15 Tips Penting Menggunakan Smartphone Android yang Baru Dibeli

Tentunya menggembirakan tatkala baru saja membeli smartphone baru Android, yang mempunyai banyak fitur-fitur canggih di dalamnya.

Tips Penting dalam Menggunakan Smartphone Android yang Baru Dibeli
Sumber gambar: Flickr.com

Kali ini akan dibahas tentang hal-hal yang perlu Kamu ketahui dan lakukan setelah membeli smartphone baru Android, tetapi sebelum itu akan disinggung perihal kiat dalam membeli smarphone baru.

Tips membeli smartphone baru

Dalam pemilihan brand atau merek dari produk smartphone yang ingin dibeli, maka hal yang mutlak untuk memilih produk yang sudah dikenal luas produknya, yang juga dikenal mempunyai kualitas yang baik. Disamping itu juga perlu mempunyai service center banyak, atau jaraknya tidak jauh dari kawasan Kota kamu berada.

Sehingga nantinya ketika menimpa hal buruk pada smartphone maka mampu diatasi dengan baik, lantaran suku cadang yang sudah tersedia dan tentunya original (dengan kualitas yang baik) di tempat resmi tersebut.

Kemudian perhatikan performa smartphone, pilih yang memang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Jika Kamu suka memakai smartphone untuk bermain game maka tentunya perlu membeli smarphone dengan spek tinggi, apalagi jikalau yang dimainkan yaitu game besar / HD. Kamu perlu memperhatikan spesifikasi yang besar untuk hardware CPU, RAM dan GPU.

Atau besaran memorinya tersebut mencukupi untuk persyaratan yang diminta oleh sistem game yang ingin Kamu mainkan. Untuk bermain game, maka umumnya RAM minimal adalah 1GB, atau usahakan lebih dari itu.

Adapun jika kamu memakai smartphone hanya untuk SMS, Telepon, mengakses media umum dan browsing, maka spesifikasi CPU, GPU dan RAM tidak perlu terlalu kamu perhatikan besarannya.

Ukuran layar
Dan untuk ukuran layar maka sesuaikan juga dengan kebutuhan, untuk ponsel dengan bentuk yang simple, mungil dan ringan maka sangat cocok untuk Kamu yang mempunyai kebiasaan menaruh ponsel ke dalam kantong celana, adapun untuk Kamu yang sering browsing (membuka web), entah untuk membaca warta, tips-tips dan lainnya, maka yang disarankan yaitu menggunakan layar yang lebih lebar, yaitu ukuran 5 inci atau lebih.

Untuk kapasitas baterai, semakin besar kapasitas baterai dan daya tahannya, maka akan lebih baik, minimalnya untuk kapasitas baterai yaitu 3000 mAh, usahakan lagi lebih dari itu lantaran lebh baik.

Tips-tips penting dalam menggunakan smartphone Android gres
Dengan membeli smartphone baru maka terdapat berbagai fitur yang canggih dan menyenangkan di dalamnya, yang membuat hidup menjadi mudah dengan keberadaan fitur-fitur tersebut. Berikut di bawah ini beberapa tips biar smartphone kau menjadi optimal, setelah sebelumnya Kamu membeli smartphone gres.

1. Gunakan metode keamanan Passcode
Sebagai pengguna smartphone, yang kita di dalamnya banyak menyimpan aneka macam data penting dan belakang layar, entah itu data-data berupa dokumen, foto, kontak dan lainnya. Jangan sampai bisa diperoleh oleh orang lain data-data belakang layar kita tersebut. Agar dapat mengamankan smartphone kita itu, maka mampu memanfaatkan sebuah fitur security yaitu passcode, yang biasanya ada di dalam setiap smartphone. Caranya :
  1. Kamu pergi ke sajian Settings
  2. Lalu pilih Security
  3. Pilih Screen Lock
  4. Pilih Passcode
  5. Setelah itu, ponsel Android milikmu akan menyampaikan pilihan passcode berupa pattern, PIN, atau password.
  6. Silahkan Kamu gunakan fitur tersebut.


2. Buatlah Akun Google
Ada banyak manfaat yang mampu Kamu peroleh dengan membuat atau memiliki akun Google, Kamu akan mendapatkan bayak fitur canggih yang ada di dalamnya, seolah-olah Kamu mampu mengakses aplikasi Gmail (untuk berkirim mail), YouTube (untuk upload video), Blogspot (membuat blog gratis), Drive (menyimpan data di internet) dan berbagai aplikasi canggih lainnya yang dapat Kamu gunakan.

Akun Google sendiri nantinya perlu untuk digunakan dalan mengakses aneka macam layanan Google (yang disebutkan diatas), selain itu untuk pengguna Android maka dapat mendownload banyak aplikasi maupun game di Play Store sevara mudah, cepat dan kondusif. Cara menciptakan akun Google untuk smartphone baru milikmu, yaitu:
  1. Mula-mula kunjungi halaman accounts.google.com
  2. Kemudian isi formulir pendaftaran
  3. Kemudian simpan gosip username dan password akun Google, yang nantinya mampu digunakan untuk login pada semua layanan login tersebut. Sehingga dengna mempunyai akun Google maka Kamu mampu login ke Youtube.com, Blogger.com dan layanan Google lainnya. Tanpa perlu registrasi pada layanan-layanan tersebut lagi.

3. Metode dalam menghemat baterai
Di dalam smarpthone milikmu terdapat berbagai akomodasi yang sangat banyak, yang tentunya canggih-canggih. Akan tetapi, bukan berarti Kamu setiap waktu memakai fitur-fitur tersebut, akan lebih baik untuk mematikan fasilitas yang dikala itu tidak Kamu gunakan.

Beberapa kemudahan yang memakan cukup banyak konsumsi baterai yaitu Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan NFC, tentunya fitur-fitur tersebut tidaklah Kamu gunakan pada setiap waktu, sehingga biar dapat menghemat penggunaan daya baterai, Kamu perlu mengatur pada aplikasi / fitur yang menghabiskan banyak daya baterai, untuk dimatikan atau diminimalisir.

Demikian juga dengan sistem kecerahan layar yang perlu diatur pada posisi otomatis, serta screen time out pada menit yang terendah (tetapi tetap perlu memerhatikan kenyamanan), sehingga ini efekif dalam menghemat baterai, yang nantinya Kamu tidak perlu sering-sering charge baterai. Untuk mengaturnya, langkah-langkahnya yaitu:
  1. Buka Settings
  2. Pilih Display
  3. Pilih Brightness dan Settings
  4. Pilih Display
  5. Pilih Sleep.
  6. Kemudian matikan fitur yang memang sedang tidak digunakan
  7. Kemudian setting tingkat kecerahan layar secara otomatis, atau juga mampu setting minimum dikala baterai low. Yang setting ini juga disesuaikan dengan kebutuhan Kamu.
  8. Kamu juga mampu setting hal-hal belahan lainnya, yang mampu menghemat konsumsi daya baterai.

4. Ganti Ringtone
Kamu mampu dengan simpel mengatur nada panggil, dimana sudah banyak disediakan yang menjadi bawaan dari ponsel Android yang Kamu beli, biasanya seperti itu. Atau Kamu juga bisa mengganti ringtone ponsel Android dari audio sendiri secara bebas, yang sesuai degnan impian kau , sehingga android milikmu akan menjadi lebih unik, caranya:
  1. Pergi ke sajian Settings
  2. Pilih Sound
  3. Pilih Phone ringtone
  4. Setelah itu Kamu pilih file audio yang diinginkan untuk nantinya digunakan sebagai ringtone.
  5. Pada umumnya, Kamu bisa memilih file audio dengan format MIDI atau MP3.


5. Gunakan fitur lacak lokasi perangkat Smartphone
Fitur ini sangat berguna ketika seseorang kehilangkan smartphone Android kesayangannya, dimana nantinya dengan donasi dari layanan yang diberikan Google, maka kau akan menerima fitur untuk pelacakan ponsel ketika hilang. Dimana fungsi fitur dari Google tersebut hampir sama dengan yang ada pada layanan aplikasi “Find My iPhone”.

Untuk memakai fitur pelacakan lokasi smartphone dari Google ini, maka pertama-tama kunjungi Google Device Manager, kemudian Login dengan akun Google milikmu. Kemudian kamu simpan alamat website itu.

Dimana nantinya ketika Kamu membuka alamat website itu, maka kau dapat melacak keberadaan perangkat smartphone milikmu, sehingga sangat berkhasiat ketika Kamu kehilangkan peranngkat smartphone.

Sebelumnya Kamu melakukan pengaturan yang ada di website itu. Download aplikasi 'Android Device Manager' di Play Store, kemudian lakukan pengaturan.

6. Mengganti Wallpaper
Agar tampilan smartphone Android Kamu menjadi lebih indah dipandang pada layarnya, maka Kamu mampu mengganti wallpaper scara praktis dan bebas, yang mampu Kamu ambil dari file gambar milikmu yang Kamu sukai. Langkah-langkah mengaturnya, pertama-tama saluran menu settings, lalu pilih Display, pilih Wallpaper, terakhir tinggal pilih file gambar milikmu yang Kamu inginkan menjadi wallpaper.

Biasanya Kamu dapat mengatur opsi wallpaper, yaitu tersedia yang bersifat statis (gambar biasa) dan tersedia model dinamis (yang berbentuk animasi).

Akan tetapi untuk penggunaan yang animasi (model dinamis) maka ini akan memakan cukup banyak daya baterai, sehingga baterai menjadi lebih bois.

Untuk itu disarankan untuk menggunakan yang gambar biasa saja (tidak dinamis), Kamu mampu memilih gambar kesukaan seakan-akan pemandangan dll.

7. Matikan saja fitur Auto-update
Semakin usang Kamu memakai smartphone maka akan semakin banyak aplikasi yang akan kamu pasang nantinya, sehingga smartphone akan terdapat banyak aplikasi di dalamnya. Layanan Play Store yang ada di dalam OS Android, mampunya menerapkan sistem untuk update aplikasi yang ada di dalam smartphone secara otomatis.

Sehingga akan memakan banyak kuota internt tanpa Kamu duga sebelumnya, juga akan memakan banyak daya baterai.

Oleh karena itu, jikalau Kamu berfikir bahwa update aplikasi yang ada di dalam smartphone Android bukanlah hal yang mesti segera dilakukan (bisa dilakukan manual nanti bila dibutuhkan olehmu), maka matikan saja fitur auto update.

Caranya buka menu Settings di Play Store, kemudian Kamu hilangkan tanda centang yang ada di bagian Auto-Update Apps

8. Manfaatkan penggunaan widget
Kamu mampu memanfaatkan fitur Widget dengan seperlunya saja, dimana manfaatnya Kamu dapat secara pribadi dan mudah untuk melihat banyak sekali isu yang eksklusif ditampilan pada halaman Home. Seperti mampu melihat secara pribadi haasil pertandingan sepak bola, berita nasional, brita internasional atau lainnya di halaman Home.

Sehingga Kamu tidak perlu mengunjungi halaman web atau membuka aplikasi terlebih dahulu. Tetapi letakan hal-hal penting saja sebagai widget (seperlunya saja), jangan memasang terlalu banyak isu di widget karna mampu memboroskan penggunaan baterai.

9. Gunakan pelindung samrtphone
Penggunaan pelindung “screen protector” pada perangkat ponsel ialah hal yang harus dilakukan, tujuannya supaya perangkat mampu terlindung dari kotoran luar, dan juga gesekan jari ketika digunakan pada layar. Dengan menggunakan pelindung ini maka fisik perangkat ponsel akan tetap mulus walaupun sudah bertahun-tahun digunakan.

Silahkan Kamu beli screen protector dan juga casing yang manis di counter atau kawasan service untuk melindungi fisik smartphone.

loading...

10. Hindari instal aplikasi yang asal-asalan
Kesalahan seakan-akan ini bantu-membantu tidak jarang menimpa para pengguna yang baru membeli smartphone, karena memang dengan kapasitas memori yang besar, sementara data ataupun aplikasi yang ada di dalam smartphone Android kosong atau masih sedikit, sehingga membuat para pengguna “smartphone gres” ini dengan seenaknya dan asal-asalan dalam menginstal aplikasi.

Yang parahnya bahwa tidak sdikit orang menginstal aplikasi yang tidak diketahui fungsinya, hanya coba-coba saja kemudian uninstal, tentunya kebiasaan ini kurang baik.

Kebiasaan yang seperti itu akan dapat membuat jelek kondisi smartphone Android kau, lantaran ada kemungkinan dari aplikasi yang Kamu instal terdaat acara malware bahkan virus, yang hal ini mampu merusak sistem smartphone.

Sehingga dalam menginstal aplikasi, pastikan bahwa pembuatnya terperinci (bukan developer ecek-ecek yang belum dapat dipercaya), kemudian coba pikirkan apakah aplikasi yang Kamu instal memang diperlukan.

Karena perlu diketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang kita instal maka akan menciptakan semakin berat dan usang kerja smartphone Android.

11. Charge smartphone dengan benar
Disarankan untuk menggunakan smartphone hingga baterai keadaannya 'hampir' habis total, sehabis muncul berita low battery maka gres charge smartphone hingga full. Kamu perlu membiasakan hal ini untuk mengurangi frekuensi charge, keculai jika dalam keadaan memang darurat atau buru-buru.

Selain itu, mungkin Kamu pernah mendengar isu bahwa ketika baru pertama kali memakai smartphone gres, Kamu disuruh untuk charge selama 8 jam dalam keadaan ponsel mati?

Maka ini hal yang kurang tepat untuk diikuti, pasalnya maksimal charge baterai paling lama yaitu 5 jam, lebih dari itu akan menyampaikan dampak buruk pada kesehatan perangkat atau komponen-komponen smarthone.

Sehingga yang lebih baik yaitu charge baterai hingga full, kemudian lepas charge dari smartphone.

12. Manfaat keyboard Alternatif
Mengetik di layar sentuh (dengan fitur touch screen) tentunya akan berbeda dengan mengetik di keyboard fisik seolah-olah ummunnya, yang penggunaan keyboard biasa sering digunakan ketika ponsel dengan fitur touchscreen masih jarang di Indonsia dulu.

Agar nantinya pengguna dapat lebih maksimal dalam mengetik maka terdapat beberapa aplikasi keyboard untuk smartphone Android Kamu, seperti SwiftKey dan Swype, yang dapat Kamu download dan gunakan secara gratis.

Download aplikasi SwiftKey untuk Android

Download aplikasi Swype untuk Android

13. Jangan lupa “Google Account Setup”
Ketika awal-awal menggunakan smarpthone Android baru Kamu, Kamu nantinya masuk ke cuilan setup akun Google. Walaupun sesungguhnya ada opsi untuk skip setup pada potongan ini, akan tetapi yang sangat direkomendasikan yaitu lebih baik melaksanakan set up. Jika sebelumnya Kamu skip, maka disana tetap akan ada Ikon setup akun Google, yang akan ada terus. Dan nantinya hilang setelah akun terverifikasi dan login

Direkomndasikannya set up ini lantaran untuk menghubungkan dan mempermudah penggunaan banyak aplikasi Google dan Android Market, kemudian juga untuk integrasi kalender handset dengan kalender Google, serta integrasi kontak pada handset dengan kontak di akun Google.

Dengan memanfaatkan fitur itu berkhasiat ketika handset hilang atau ketika Kamu mengganti handset Android lain, data-data yang seakan-akan kontak, acara yang sebelumnya dimasukan di kalender Android, serta aplikasi yang Kamu pasang sebelumnya.

Yang nantinya, itu semua dapat dengan praktis dan cepat untuk dikembalikan.

14. Waspada dari serangan keamanan model phishing dan SMS
Dimana yang perlu diketahui bahwa serangan keamanan Android bukan hanya melalui dari aplikasi yang didalamnya disisipkan program berbahaya. Untuk perkara aplikasi yang dimasukan didalamnya virus, malware, dsb maka hal ini sudah sring dibahas di internet, dimana supaya lebih kondusifnya maka disarankan menginstal aplikasi Android langsung dari Google Play Store.

Untuk perkara phishing ini, hal yang tidak jarang terjadi bahwa email dan SMS didalamnya bisa terdapat pishing. Apakah phising itu? Yaitu mengarahkan Kamu ke sebuah link situs jahat yang berecana untuk mendapatkan data pribadi Kamu, dimana biasanya berupa situs palsu / menyamar, disana Kamu akan diminta untuk memasukan data-data rahasia milikmu.

Apabila Kamu menerima kondisi semacam ini, maka jangan memasukkan data pribadi nan belakang layar ke situs itu. Data rahasia seolah-olah rincian data kartu kredit Kamu, login data Paypal dan lainnya.

Dimana jenis pesan teks dan email ini digunakan oleh pihak jahat untuk melaksanakan phishing, sehingga Kamu perlu waspada jangan sampai terpedaya.

Jika ingin login ke Paypal mislanya (atau lainnya), maka eksklusif ke situsnya saja sehingga lebih aman.

Untuk mengatasinya maka instal aplikasi keamanan, kemudian jangan pernah menekan link dalam pesan teks atau email dari orang yang tidak terang.

15. Instal aplikasi parental kontrol
Untuk tips kelima belas ini, kita berbicara ihwal belum dewasa. Hal yang jarang disangka-sangka yaitu ketika belum dewasa beraktifitas dengan perangkat smartphone, mereka melaksanakan akivitas yang berbahaya di internet atau di smartphone, sehingga penting bagi para orang renta melaksanakan proteksi dari ancaman ini.

Dengan bantuan aplikasi yang berfungsi sebagai parntal kontrol maka orangtua dapat dengan mudah memproteksi aktivitas anak di smartphone, dan mencegah anak-anak menginstal aplikasi yang kurang baik. Di Google Play Store terdapat cukup banyak aplikasi parental kontrol yang dapat Kamu gunakan secara gratis.