14 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan, Psikologis & Kesuksesan Hidup

Dengan menampakan wajah yang ceria dan penuh dengan senyuman, maka orang-orang yang kita dijumpai akan merasa bahwa kita senang berjumpa dengannya.

Tapi sebaliknya, jika kita berjumpa orang lain dengan raut wajah yang kecut, maka orang-orang menjadi tidak suka pada pribadi kita.

Hal itu lantaran pada asalnya, namanya orang akan senang jika yang ditemui dengan suasana kehangatan dan wajah yang berseri-seri. Kita juga merasa senang ketika orang lain tersenyum dan hangat pada diri kita.

Walaupun mengalami segudang kasus di dalam kehidupan, maka tetaplah untuk tersenyum lantaran keuntungannya yang sangat besar.

Pada sebuah penelitian oleh Karina Davidson dari Pusat Medis Universitas Columbia, Amerika Serikat, menemukan bahwa orang-orang yang menghiasi hari-harinya dengan penuh kecemberutan maka mengalami resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Nah, Mengerikan bukan?

Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan, Psikologis & Kesuksesan Hidup
Anak Tersenyum Bahagia | Sumber gambar: Pixabay.com

Manfaat Tersenyum

1. Memunculkan kebahagiaan dalam hati
Orang yang tersenyum, maka dirinya akan menjadi lebih berpeluang untuk mempunyai kebahagiaan di dalam hatinya. Senyuman biasanya akan membuat penampilan lebih menarik, dan aura faktual akan terpancar dari dalam dirinya.

Banyak orang yang menyampaikan bahwa kebahagiaan tidaklah sepenuhnya ditentukan dari apa yang sedang terjadi, namun juga sangat ditentukan dari caranya dalam menyikapi sesuatu. Banyak kita temukan bahwa orang yang kaya justru tidak terlihat senang, tetapi orang miskin enjoy-enjoy saja dalam kehidupannya.

Contoh lainnya ada orang yang stres lantaran ditimpa dengan suatu masalah, ada yang enjoy dan tetap tenang walaupun sedang tertimpa bencana alam, padahal bencana alamnya lebih besar.

Sehingga kebahagiaan umumnya muncul dari cara kita berpikir dan cara dalam menyikapi suatu problem. Walaupun kasus besar tetapi kalau disikapi dengan bijak maka akan menjadi kecil masalah itu. Sebaliknya, kalau kasus kecil disikapi dengan tidak benar maka mampu menjadi besar masalahnya.

Jadilah pribadi yang murah senyum. Sehingga dalam menghadapi problematika kehidupan, Anda akan mampu lebih tegar dan enjoy. Berbagai masalah yang sedang Anda hadapi bukan menjadi halangan untuk Anda tersenyum.

Dengan tersenyum, baik Anda sedang dalam kondisi lapang maupun sempit, di dalam badan terjadi sebuah reaksi yang memunculkan rasa bahagia. Sebagai tips agar Anda mudah tersenyum dan senang, maka luangkanlah waktu yang berkualitas bersama anak (kalau bisa setiap hari). Di dalamnya Anda akan mampu bercanda dan tertawa lepas bersama anak. Banyak manfaat diperoleh dari keberasamaan antara orang bau tanah dan anak.


2. Membantu meraih kesuksesan
Memiliki kebiasaan memenuhi wajah dengan senyuman ternyata cukup membantu Anda untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Seyuman mempunyai kekuatan yang dahsyat. Bahkan seyuman dapat menciptakan sesuatu yang sulit menjadi lebih mudah, lantaran dibalik seyuman ada manfaat optimisme yang tersimpan.

Dale Carnegie membuat karya sebuah buku yang berjudul ‘How to Win Friends and Influence People’. Di dalam bukunya dia menyatakan bahwa senyuman tulus mampu membantu kesuksesan seseorang, bahkan termasuk prinsip untuk mampu meraih kesuksesan.

Carnegie menyebutkan sebuah pola yang cukup menarik mengenai manfaat seyuman ini. Bahwa ada seorang manajer personalia sebuah minimarket di kota New York City, dirinya ternyata lebih menentukan untuk menerima pelamar kerja yang belum menamatkan sekolah (pedidikan rendah) yang di dalam jiwanya memiliki keramahan dan murah senyum, daripada memiliki seorang yang sudah Ph.D (pendidikan tinggi) tetapi wajahnya penuh dengan kemasaman.

Bia beralasan bahwa senyuman lapang dada nantinya memunculkan aura kasatmata yang bermanfaat bagi lingkungannya. Lebih bermanfaat lagi lantaran seyuman mampu ditularkan ke orang lain, sehingga dengan suasana yang nyata akan meningkatkan etos kerja karyawan.

Percaya atau tidak, murah senyum menciptakan kita lebih mampu dalam berbuat sesuatu, lebih mampu untuk memikul tanggung jawab, lebih sanggup dalam memecahkan dilema, dan lebih tangguh dalam menghadapi problematika hidup.

Orang yang memiliki kebiasaan senyum yang ramah akan mendapatkan nilai plus di masyarakat, bahwa dirirnya terlihat sebagai orang yang murah hati, lapang dada, menyenangkan dan berwibawa. Orang-orang akan merasa betah berada di akrab orang yang memiliki seyuman ikhlas.

Dengan menjalani kesulitan hidup dengan penuh, semangat, optimisme dan senyuman, hal ini menciptakan Anda nantinya bisa menikmati kesulitan itu untuk mengatasinya. Yang hal ini memudahkan Anda dalam meraih kesuksesan hidup, serta orang-orang akan lebih menyayangi anda.

3. Terlihat lebih muda
Memiliki jiwa yang murah senyum ternyata mampu melahirkan wajah yang awet muda. Otot- otot wajah yang sering dipakai untuk tersenyum mampu mengangkat wajah yang menjadikan Kita natinya terlihat jauh lebih muda.

4. Membantu Anda semoga mampu selalu berpikiran nyata
Tersenyum mammu untuk membuat kita cenderung untuk berpikir lebih konkret, sehingga Anda nantinya mampu lebih terhindari dari pikiran negatif yang mampu menyiksa jiwa. Berpikiran kasatmata membantu Anda supaya terhindari dari stres dan depresi. Seseorang yang sering stres bisa menyebabkan dirinya terkena risiko penyakit yang lebih besar.

5. Membantu merangsang orang lain semoga ikut tersenyum
Saat Anda tersenyum, hal ini mampu menyampaikan dikala-saat yang lebih menyenangkan di lingkungan sekitar Anda. Yang mampu mengkonversi mood orang-orang yang ada sekeliling Anda menjadi penuh kehangatan dan kebahagiaan. Alhasil orang disenyumi akan balas untuk memberikan senyuman nrimo.

Hanya orang yang mengalami gangguan jiwa atau sedang stres yang diberikan senyuman tulus justru membalasnya dengan muka masam.


6. Tersenyum membuat Anda lebih menarik
Kita bahu-membahu suka jiwa orang lain menjumpai kita dengan penuh senyuman dan keceriaan. Nah, demikian juga orang lain akan sangat senang dan lebih tertarik pada orang yang murah senyum. Mereka yang ramah dan murah senyum akan memiliki daya tarik dan aura yang terlihat spesial.

Tersenyum mampu memperbaiki mood dalam hitungan menit bahkan detik
Tentunya dalam kehidupan ini biasanya diciptakan berpasang-pasangan oleh Allah, ada lelaki ada perempuan, ada kanan ada kiri, ada bagus ada pahit, dst. Termasuk ada senang ada duka. Sehingga dalam hidup ini kita akan mencicipi senang dan senang, ada kalanya juga akan mencicipi duka, kesal, dsb.

Dengan melatih diri biar mudah untuk senyum, maka Anda akan mencicipi perbedaanya. Segala hal yang menjadi beban hidup mampu menjadi lebih ringan.

7. Senyum akan mengurangi stres
Orang-orang yang menghiasi hari-hari dengan senyuman. Maka ketika datang suatu musibah atau masalah dalam hidup, maka mereka mampu lebih mampu mengontrol diri. Sehingga seberat apapun bencana alam yang dialami, mereka tetap bisa damai. Sehingga benar-benar mampu terhindari dari stres dan depresi.

Orang yang murah senyuman akan menjadi sosok yang sanggup secara bijak dalam meyikapi masalah, sehingga banyak sekali perasaan yang tidak enak di dalam dada akan hilang dengan sendirinya.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi
Saat seseorang emosi maka akan terjadi gejolak di dalam jiwanya. Pada badannya juga terjadi sebuah kondisi darah ikut naik yang menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sehingga kebiasaan marah ini mampu menjadi malapetaka yang benar-benar serius. Anda harus menghindari murka-marah, caranya dengan menjadi sosok yang murah senyum dan rendah hati kepada orang-orang.

Tidak perlu Anda berpikir terlalu keras bahwa ada orang yang meremehkan Anda, menzolimi Anda atau semacamnya yang menciptakan jiwa Anda bergejolak lantarannya. Jika kemarahan itu malah merugikan diri Anda sendiri, maka jangan marah.

Bukan berarti Anda dilarang marah sama sekali. Terkadang marah dibutuhkan pada ketika-saat yang tepat, dimana cara diplomasi, koperatif atau cara lembut pada sesuatu hal tidak menyampaikan manfaat, maka jika kondisinya demikian perlu cara yang lebih keras.

Hanya saja, membiasakan diri dengan murka-marah dalam setiap harinya ialah sebuah kesalahan besar. Yang berbahaya bagi psikologi dan kesehatan Anda seperti penyakit serangan jantung.

9. Meningkatkan sistem kekebalan badan
Tahukah Anda? Saat Anda tersenyum maka sistem kekebalan badan terangsang untuk berfungsi lebih ootimal. Saat sistem kekebalan badan semakin kuat maka menciptakan seseorang akan lebih sanggup tercegah penyakit, acuannyai flu yang sering menyerang tubuh dikala tidak fit.

loading...

10. Memproduksi hormon penting di dalam tubuh
Pada penelitian yang dillukan oleh para mahir, menemukan bahwa ketika seseorang tersenyum maka badannya akan melepaskan hormon endorfin, yang berfungsi untuk meminimalisir rasa sakit secara alami. Serta memproduksi hormon serotonin, hormon yang membantu Anda biar bisa lebih rileks, dan juga supaya Anda bisatidur lebih nyaman.

11. Lebih simpel untuk punya banyak sahabat yang baik
Jika kita melihat seorang tersenyum lepas dan ikhlas, maka yang ada di benak kita bahwa itu menandakan dirinya sedang dalam keadaan kebahagiaan, sehingga kita pun ‘adem’ untuk melihatnya. Jika Anda suka terseyum pada kondisi yang tepat maka menciptakan Anda akan lebih mempunyai peluang untuk menerima sahabat-teman yang baik. Mereka akan senang melihat Anda.

Orang-orang pun dapat lebih simpel untuk terbuka dengan Anda dan mereka suka berinteraksi dengna Anda, lantaran mereka nyaman untuk berada di akrab Anda. Dengan senyuman yang menjadi cuilan kehidupan Anda, maka Anda mampu menjalin persahaban yang sangat berkualitas dengan mereka.

12. Memperoleh keluarga yang senang
Prof. James V. Mc Connell, seorang ilmuan psikolog, menjelaskan bahwa mereka yang hidupnya simpel untuk tersenyum, akan lebih mampu untuk bisa mengatasi aneka macam duduk perkara, lebih baik dalam berkomukasi, mengajarkan seseorang, dan sanggup mendidik anak dengan lebih baik dan oenuh kebahagiaan.

13. Membuat rumah tangga semakin serasi
Tentunya Anda ingin mempunyai rumah yangga yang harmonis, Anda tidak ingin memiliki rumah yang bagaikan neraka, dimana relasi antara suami-istri renggang, serta korelasi orang renta dan anak renggang. Kegunaan yang sangat besar dari tersenyum yaitu supaya kondisi rumah tangga bisa cenderung selalu baik. Namanya rumah tangga pasti ada beberapa hal yang memicu cekcok, tetapi tentunya Anda ingin meminimalisir atau mencegah terjadinya cekcok di dalam rumah tangga.

Pada studi yang dilakukan oleh DePauw University, menemukan bahwa mereka yang menghiasi hari-harinya dengan seyuman mengalami kondisi rumah tangga yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang ‘pelit’ tersenyum

14. Mendapatkan pahala yang besar
Ini manfaat tersenyum yang paling kita inginkan yaitu menerima balasan Allah dari kebaikan yang kita lakukan. Selain tersenyum bermanfaat untuk kesehatan psikologi dan fisik, juga mampu mendapatangkan Ridho Allah Azza wa Jalla. Tersenyum juga memiliki pengaruh kasatmata bagi batin atau kejiwaan seseorang, serta membersihkan jiwa menjadi sehat hatinya. Harapkan pahala Allah dari senyuman yang Anda lakukan kepada orang-orang.

Dalam sebuah hadits, bahwa Rasullullah bersabda,

 تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya “Senyummu di depan saudaramu yaitu sedekah.” (HR. At Tirmidzi)

Penutup
Bagaimana caranya biar Anda bisa terseyum pada orang lain? Cobalah pikirkan beberapa saat sebelum Anda akan bertemu dengan orang lain, renungkanlah bahwa Anda punya ketika-saat yang indah dan aktual bersama orang tersebut, hal ini secara otomatis memicu Anda supaya tersenyum padanya.

Namun, jangan sampai malah mengingat kejadian buruk atau keburukan dari orang yang akan kita sapa, karena malah menciptakan otot-otot disekitar wajah menjadi kaku sehingga sulit tersenyum.

Hal lainnya semoga Anda simpel tersenyum, jadilah orang yang memiliki iktikad kepada Allah yang kuat, sehingga Anda terseyum kepada saudara Anda sesama muslim lantaran mengharapkan pahala dari Allah.

Dalam tersenyum juga harus pada keadaan yang tepat. Tentunya bukan ketikanya terseyum ketika kita melihat sahabat kita mengalami petaka seakan-akan kecelakaan atau lainnya.