software akuntansi gratis di windows 8 / 10

Terkadang kita harus berusaha untuk menjaga account kita up-to-date. Baik dari biaya sehari-hari, biaya tahunan dan bulanan seperti premium policy, asuransi dll, kita harus mengambil upaya-upaya khusus untuk mengingat semua rincian keuangan. Namun, risiko lalai atau telat dalam pembayaran kredit jatuh tempo atau pembayaran tagihan selalu ada. kamu sekarang dapat mengelola semua account kamu dengan software akuntansi pribadi mudah dan gratis yang dikenal sebagai HomeBank.

Usaha kecil Menengah biasanya mempunyai budget IT yang terbilang minim. Pengeluaran terbesar mereka merupakan untuk membeli hardware seperti komputer desktop PC, laptop dan printer. Sisa budget yang ada biasanya tidak mencukupi untuk membeli software original, sehingga mereka lebih membeli program bajakan. Hal ini tentu saja berbahaya, selain fakta bahwa software bajakan biasanya mengandung malware jahat yang bisa merusak komputer milik usaha kecil menengah tersebut dan mencuri data-datanya, pemerintah dan BSA pun sedang gencar-gencarnya melakukan razia sofware bajakan. Pengusaha kecil dapat dipidana, dipenjarakan dan dituntut ratusan juta rupiah.

Software akuntansi gratis di windows 8 / 10

1. HomeBank merupakan software akuntansi pribadi yang mudah dipakai dan mempunyai antarmuka yang ramah bagi pengguna. Perangkat lunak ini memungkinkan kamu menyimpan dan melacak anggaran, arsip, tugas, menerima pembayaran di rekening sangat mudah. Ada beberapa kategori hadir di HomeBank seperti kartu kredit, aset, uang tunai, Bank dan kewajiban. Software ini juga bisa dipakai untuk Usaha kecil menengah, selain kompitebel softaware ini juga gratis.


 Terkadang kita harus berusaha untuk menjaga account kita up software akuntansi gratis di windows 8 / 10


Fitur HomeBank

HomeBank merupakan software akuntansi yang kaya fitur untuk Windows 8/10. Pertama-tama, silahkan downlad softwarenya disini, software ini juga mempunyai editing dan pilihan pengaturan:

1. kamu dapat mengimpor data dari CSV, OFX, QIF dan Amiga. Di sisi lain, kamu dapat mengekspor data HomeBank kamu ke format QIF.
2. kamu dapat mencetak segala macam laporan dari HomeBank yang meliputi anggaran, kegiatan overdrawn, waktu tren dan statistik. kamu juga dapat menyimpan dan melacak transaksi otomatis.
3. kamu juga dapat membuat berbagai jenis grafik dan alat-alat penyaringan.
4. Mendukung 56 bahasa internasional. Jadi, jika kamu tidak terlalu mengerti bahasa Inggris, tidak perlu khawatir, kamu dapat memilih bahasa kamu sendiri.
5. HomeBank, software akuntansi pribadi tersedia di Microsoft Windows, FreeBSD, dan GNU / Linux. juga porting oleh pihak ketiga untuk NMacOSX.

Cara menggunakan software HomeBank

Setelah instalasi berhasil, muncul halaman memilih apa yang ingin and lakukan. Jika kamu merupakan pengguna baru, maka silahkan kamu pilih 'Create a new file'. Dan jika kamu sudah mempunyai beberapa data yang ada pada file HomeBank, maka kamu dapat memilih 'Open an existing file'. Ada pilihan lain seperti 'Baca HomeBank Manual', 'Preferensi Configuration' dan 'Open the example file'.

Jika kamu memilih 'Create a new file' akan muncul jendela "file properties", owner isikan dengan nama kamu dan selanjutnya klik "forward". Setelah itu nama File akan muncul dari sistem secara default,tapi kamu dapat mengubahnya. Setelah nama file , perangkat lunak HomeBank memilih bahasa untuk aplikasi, bahasa sistem secara default bahasa inggris, ini juga bisa kamu ubah.

Sekarang kamu harus memasukkan ke informasi akun sebagai berikut:
Name: Nama account
type : Pilih dari daftar drop-down, ada pilihan Bank, Kas, Aset, Kartu Kredit dan Kewajiban.
Kemudian masukkan saldo awal pada menu overdrawn
Setelah kamu memasukkan rincian, aplikasi meminta konfirmasi kamu. Ketika kamu mengkonfirmasi rincian, dashboard muncul menampilkan rincian account yang baru saja dibuat.

Dashboard menampilkan tiga jenis rincian yaitu:
Akun kamu: Menampilkan detail tentang akun kamu
pengeluaran uang: Menampilkan detail tentang pengeluaran kamu
jadwalkan transaksi : kamu dapat menjadwalkan transaksi pada interval reguler.

Software Homebank support semua OS (windows, Mac, Linux)

2. GnuCash Jika kamu menjalankan bisnis dan mencari software akuntansi yang baik dan gratis untuk usaha kecil, maka GnuCash sangat cocok untuk kamu. Ini merupakan software akuntansi gratis dan open source, dan dilengkapi dengan double-entry sistem pembukuan. GnuCash merupakan bagian dari Proyek GNU dan mendukung sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux.

daftar fitur yang didukung oleh GNUCash yang meliputi: Double entri pembukuan, dukungan HBCI, Portofolio saham / Reksa Dana, anggaran belanja, rekonsiliasi bank dan Kartu Kredit, dukungan SQL, jadwal Transaksi, Transaksi-Impor Matching, Hipotek dan Pelunasan Pinjaman Asisten, Built-in dan laporan dalam bentuk grafik, dan masih banyak lagi… 

Fitur akuntansi usaha kecil meliputi: Faktur, Piutang (A / R), Hutang (A / P) termasuk pengingat tagihan, voucher biaya karyawan, penyusutan, Pemetaan jadwal pajak penghasilan dan TXF ekspor untuk impor ke dalam perangkat lunak persiapan pajak (US), Menyiapkan tabel pajak dan menerapkan pajak penjualan pada faktur.

GnuCash mempunyai Antarmuka yang cukup baik dan user-friendly dan kamu tidak akan menghadapi masalah tentang tampilannya. GnuCash melakukan akuntansi dan transaksi dengan cara yang lebih transparan, yang membuatnya lebih mudah bagi siswa yang ingin belajar, termasuk mempelajari dasar-dasar pembukuan double entry. 


Jadi jika kamu mencari software akuntansi bisnis gratis untuk Windows 7, cobalah GNUCash. Meskipun ukuran filenya sedikit lebih besar dari homebank, tidak ada salahnya kamu mencoba GnuCash, dari pada beli..iya kan? Software support semua OS (windows, Mac, Linux)


Kesimpulan: Secara keseluruhan, HomeBank dan GNUCash untuk Windows ini sangat sederhana dan software akuntansi personal user-friendly untuk Windows 8/10, silahkan kamu coba, sekian semoga bermanfaat.

Artikel diupdate pada tanggal 30 juni 2018.