27 Cara Meningkatkan Daya Ingat, Konsentrasi & Kekuatan Berpikir

Tentunya pada setiap orang mempunyai kekuatan daya ingat dan konsentrasi yang tidak sama.

Memiliki daya ingat dan konsentrasi yang kuat sangat penting semoga aktivitas Anda bisa berjalan dengan lancar, serta menciptakan produktivitas menjadi lebih tinggi.

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan daya ingat dan konsnetrasi. Dimana ingatan itu layaknya organ tubuh yang mampu dilatih biar bisa lebih baik.

Melatih daya ingat dan konsentrasi semoga lebih baik adalah hal yang sederhana, tapi kuncinya ialah praktek bukan hanya teori. Butuh usaha yang sungguh-sungguh agar daya ingat dan konsentrasi Anda mampu menjadi lebih baik.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
Sumber gambar: Pixabay.com

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

1. Miliki Tidur yang Berkualitas
Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Neurobiology of Learning and Memory menemukan bahwa tidur malam yang cukup dan berkualitas bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Penelitian ini dilakukan dengan menampilkan 20 foto wajah berisi data namanya kepada 14 peserta yang menjadi relawan dalam penelitian ini. Rata-rata umur akseptor penelitian ini berusia sekitar 20 tahun lebih.

Dua belas jam kemudian, para peserta akan diminta untuk mencoba mengingat wajah dan nama dari foto yang sudah ditunjukkan sebelumnya.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa ketika penerima memperoleh waktu tidur malam yang nyenyak dan mencukupi, kemampuan mereka menjadi sangat baik dalam mengingat nama dan wajah. Keyakinan mereka dalam menjawab mampu meningkat secara signifikan.

Peneliti menyebutkan bahwa dengan memperoleh kualitas tidur malam yang baik dan cukup sesudah belajar hal-hal baru, maka hal ini mampu membantu agar apa yang dipelajari bisa selalu diingat.

"Kita tahu bahwa aneka macam macam kenangan bisa ditingkatkan dengan tidur (yang cukup). “ ujar Jeanne Duffy.

Jeanne Duffy ialah seorang neuroscientist di hospital's division of sleep and circadian disorders.

"Tidur sangat penting untuk mempelajari isu baru. Semakin bertambahnya usia (menjadi tua), orang-orang lebih rentan mengalami gangguan tidur, yang pada gilirannya menyebabkan kasus penurunan daya ingat," kata Duffy.

"Dengan mengatasi gangguan tidur (sehingga memperoleh tidur berkualitas), hal ini berguna untuk memengaruhi kemampuan orang dalam mencar ilmu"

Pada beberapa studi lainnya telah pertanda bahwa tidur siang juga mampu memperkuat memori (daya ingat) dan meningkatkan konsentrasi.

Tidur yang cukup juga penting dilakukan semoga konsentrasi saat bekerja di kantor bisa tetap terjaga sepanjang hari. Kurang tidur di malam hari ternyata mampu menimbulkan volume otak menjadi menyusut.

Sehingga terlalu sering kurang tidur mengakibatkan penurunan fungsi otak dan konsentrasi melemah. Sebaliknya dengan mempunyai waktu tidur yang cukup maka konsentrasi menjadi lebih baik.

Sebuah studi menemukan bahwa orang cukup umur yang memperoleh tidur yang cukup mempunyai mental yang lebih baik daripada orang remaja yang waktu tidurnya kurang.


2. Jangan Memikirkan Hal yang Tidak Penting
Memikirkan terlalu banyak hal ternyata mampu membuat Anda sering lupa, sehingga hindari memikirkan hal-hal yang tidak penting atau tidak berguna.

Selain itu, hindari memikirkan atau mengerjakan banyak hal secara bersamaan (mulitasking) karena kesannya daya ingat akan menurun.

Kinerja otak bergotong-royong tidak bisa untuk mengerjakan banyak hal secara bersamaan, bila dipaksakan maka Anda akan sulit fokus. Keadaan seolah-olah ini jikalau berlangsung dalam waktu lama maka bisa menimbulkan daya ingat dan konsentrasi menurun.

Disebutkan bahwa otak memerlukan waktu sekitar delapan detik untuk bisa menyimpan berita di dalam memori.

Sehingga dalam kehidupan sehari-hari Anda harus rileks, jangan terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu, dan jangan melaksanakan banyak hal secara bersamaan. Menerapkan hal ini dalam kehiupan Anda, akan bermanfaat supaya kekuatan daya ingat dan konsentrasi Anda meningkat.

Hindari juga berpikir berlebihan, yang memikirkan hal-hal yang belum tentu bermanfaat. Berpikir berlebihan biasanya terjadi ketika Anda sedang menghadapi sebuah kasus atau tantangan. Yang menciptakan Anda berpikir untuk membuat keputusan.

Rasa takut atau kekhawatiran berlebihan dalam mengambil keputusan menyebabkan Anda menjadi berpikir berlebihan. Padahal, pada sebuah penelitian yang telah dilakukan bertahun-tahun mengungkapkan bahwa sangat banyak berpikir belum terbukti bakal selalu berakibat baik.

Sebaliknya, berpikir berlebihan justru akan menghambat penyelesaian kasus. Dimana berpikir berlebihan menimbulkan seseorang sulit berpikir rasional, serta berakibat hilangnya inisiatif dan motivasi. Selain itu, menyebabkan gangguan pada kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

Penelitian bahkan menyebutkan bahwa terlalu banyak berpikir menyebabkan seseorang menjadi cenderung ingin minum-minuman keras.

Untuk mampu berhenti “overthinking”, maka ketahui dahulu apakah perkara yang dihadapi terlalu berat, berpikir berjam-berjam tidak akan membuahkan hasil, jikalau keadaannya demikian maka hentikan berpikir ihwal hal itu.

Kemudian pilihkan teman yang menciptakan Anda ceria. Hindari orang-orang yang bikin Anda gundah, murung, dan mikir yang bukan-bukan.

Selain itu, buatlah program atau rencana tertulis, karena kebiasaan overthinking membuat Anda memikirkan segala sesuatu dengan tidak terstruktur. Walaupun berpikir, tapi tidak terang arahnya. Juga hindari berpikir biar mampu sempurna, karena hanya akan menyampaikan beban saja.

3. Visualisasikan Ingatan dengan Gambar
Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di University of Helsinki, menemukan hasil penelitiannya bahwa mengingat suatu informasi yang dilakukan dengan gambar visualisasinya, hal ini ternyata mampu memudahkan otak untuk memanggil kembali ingatan tersebut dengan cepat.

Sehingga, hal ini kemungkinan menjadi alasannya mengapa orang lebih mudah untuk mengingat komik yang dibaca daripada text biasa. Demikian juga bahwa data yang berbentuk infographic lebih simpel diingat daripada data pada layout biasa.

Anda mampu mencoba mem-visualisasikan ingatan dengan menghubungkan hal yang harus Anda ingat pada sebuah benda. faktanya, 65% orang bisa mencar ilmu lebih praktis dan cepat dengan metode melaksanakan visualisasi.

Contohnya ketika Anda memiliki akad makan siang, dimana Anda mempunyai kebiasaan makan siang dengan lauk ayam goreng.

Maka Anda bisa mem-visualisasikan makan siang dengan ayam goreng. Anda juga bisa membayangkan siang dengan kondisi langit yang terang dan suhu panas.

Adanya jembatan ingatan ternyata bisa memudahkan otak untuk bekerja lebih baik dan efektif.

4. Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Otak
Setiap kuliner mempunyai kandungan nutrisi masing-masing, dimana terdapat makanan tertentu yang mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan.

Ikan salmon ialah sumber asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang bermanfaat besar dalam meningkatkan perkembangan fungsi otak.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa orang-orang yang memperoleh asupan asam lemak omega-3 yang mencukupi, mempunyai kemampuan berpikir yang lebih tajam.

Ahli kesehatan juga menjelaskan, walaupun ikan tuna mengandung asam lemak omega-3, tapi kandungannya tidak sebanyak yang ada di dalam salmon.

Telur sudah populer diketahui kaya akan kandungan protein. Meskipun mengandung kolesterol, namun potongan kuning telur mempunyai kandungan kolin yang sangat tinggi. Kandungan kolin bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan perkembangan daya ingat.

Buah berry seperti stawberry, blueberry, blackberry dan raspberry mempunyai kandungan antioksidan yang sangat kaya. Penelitian telah memperlihatkan bahwa kandungan ekstrak dari buah berry berguna untuk membantu meningkatkan daya ingat. Selain itu, biji dari buah berry memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfat untuk otak.

Kacang tanah mapun selai kacang kaya akan kandungan vitamin E, tiamin dan antioksidan, keuntungannya mampu melindungi membran-membran sel saraf. Manfaat lainnya untuk membantu sel saraf dan otak dalam memproses glukosa sebagai kebutuhan energi bagi otak, sehingga fungsi otak meningkat.

Gandum murni mengandung serat yang berguna untuk membantu proses pelepasan glukosa dalam tubuh agar berjalan dengan baik. Selain itu terdapat kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Daging sapi tanpa lemak adalah sumber mineral zat besi. Manfaat kandungan zat besi ini berperan penting untuk memperkuat konsentrasi dan juga memberikan energi bagi badan untuk beraktivitas seharian. Kandungan lainnya yaitu seng, bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat.

Sayuran berwarna seakan-akan bayam, tomat, wortel, labu dan ubi jalar, kaya akan kandungan nutrisi yang termasuk antioksidan. Manfaat mengonsumsi sayuran berwarna adalah untuk menjaga kesehatan sel-sel otak.

Jenis asupan atau kuliner lainnya yang bermanfaat untuk menajaga kesehatan dan fungsi otak, termasuk dapat memperkuat konsentrasi dan meningkatkan daya ingat yaitu:
  • Oatmeal (mengandung seng, potasium, vitamin B, vitamin E).
  • Kacang-Kacangan (mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin, mineral)
  • Susu dan Yoghurt (mengandung vitamin B dan protein yang tinggi).


5. Pastikan Melakukan Sarapan Setiap Hari
Jangan pernah mengabaikan sarapan. Hasil penelitian telah pertanda bahwa rutin melaksanakan sarapan sanggup bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan perhatian terhadap sesuatu.

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa seorang siswa yang melakukan sarapannya di pagi harinya sebelum berangkat ke sekolah, mempunyai performa berguru yang lebih baik daripada siswa yang tidak rajin sarapan. Siswa lebih sanggup konsentrasi dan menyerap pelajaran dengan baik.

Manfaat sapapan juga untuk memperkuat daya tahan tubuh dari penyakit, serta memberikan energi bagi badan untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Tetapi jangan melaksanakan saparan dengan mengkonsumsi makanan secara berlebihan, karena penelitian pertanda bahwa kelebihan kandungan kalori saat sarapan akan menurunkan kemampuan konsentrasi.

6. Jika Ada Waktu Luang, Coba Mainkan Game yang Dapat Melatih Otak
Memang sering bermain game itu tidak baik, tapi anda bisa menyisihkan sedikit waktu untuk memainkan game yang ternyata mampu bermanfaat untuk melatih kemampuan berpikir.

Tidak semua jenis game mampu bermanfaat untuk melatih otak, jenis game yang mampu melatih otak yaitu sudoku dan crosswords, atau Anda mampu memainkan jenis game lainnya yang mempunyai nilai edukasi.

Menurut Marcel Danesi, seorang penulis buku Extreme Brain Workout, menjelaskan bahwa bermain game yang bersifat edukasi seolah-olah sudoku dan crosswords sanggup bermanfaat untuk merangsang kerja otak, termasuk dapat memperkuat daya ingat.

7. Lakukan Olahraga Secara Rutin
Olahraga seolah-olah jongging, bersepeda atau hanya berjalan kaki selama 20-30 menit sudah dapat menekan jumlah kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Keberadaan hormon kortisol mampu memicu timbulnya stres dan merusak sel-sel otak.

Olahraga akan menciptakan tidur jadi lebih nyenyak. Dengan memiliki tidur yang nyenyak, ternyata dijelaskan oleh para jago kesehatan dapat berdampak baik pada kesehatan dan fungsi otak.

Olahraga yang dilakukan akan meningkatkan suplai darah ke organ otak, sehingga hal ini akan memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen ke otak.

Rajin melakukan olahraga akan mampu membantu meningkatkan kinerja otak. Olahraga mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta sanggup meningkatkan memori.

Pada sebuah riset, yang dilakukan dengan akseptor sebanyak 10 orang yang masih duduk di bangku Sekolah Menengan Atas. Hasil penelitian menemukan bahwa olahraga sanggup meningkatkan memori dan kecerdasan otak.

Penelitian dilakukan dengan meminta lima siswa melakukan hafalan dengan cara berdiam diri, adapun lima siswa lainnya diminta melakukan hafalan sambil bergerak / olahraga.

Hasilnya, kelompok siswa yang melakukan hafalan dengan cara latihan gerak mempunyai kemampuan menghafal lebih baik daripada kelompok siswa yang menghafal dengan berdiam diri.

Sehingga dengan hasil ini, memperlihatkan bahwa olahraga yang dilakukan akan berdampak baik pada kemampuan memori. Manfaat lainnya dari olahraga adalah menciptakan suasana hati menjadi leibh damai.

8. Teruslah Belajar
Belajar bukan hanya tugas orang-orang yang masih duduk di dingklik sekolah ataupun kuliah. Bagi Anda yang sudah bekerja pun tetap perlu melaksanakan yang namanya menuntut ilmu atau berguru.

Belajar aneka macam hal setiap hari akan menimbulkan Anda punya pengetahuan, wawasan, dan ilmu yang luas. Belajarlah pada hal-hal yang menjadi minat Anda.

Apalagi sekarang ini terdapat alat media komunikasi canggih yang mampu Anda gunakan untuk mencar ilmu aneka macam hal yang bermanfaat.

Belajar akan membuat otak menjadi aktif, sehingga hal ini akan memacu Anda untuk bisa meningkatkan kemampuan berpikir, menganalisa, mengingat dan fokus pada sesuatu.

loading...

9. Pastikan Kesehatan Anda Terjaga dengan Baik
Hindari stres dan depresi, karena selain dapat menimbulkan perkara kesehatan serius, juga berdampak buruk pada kemampuan konsentrasi dan daya ingat.

Penyakit seolah-olah kelenjar tiroid dan diabetes juga mampu berefek negatif pada daya ingat. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan kesehatan badan.

Hindari minuman beralkohol lantaran dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Konsumsi alkohol sangat dikhawatirkan akan menjadi racun bagi otak.

Para pecandu alkohol awalnya mempunyai kasus dengan daya ingat jangka pendek, tetapi setelah itu usang-kelamaan mampu semakin parah dengan terjadinya gangguan daya ingat jangka panjang.

Kekurangan asupan vitamin tertentu mampu menimbulkan penurunan daya ingat. Vitamin B12 diperlukan bagi otak biar bisa berfungsi secara maksimal.

Vitamin B12 membantu sistem peredaran darah di dalam tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan otak. Vitamin ini terkandung di dalam telur, ikan, susu, daging, unggas dan susu.

10. Jika Sulit Mengingat Nama, Maka Setiap Berkenalan Coba Ucap Ulang Namanya Tiga Kali
Ada sebuah diam-diam menarik dari presiden Amerika Franklin Roosevelt, dirinya memakai metode ini untuk mengingat nama. Sehingga dirinya tidak pernah kesulitan dalam mengingat nama-nama staffnya selama menjabat sebagai presiden.

Ketika diperkenalkan dengan seseorang, maka presiden Roosevelt akan mencoba mengulang nama itu sebanyak tiga kali di dalam hati, hal ini menciptakannya mudah untuk mengingat nama-nama orang yang baru saja dikenalnya.

Apabila Anda yaitu orang yang sulit untuk mengingat nama, maka Anda mampu memakai metode ini sehingga bisa lebih efektif dalam mengingat.

11. Fokus Saat Berdialog
Saat berbicara dengan orang lain. Kondisi gangguan pikiran menimbulkan seseorang tidak mampu fokus, serta daya ingat cenderung lemah, sehingga menjadi praktis lupa.

Zaldy S. Tan menjelaskan bahwa lupa itu tanda bahwa seseorang sedang sibuk. Ketika Anda tidak memperhatikan sesuatu dengan baik, maka ingatan menjadi tidak berpengaruh, sehingga kesulitan jika harus mengulang apa yang diingat sebelumnya.

Zaldy S. Tan ialah seorang eksekutif Memory Disorders Clinic di Beth Israel Deaconess Medical Center.

12. Rajin Menulis
Saat menulis, hal itu akan melibatkan lebih banyak indera. Makaranya seperti melekat di pikiran bawah sadar gitu.

Ketika seseorang menulis apa yang didengarnya, ternyata itu bisa membuatnya lebih praktis mengingat kembali apa yang didengar dan ditulisnya sebelumnya, padahal tidak melihat catatan yang ditulis.

Sehingga ketika sudah ditulis, jadi seakan-akan otomatis teringat, meskipun tanpa niat untuk mengingatnya. Tampaknya itu adalah luar biasanya dari pikiran bawah sadar.

13. Cintai Makanan yang Banyak Mengandung Omega 3
Pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2012, peneliti dari University of Pittsburgh menemukan bahwa konsumsi asupan omega 3 sanggup bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat pada orang cukup umur.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan oleh gabungan peneliti dari University of Columbia, menemukan bahwa konsumsi kuliner yang tinggi akan kandungan asam lemak omega 3 bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit Alzheimer.

Kandungan omega 3 banyak terkandung di dalam salmon, tuna, buah kenari, kubis, biji labu, dan kerang. Anda bisa mampu mengambil embel-embel instan kandungan omega 3, yang bermanfaat untuk otak.

14. Ajarkan Orang Lain
Mengajarkan orang lain dari apa yang Anda ketahui, maka dapat membantu Anda biar mampu mengingatnya secara permanen. Mengajarkan orang lain akan menciptakan Anda mampu mengingat lebih kuat dari apa yang telah Anda ajarkan.

Hal ini menimbulkan mengapa seorang mentor, guru, dan dosen, ustadz dan pemateri mampu dengan mudahnya untuk berbicara  dan menjawab aneka macam pertanyaan yang masuk, lantaran sudah sangat sering menyampaikan (mengajarkan) ilmu di bidangnya.

Loading...

15. Mendengarkan Mp3 / Rekaman Audionya
Jika Anda ingin mengingat sesuatu materi atau pelajaran dengan simpel, maka ada cara yang agar Anda bisa mengingatnya dengan santai tetapi ampuh, yaitu dengan menyiapkan rekamannya kemudian diputar berkali-kali, maka Anda bisa dengan simpel mengingatnya.

16. Jangan Sepelekan Tidur Siang
Cobalah untuk mengehentikan aktivitas lalu lakukan tidur siang sekitar 30-60 menit. Faktanya bahwa tidur siang ampuh untuk meningkatkan daya ingat. Hal ini berdasarkan hasil penelitian, yang disampaikan oleh para peneliti dari NASA.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2008, menemukan bahwa aktivitas otak ketika seseorang melakukan tidur siang ternyata akan bisa lebih maksimal fungsinya daripada orang yang tidak tidur siang.

Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan peneliti dari University of California, menemukan penyebab orang tua lebih mudah lupa, sedangkan belum dewasa lebih cantik daya ingatnya ketika berguru. Hal itu karena orang bau tanah sering  tidak tidur siang, sedangkan belum dewasa umumnya rutin melakukan tidur siang.

Sebenarnya, secara umum hal itu lebih kepada kecukupan tidur keseluruhan, bukan di tidur siangnya. Jika Anda mengalami kurang tidur di malam hari, maka Anda pada siang harinya harus melakukan tidur siang agar otak bisa kembali fresh.

Adapun jika tidur malamnya sudah terlalu usang, maka tidak dsarankan untuk tidur siang.

Oleh lantaran itu, bila umumnya orang mempunyai waktu tidur keseluruhan sebanyak 8 jam dalam sehari. Maka disarankan untuk tidur malam selama 7 jam, lalu tidur siang selama satu jam.

17. Batasi Kosumsi Makanan yang Manis-Manis
Suka mengemil makanan yang manis-manis, apalagi bila malas untuk makan sayur-sayuran hijau akan bisa menyebabkan seseorang praktis lupa. Demikian juga bila Kita perhatikan pada orang-orang yang terkena diabetes, yang umumnya gula darahnya tinggi, mereka banyak yang mengalami kasus mudah lupa.

18. Buang Pikiran Yang Buruk
Mengisi pikiran dengan hal-hal yang jelek ternyata sangat berbahaya, selain merusak hati dan pikiran, juga menciptakan Anda menjadi sulit konsentrasi dan mudah lupa.

Buang rasa iri, dengki, dendam dan cita-cita yang jelek lantaran dapat merusak hati. Termasuk yang juga harus Anda hindari ialah menonton film-film yang tidak pantas untuk dilihat.

19. Jangan Panik, Jadilah Orang yang Tenang
Karena seseorang marah, panik atau emosi tidak terkontrol, hal ini mengakbiatkan mengecilnya kiprah budi. Sedangkan seperti diketahui bahwa info terdahulu tersimpan di kecerdikan. Ketika Anda sering panik atau marah, hal ini berakibat jelek pada sulitnya memanggil ingatan  terdahulu.

20. Hiduplah Dengan Teratur
Jika Anda sering melupakan suatu aktivitas atau komitmenan. Maka mulailah untuk hidup lebih teratur atau terorganisir. Anda perlu menyisihkan waktu pada setiap harinya untuk mengatur acara atau rencana dengan jelas. Kalau mampu anda install aplikasi organizer di smartphone.

Jika dalam setiap harinya Anda mempunyai acara harian yang terperinci, ternyata hal ini menciptakan Anda bisa lebih fokus dan tinkgat konsentrasi terhadap sesuatu juga meningkat. Oleh lantaran itu, penting untuk menerapkan gaya hidup yang teratur.

21. Bergaul dan Bersosialisasi dengan Baik
Bersosialisasi dan bergaul akan mengasah otak untuk mengingat peristiwa atau momentum tertentu. Bersosialisasi dengan baik akan berdampak baik pada kehidupan sosial, kesehatan badan, hingga mampu memperkuat daya ingat dan konsentrasi Anda.

Sehingga supel dan sederhana-lah dalam bergaul. Temui orang-orang yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik. Nanum ingat, pilih sahabat-teman yang faktual, hindari sahabat-teman yang malah menjerumuskan Anda kepada keburukan.

22. Jadilah Orang yang Rajin Membaca
Semakin banyak membaca maka daya ingat dan daya pikir semakin terasah. Otak itu bagaikan pisau, yang kalau diasah maka akan semakin tajam. Bacalah hal-hal yang memang menjadi minat Anda, selain melatih pikiran, rajin membaca tentunya akan meluaskan wawasan Anda.

23. Lakukan Aktivitas Yang Bisa Memperlancar Aliran Oksigen ke Otak
Aliran darah yang lancar sangat penting semoga suplai oksigen ke seluruh badan juga lancar. Oleh lantaran itu lakukan berbagai aktivitas yang mampu memperlancar ajaran darah di dalam badan. Aliran darah dan suplai oksigen yang lancar di dalam badan, bermanfaat penting untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

Ketika Anda berada di meja daerah kerja, maka jangan mendiamkan posisi tubuh terus-menerus. Cobalah melaksanakan gerakan-gerakan kecil, seperti peregangan, senam dan gerakan lainnya yang tidak terlalu banyak menyita waktu.

24. Fokus Kerjakan Satu Hal Hingga Selesai
Biasakan diri untuk mengerjakan satu hal sampai tamat, baru kerjakan hal lainnya, hal ini akan membantu Anda agar mampu lebih fokus. Hindari kebiasaan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, karena dampaknya menciptakan kekuatan konsentrasi menurun. Selain itu, hasil pekerjaan akan lebih maksimal.

25. Liburan dan Mencari Suasana Baru
Daya konsentrasi menjadi sangat lemah ketika seseorang jenuh karena mengerjakan sesuatu secara berulang-ulang, seolah-olah pekerjaan kantor atau di pabrik yang menciptakan jenuh.

Untuk mengantisipasinya maka manfaatkan cuti atau masa liburan, pergilah ke tempat-tempat yang menciptakan Anda damai, terutama kawasan yang memiliki udara sejuk.

26. Perbanyak Minum Air Putih
Kurang minum air putih akan menyebabkan tubuh lemas dan daya pikir menurun. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan konsentrasi menurun, dan kesulitan untuk fokus.

Oleh lantaran itu, pastikan Anda setiap jam untuk minum satu gelas air, hal ini akan menciptakan Anda mampu selalu segar dan memilik konsentrasi tinggi.

27. Sejenak, Pusatkan Perhatian Pada Satu Titik Fokus
Memusatkan semua perhatian pada satu titik fokus seolah-olah pada pemandangan, dedaunan hijau, atau bahkan hanya jari-jemari tangan. Hal ini mampu membantu pikiran Anda untuk mampu fokus dan konsentrasi.