Perbedaan ROM Distributor dan Global pada Xiaomi

Mengenal Perbedaan ROM Global Official, Distributor dan ROM Developer Cina pada HP XIAOMI - Salah satu merk ponsel dengan sistem operasi android yang saat ini sedang popular di Indonesia adalah merk ponsel xiaomi yang berasal dari negeri tiongkok, yang membuat ponsel ini semakin popular adalah harganya yang terjangkau namun spesifikasi nya sangat tinggi, bahkan ponsel xiaomi dijuluki sebagai iphohe dari negeri tirai bambu.

Memang benar xiami secara kasat sangat mirip dengan iphone, bahkan pengembangan fitur nya pun unik, berbeda dengan ponsel kebanyakan, sama halnya seperti iphone yang kaya akan inovasi, sehingga tidak ayal di cina sendiri tingkat penjualan ponsel ini sempat melampaui Samsung, di Indonesia sendiri pun penggemar xiami saat ini sudah sangat banyak sehingga ponsel ini menjadi salah satu target buruan para konsumen pecinta gadget.

 Distributor dan ROM Developer Cina pada HP XIAOMI  Perbedaan ROM Distributor dan Global pada Xiaomi


Ketersediaan pasar HP smartphone xiaomi di Indonesia sendiri sudah cukup banyak dengan berbagai macam versi dan harga, bahkan di Indonesia merk ponsel yang satu ini sudah punya nama, namun jika anda memutuskan untuk membelinya, ada beberapa hal  penting yang harus diperhatikan,  satu yang wajib anda tahu adalah status ROM yang dimilikinya, status ROM dari xiaomi akan  sangat menentukan kinerja ponsel itu sendiri, jika anda salah memilih maka bisa jadi anda akan kecewa dengan ponsel xiaomi yang anda beli.

Kenali Jenis ROM ponsel Xiami Sebelum Anda memutuskan untuk Membelinya agar anda tidak Kecewa

Merk ponsel yang satu ini memang sedikit berbeda dengan ponsel kebanyakan, xiami  yang beredar di pasaran Indonesia memiliki berbagai macam jenis ROM yaitu sebagai berikut:
  1. ROM distributor (disebut juga sebagai ROM abal-abal atau rom kutukan) 
  2. ROM Global stable (Rom Official Global,
  3. ROM Cina Stable (Rom Official Cina)
  4. ROM Cina developer

Munculnya berbagai sebutan Rom pada ponsel xiaomi tersebut itu dikarenakan tidak semua ponsel xiaomi sampai ke Indonesia melalui jalur resmi, ada sebagian melalui jalur tidak resmi atau pasar gelap, dan juga dikarenakan adanya aturan TKDN (Tingkat kandungan dalam negeri) yang mengharuskan ponsel sebagian dirakit di indonesia atau memiliki kandungan indonesia, sehingga sebagai ROM xiaomi yang tadinya orisinil ada yang mengalami modifikasi karena tuntutan tersebut, yang menyebabkan rom yang dimilikinya tidak asli lagi.

Memahami Perbedaan ROM Global Vs Romm Distributor VS Room Developer Cina

Untuk memahami perbedaan jenis ROM pada xiaomi berikut daqu uraikan satu-persatu sehingga anda bisa membedakan antara jenis rom yang satu dengan jenis rom yang lainnya, sehingga anda bisa  memutuskan mana yang sebaiknya anda pilih.

1. ROM Distributor

Beberapa ponsel xiaomi yang beredar terutama di Indonesia ada yang memiliki rom distributor,  ROM ini biasanya dikenal sebagai ROM abal-abal atau ada juga yang menyebutnya ROM kutukan, jika ponsel xiaomi memiliki ROM jenis ini, maka pada umumnya kinerja ponsel cendrung menjadi tidak maksimal, Ponsel xiaomi jenis ini dijuluki sebagai ponsel xiaomi ROM distributor dikarenakan ROM sudah mengalami modifikasi oleh pihak distributor dan terkadang Rom sudah mengalami injek software khusus, Rom distributor kebanyakan awalnya adalah Rom Cina Stable, namun karena sudah dimodifikasi, akhirnya ROM  menjadi tidak original lagi.

Ciri dan karakteristik ponsel smartphone  Xiaomi yang memiliki ROM distributor diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terkadang suka muncul iklan tiba-tiba pada ponsel xiaomi anda, walaupun ponsel dalam keadaan baru, ini diakibatkan ROM disisipi kode iklan oleh pihak distributor yang ingin mencari keuntungan lewat iklan.
  • Kinerja Xiaomi cendrung menjadi lebih lambat dan boros quota
  • Batrai menjadi boros
  • Kurang stabil dan mudah sekali panas.
  • Sudah tersedia bahasa Indonesia dan bahasa lainnya
  • Sudah terinstal google play store dan aplikasi pendukung lainnya.
  • Tidak memiliki akses update dari Xiaomi. Ponsel xiaomi yang memiliki rom distributor tidak akan pernah bisa diupdate system operasinya.
  • Banyaknya aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall
  • Sering terjadi aplikasi yang buka tutup sendiri dan melanekan restart ulang
  • Versi MIUI biasanya memiliki  5 angka atau lebih dan biasanya ada tulisan  Global…|Stabil, mungkin untuk memastikan konsumen padahal palsu. Contoh: MIUI Global x.x|Stabil x.x.x.x.x (XXXX…) bisa di cek melalui menu seting > about ponsel.


AlasanKenapa Rom Distributor ini di buat ? karena kebanyakan Smartphone Xiaomi ini masuk ke indonesia tidak melalui Jalur Resmi. Dan kenapa tidak melalui Jalur Resmi ? Karena jika Xiaomi masuk melalui Jalur resmi maka Xiaomi harus mematuhi aturan dari Indonesia yaitu apabila Vendor Ponsel menjual Ponsel 4G di Indonesia harus memenuhi kandungan lokal sebanyak 30 %.


2. ROM Cina Stable (Rom Official Cina)

Jenis Rom yang dimiliki oleh xiaomi berikutnya  yang banyak beredar di Indonesia adalah Xiaomi dengan ROM Cina stable atau bisa disebut juga sebagai ROM Cina, Rom jenis ini adalah ROM resmi dari xiaomi yang masih original, stabil dan sangat mendukung kinerja HP, namun sebenarnya ponsel xiaomi dengan ROM jenis ini diperuntukan untuk pasar wilayah negara Cina bukan indonesia, sehingga ponsel Xiaomi dengan ROM cina stable tidak memiliki bahasa Indonesia.

Ciri dari Ponsel Xiaomi dengan ROM Cina Stable adalah sebagai berikut:

  • Ponsel  xiaomi ROM Cina Stable hanya akan memiliki bahasa Cina dan Inggris
  • Belum tersedianya aplikasi bawaan google seperti google playstore, google play, chrome dan aplikasi bawaan google lainnya yang umumnya sudah menjadi aplikasi bawaan di beberapa perangkat android, jadi anda harus melanekan instalasi sendiri
  • Memiliki akses update xiaomi, sehingga jika ada system operasi MIUI terbaru yang direalise xiaomi terbaru anda bisa melanekan update melalui ponsel xiaomi anda, ini perlu untuk memperbaiki bug pada system operasi xiaomi yang digunakan.
  • ROM ini adalah ROM resmi dari xiaomi, masih original, sudah stabil dan sangat baik mendukung kinerja SISTEM.
  • Versi MIUI biasanya terdiri dari 4 digit yang dipisahkan titik, seperti  v7.6.5.0(…….. ), bisa di cek melalui menu seting > about ponsel

3. ROM Global Stable (Rom Global Official)

Yang berikutnya jenis ROM yang dimiliki beberapa ponsel xiaomi yang beredar di pasar Indonesia adalah xiaomi dengan rom global Stable atau disebut juga Rom global Official atau ROM Resmi dari xiaomi, xiaomi dengan ROM ini adalah yang paling banyak dicari di Indonesia oleh konsumen yang sudah paham dengan fitur kelebihan serta kelemahan dari ponsel xiaomi, karena ROM ini adalah ROM Official resmi dari xiaomi yang masih original yang diperuntukan untuk pasar dunia, sehingga untuk indonesia sendiri ini yang paling cocok, dan di dalamnya sudah ada pilihan bahasa Indonesia.

Ciri dari Ponsel Xiaomi yang memiliki Rom Global Official stable adalah sebagai berikut:

  • Ponsel xiaomi ROM Global Official sudah dilengkapi multi bahasa termasuk bahasa Indonesia, karena posel xiaomi dengan Rom jenis ini memang diperuntukan untuk pasar global internasional.
  • Kinerja ponsel sangat stabil, ROM masih original dan sangat mendukung kinerja system.
  • Sudah terinstal google play store dan aplikasi bawaan lainnya yang pada umumnya menjadi aplikasi bawaan perangkat android, jadi anda tidak perlu repot-repot untuk menginstalnya sendiri.
  • Bisa melanekan update system, selalu ada notifikasi jika ada update system dari xiaomi, update sangat diperlukan untuk mendukung kinerja system menjadi lebih baik dan memperbaiki bug.
  • Versi MIUI biasanya terdiri dari 4 angka yang dipisahkan titik misalnya v7.2.3.0(…..)bisa di cek melalui menu seting > about ponsel

4. ROM Developer Cina

Rom terakhir yang dimiliki oleh ponsel  merk xiaomi yang beredar di pasar Indonesia adalah ROM Developer Cina, Rom jenis ini adalah rom modifikasi namun masih dengan cara yang legal dan masih memperhatikan kenyamanan pengguna, Room jenis ini kemungkinan besar untuk kebutuhan pengembang  xiaomi, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Ada tulisan Beta di Versi MIUI (cek di menu seting about device) jika ditemukan tulisan Beta, dapat dipastikan bahwa itu adalah ponsel Xiaomi dengan ROM Developer cina.
  • Selelau diprioritaskan untuk dapat update system MIUI terbau
  • Selalu diprioritaskan untuk dapat menginstal aplikasi fitur baru dari MIUI
  • Versi Beta Selamanya, karena mungkin MI dengan ROM ini diperuntukan untuk kebutuhan pengembang terutama untuk testing fitur aplikasi dan system MI itu sendiri. Sehingga tidak heran setiap kali ada fitur baru dari mi atau update system terbaru, ponsel MI dengan ROM jenis ini akan selalu mendapatkan giliran pertama (update biasanya di hari jumat).
  • Kode pada Virsi MIUI biasanya di awali dengan tulisan angka 6.

Bagaimana cara Mengetahui ROM Xiaomi Global atau Abal-abal

Selain uraian di atas untuk memastikan ROM yang dimiliki ponsel xiaomi anda, apakah ROM abal-abal, Rom global official atau rom cina official, maka cara termudah adalah anda dapat mengeceknya melalui perangkat xiaomi anda, langkahnya adalah sebagai berikut:
Masuk ke menu Seting > About device atau tentang ponsel lalu Lihat di menu MIUI Version,

  • Jika versi ditulis sebanyak 5 angka atau lebih da nada tulisan Global .x.x| Stabil,… dan juga banyak iklan bermunculan secara otomatis maka dapat dipastikan itu adalah Xiaomi dengan ROM Abal-abal atau ROM distributor. 
  • Jika versi MIUI terdiri dari 4 bagian yang dipisahkan oleh titik, maka itu dapat dipastikan ROM Official, jika bahasa yang tersedia hanya cina dan inggris itu bisa dipastikan rom CINA official, namun jika dukungan bahasa banyak termasuk Indonesia maka itu bisa dipastikan rom Global Official.
  • Jika kode di awali dengan angka 6 dan ada tulisan beta maka itu dapat dipasikan Ponsel XIAOMI dengan ROM Developer cina.

Mana yang sebaiknya daqu beli, Xiaomi dengan ROM Global atau Distributor

Sesuai dengan uraian di atas setidaknya anda sudah tau mana yang lebih baik, tentu saja yang paling baik menurut daqu dan menurut para konsumen Indonesia yang menyukai mi adalah Xiaomi dengan ROM Global Official, Xiaomi dengan rom jenis ini selalu di cari oleh konsumen Indonesia, karena sudah sangat mendukung kebutuhan pasar Indonesia, terutama dukungan bahasanya sudah support bahasa Indonesia.

Atau Anda juga bisa memilih Xiaomi dengan ROM cina, namun daqungnya tidak ada dukungan bahasa Indonesia dan anda harus rela menghabiskan waktu untuk menginstal aplikasi-aplikasi dasar yang dibutuhkan terutama aplikasi google yang belum tersedia untuk ROM jenis ini.

Xiamoi dengan ROM developer cina pun tidak masalah jika anda merasa nyaman, tapi yang menurut daqu paling baik adalah xiaomi dengan ROM Global Official, dan pastikan bahwa ROM Xiaomi bukan ROM distributor, karena banyak kasus Xiaomi dengan ROM distributor sangat mengecewakan terutama terkait performa system android xiaomi itu sendiri.

TIPS  Membeli HP Merk Xiaomi agar anda tidak Menyesal

Untuk anda yang kebetulan ingin memiliki HP Xiaomi maka selain memperhatkan spesifikasi dan deskripsi dari produk xiaomi yang akan anda beli, sangat di utamakan untuk memilih Xiaomi dengan ROM Global Official, anda bisa membelinya secara online maupun langsung ke tokonya.

Sebelum membelinya coba lihat spesifikasi dan deskripsi barang tersebut, jika Jenis ROM tidak dicantumkan  silahkan tanyakan kepada penjualnya terkait ROM nya, Apakah romnya Distributor atau Global Official, awas jangan salah pilih membeli Xiaomi dengan ROM Distributor, harganya mungkin saja akan lebih murah namun anda bisa jadi akan kecewa.

HP Xiaomi daqu Memiliki ROM Distributor apakah bisa diupdate.

Ponsel xiaomi dengan ROM distributor sebenarnya masih bisa di update dengan cara-cara khusus, jika anda ragu sebaiknya anda minta para ahli untuk mengupgrade ROM nya untuk anda agar bisa menggunakan ROM Global Official.