnya, yang seringkali bloatware tersebut hanya sebagai “hiasan” saja oleh para penggunanya (tidak dipakai).

loading...

6. Google Assistant
Hal yang sangat menarik dari Smartphone Pixel ialah didesain dengan fitur ajudan digital, yang merupakan kecerdasan buatan oleh Google, yang dinamakan dengan Google Assistant. Ada yang menyampaikan bahwa Google Assistant setingkat lebih pintar dari Google Now.

Kedepannya para pengembang pihak ketiga mampu mengintegrasikan Google Assistant dalam produk buatan mereka sendiri. Sehingga nantinya bisa digunakan dimana saja dan pada aplikasi apapun.

Theverge.com menyampaikan bahwa kemampuan Google Assistant sangat mengagumkan untuk mampu mengerti apa yang saya mau. Perangkat lunak ini hampir selalu benar, bahkan di lingkungan yang berisik, dan bahkan ketika koneksi data tidak bagus.

Adapun laman Cnet menjelaskan hal senada bahwa Assistant memakai AI bot dan database Google untuk menjawab aneka kebutuhan pengguna, seolah-olah untuk mencari rute ke lokasi tujuan tertentu, mencari daerah makan, menerjemahkan bahasa dan banyak lainnya. Semakin sering Anda menggunakannya maka nantinya akan semakin banyak dipelajari Google Assistant untuk mampu mengerti wacana Anda.

7. Google Day Dream
Platform virtual reality Google yaitu Daydream, kini dimunculkan ke dalam sebuah perangkat, sehingga kini bukan hanya rencana atau teori saja. Perangkat Daydream View ini ialah sebuah headset yang layaknya Cardboard (Gear VR).

Hanya saja Daydream View tidak dapat dapat dipasangkan pada segala jenis smartphone, akan tetapi hanya mampu dipasangkan dengan smartphone yang support pada Daydream ini, seakan-akan smartphone Pixel yang dibahas saat ini. Adapun kedepannya derma untuk aneka macam platform kemungkinan akan ditingkatkan.

8. Flagship Yang Sesungguhnya
Produk Nexus disebut-sebut sebagai smarpthone flagship dengan harga yang terjangkau. Namun, hal itu tidak terjadi pada Produk Pixel yang dibanderol dengan harga tinggi, yang harganya ternyata juga semahal Galaxy S7 ataupun iPhone.

Hal ini bergotong-royong wajar lantaran Pixel telah dibuat dengan memenuhi kriteria sebagai smartphone kelas wahid. Didesain dengan bentuk yang premium, chipset berteknologi tinggi, kamera berkualitas tinggi, RAM 4 GB, tersedia fitur Google Assistant, Daydream VR, dan lainnya.

loading...

9. Desain dan Lainnya
Google Pixel ini didesain dengan layar seluas 5.0 inchi yang support panel AMOLED capacitive touchscreen, dan memiliki kedalaman warna sampai 16 juta warna.

Hal lainnya yang cukup mahir smartphone ini support pada resolusi full HD 1080 x 1920 pixels, yang memiliki kepadatan layar 441 dpi. Dengan desainnya ini maka Google Pixel memiliki kualitas layar yang cemerlang.

Kemudian pada permukaan layar dilengkapi dengan fitur multitouch, didesain dengan beling layar 2.5D Curved Glass dan telah diberikan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 4.

Bodi ponsel cerdas ini dibalut dengan material metal alumunium. Pada baigan belakang casing belakangnya dibalut dengan kaca, yang menjadikan ponsel Pixel ini memiliki tampilan berkelas dan mewah. Dimensinya yaitu 143.8 x 69.5 mm dengan ketebalan 8.5 mm, adapun beratnya 143 gram. Adapun untuk Pixel XL beratnya lebih dari itu.

Smarthphone ini didukung processor Quad-Core 2.1 GHz yang diperkuat RAM 4 GB, hal ini membuat proses multitasking dan komputasinya mampu berjalan selalu lancar tanpa lag. Pada serpihan grafis dilengkapi dengan GPU Adreno 530 yang mempunyai kualitas grafis lebih halus dan detail.

Pada jaringannya, tersedia slot nano SIM yang menyampaikan akomodasi berupa jaringan GSM, HSDPA, dan LTE (LTE Cat9 450/50 Mbps atau LTE Cat11 600/75 Mbps).

Anda mampu browsing di internet dengan kecepatan opsional yaitu HSPA 42.2/5.76 Mbps, GPRS-EDGE dan support untuk menangkap sinyal Wi-Fi dan Hotspot.

Adapun Konektivitas yang terdapat pada produk Pixel yaitu Bluetooth, USB V 3.0, GPS, Browser, NFC, dan USB Type C yang fleksibel.

Terdapat fitur Quick Charge yang berfungsi untuk mempercepat proses pengisian daya baterai.

Kelemahan Smartphone Google Pixel
Kelemahannya yaitu kapasitas baterai yang disediakan masih sangat standard, dan hanya support sebatas processor Quad Core. Kelemahan lainnya yaitu tidak tersedianya fasilitas terusan memori eksternal, yang menciptakan Anda tidak mampu untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan data.

New York Times menyoroti kinerja Pixel yang disebutnya lebih rendah dibandingkan perangkat-perangkat lain yang sekelas. Dimana pada pengujian aplikasi mobile Geekbench, Pixel berada di sekitar 20 persen lebih pelan dibandingkan iPhone 7 dan Galaxy S7.

Theverge.com mengkritik rancangan smartphone Pixel yang tidak dirancang anti-air, bahkan menyebutnya sebagai keputusan yang “bodoh” dan juga menyebalkan, disaat para produsen lainnya telah menyertakan kemampuan anti-air pada produk-produk berkelasnya.

Kesimpulan
Keistimewaan Google Pixel ini salah satunya adalah sebagai smartphone berbasis Android pertama yang mengadopsi Nougat 7.1. Versi OS Android ini di dalamnya telah dimasukan fasilitas asisten eksklusif yang diberi nama Google Assistant. Untuk fungsinya ibarat-mirip dengan Siri dan Cortana.

Tidak diragukan lagi bahwa Pixel dan Pixel XL yaitu produk ponsel cerdas kelas atas. Harga Google Pixel varian termurah ialah 32GB dibanderol US$649 (sekitar Rp 8,5 juta), dan Pixel 128GB harganya adalah US$749 (sekitar Rp 10 juta).

Adapun Pixel XL versi 32GB harganya US$769 (sekitar Rp 11 juta), dan Pixel XL 128GB dibanderol US$869 (sekitar Rp 12 juta).

Adapun harga Google Pixel di Indonesia, maka akan lebih mahal lagi. Di situs JD.ID Pixel varian 32GB dibanderol dengan harga Rp 11,399,000. Dan di beberapa toko online terkemuka telah tersedia Pixel varian 128GB yang dibanderol dengan harga lebih dari Rp 14 Juta.

Harga Google Pixel di Indonesia sangat mahal, bahkan harganya melebihi iPhone 7 maupun Samsung Galaxy S7 Edge yang umumnya dijual dengan harga Rp 10 Jutaan.