Menghubungkan Android studio dengan bitbucket untuk menyimpan kode project secara online

Ini bahu-membahu postingan untuk pengingat bagi aku eksklusif yang kadang sering lupa langkah-langkah bagaimana cara menghubungkan project di android studio dengan bitbucket menggunakan GIT, untuk saya langsung tujuannya sih sangat sederhana, ingin menyimpan isyarat program secara cloud semoga aman,  namun simpel-mudahan saja bermanfaat juga untuk orang lain yang membacanya.

Sebelum aku uraikan langkahnya saya akan coba ulas sedikit apa itu bitbucket dan kenapa project android studio harus dihubungkan atau diintegrasikan dengan bitbucket.

Tentunya untuk anda yang baru mendengar bitbucket akan sedikit galau apa itu bitbucket dan apa fungsinya.

Secara sederhana Bitbucket merupakan aplikasi web atau layanan online gratis dengan alamat di bitbucket.org yang fungsinya untuk menyimpan source arahan dan mengelola source isyarat para pengembang aplikasi komputer baik team maupun perorangan.

Dengan menyimpan source aba-aba di bitbucket, selain kondusif setiap programmer yang tergabung dalam team programmer bisa lebih mudah mengelola arahan project secara online, mereka akan simpel melaksanakan sharing instruksi acara yang sedang mereka kembangkan dan juga memudahkan mereka untuk mendapatkan update versi paling baru dari  instruksi project  yang mungkin sudah dimodifikasi oleh tim lainnya sehingga tidak saling tumpang tindih.

Bayangkan saja saat anda bekerja dengan team untuk membuatkan sebuah aplikasi, tanpa kontribusi bitbucket melalui metode version control anda akan kesulitan dikala ingin menggabungkan kode program dari setiap team, namun dengan donasi bitbucket semuanya akan lebih mudah.

Menghubungkan Android studio dengan bitbucket untuk menyimpan isyarat project secara online

Untuk anda yang mengembangkan aplikasi android dengan memakai android studio, anda beruntung lantaran android studio sudah mendukung untuk mengintegrasikan project di android studi dengan repository bitbucket.

Dengan mengintegrasikan android studio dengan bitbucket, maka aba-aba project yang anda tulis di android studio selain tersimpan di komputer anda, juga  tersimpan secara online di bitbucket, sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan instruksi project ketika komputer atau hardisk komputer anda rusak, anda bisa memperolehnya kembali dari bitbucket. anda.

Langkah -langkah menghubungkan android studio dengan bitbucket ialah sebagai berikut:

1. Buat akun bitbucket.

Langkah pertama anda harus membuat akun bitcuket terlebih dahulu

2. Instalkan aplikasi git di komputer anda

Aplikasi ini nanti akan dioperasikan oleh android studio yang akan memfasilitasi anda untuk terintegrasi dengan bitbucket seperti mengupload isyarat projek yang anda miliki atau melakukan download instruksi project terupdate dari bitbucket.

Silahkan download aplikasi git disini, setelah itu instal di komputer anda.

3. Buat Repositori di bitbucket.

Repository semacam tempat penyimpanan yang dapat diakses secara online dengan alamat unik. untuk membuat repositori di bitbucket langkahnya ialah sebagai berikut:

a. login ke bitbucket.org dengan user akun anda.

b. Pada halaman utama bitbucket, silahkan tekan tombol + di sebelah kiri



Kemudian klik pada repository

Kurang lebih akan terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:

Repository name, masukan nama projek anda, pengarturan lainnya mampu dilihat seperti gambar di atas, centang akses level bila project yang anda simpan sifatnya private, semoga tidak mudah di download oleh orang lain.

Selanjunya tekan saja tombol Create repository, maka repository pun akan dibentuk oleh bitbucket dan siap dipakai untuk menyimpan instruksi project anda.

4. Copy alamat repository bitbucket yang sudah dibentuk.

Selanjutnya anda copy alamat repository yang gres anda buat, pilih https ya, terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:
Kemudian silahkan kopi alamat git dari mulai goresan pena https://..... sampai  ujung kanan.

Alamat repo tersebut nanti akan dipakai di android studio untuk integrasi android studio dengan bitbucket

5. Seting GIT di android studio

Selanjutnya buka project android studio anda, lalu pada project android studio pilih sajian file > settings...

kemudian pada halaman settings..., pilih repositiory > git


Pada opsi Path to Git executable sebelah kanannya, arahkan ke lokasi git.exe dari aplikasi git yang sudah anda instal di komputer anda sebelumnya, kemudian tekan tombol Test sampai muncul pesan Git Executed successfully, itu untuk memastikan bahwa git sudah berfungsi dengan baik.

Tekan OK jika sudah final.

6. Integrasikan project android studio anda dengan Git

Caranya pada android studio, pilih sajian VCS > Enable Version Control Integration...



Pada opsi Select version system to associate with the project root: pilih Git, kemudian tekan tombol OK.

7. Upload aplikasi anda ke repository bitbucket melalui git android studio

Selanjutnya silahkan upload aplikasi anda ke repository bitbucket melalui git di android studio, langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pilih menu CVS > Git > Add

b. Pilih menu CVS > GIT > Git Commit...


Pada Commet message, tulis pesan, misal first commit atau pesan mengenai perubahan apa yang anda lakukan terhadap aba-aba project anda.

Selanjutnya, tekan tombol Commit, jika muncul obrolan peringatan, tekan saja tombol commit sampai berhasil...

c. Upload (push) aba-aba project android studio anda.
Untuk mulai mengupload instruksi project android studio anda ke repository bitbucket, selanjutnya tekan menu CVS > Git > Push....

Maka akan muncul tampilan berikut:


Klik pada tulisan Define master, kemudian pada URL copykan alamat repo bitbucket (https://.........git )yang sudah anda copysebelumnya pada langkah 5 di atas.

Kemudian tekan tombol OK

Tunggu proses checking sebentar, kalau sudah, tekan tombol Push di penggalan bawah...

Android studio akan melakukan upload aba-aba projek anda ke repository bitbucket, tunggu prosesnya hingga tamat...tidak lama kok, biasanya hanya membutuhkan beberapa detik saja..

Jika berhasil, maka akan muncul pesan notifikasi di sudut kanan bawah layar android studio seakan-akan tempailan berikut:
Untuk memastikan bahwa arahan sudah terupload ke repository, silahkan cek di akun bitbucket anda, untuk nama repository yang sudah anda buat.

Maka kurang lebih tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:


Bagaimana simpel bukan,

Dengan menyimpan instruksi projek di bitbucket, selain aman, anda pun mampu lebih simpel bekerja dalam team pengembangan aplikasi.

Cara Cloning Kode Project dari Repository bitbucket.

Agar team anda mampu memakai instruksi project anda untuk dikerjakan tolong-menolong dengan anda, maka team anda yang lainnya bisa melakukan cloning repository instruksi project anda dari repository bitbucket yang sudah anda upload.

Langkah-langkah cloning yaitu sebagai berikut:

1. Buat project android studio baru dengan memilih menu File > New > Project from version control > Git



Pada Opsi isian Git Repository URL, isi dengan alamat clone repository anda,

cara menerima alamat clone repository anda langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Login ke bitbucket.org

b. pada halaman utama bitbucket, pilih sajian Your work di pecahan kiri, kemudian klik pada nama repository anda yang ingin diclone.

c. pada halaman repository, klik tombol clone di sudut kanan atas, lalu pada obrolan yang muncul klik HTTPS, kemudian copykan alamat colone repository dari mulai tulisan https://..... sampai ujung kanan, dan kopikan di android studio seolah-olah tampilan di atas.



Kemudian tekan clone. tunggu instruksi dari repository di download oleh andaroid studi.. maka teman anda akan menerima instruksi repo anda dan siap bekerjasama dalam team.

Bekerjasama dengan team melalui Repo bitbucket.

Setiap kali anda ingin memodifikasi program, maka anda terlebih dahulu harus melaksanakan download modifikasi isyarat project terbaru, siapa tau team anda yang lain melaksanakan perubahan di repository.

Agar kode project antar tiap team sama, maka setiap kali anda atau team anda yang lain ingin memodifikasi instruksi project anda harus melaksanakan Full, melalui hidangan CVS > Git > Full, untuk mendownload update terbaru dari project yang tersimpan di repository bitbucket anda atas perubahan yang mungkin team anda lakukan.

Setelah Full, kemudian untuk menyimpan hasil modifikasi anda di repository bitbucket kembali, maka lakukan langkah yang sama seakan-akan pada tahap 7 C di atas melalui hidangan:

a. hidangan CVS > Git > +Add

b. Menu CVS > Git > Commit Directory....

c. Menu CVS > Git > Push.... untuk mengupload ke reposotory..

Begitu seterusnya.

Jangan lupa sebelum melaksanakan modifikasi anda Full terlebih dahulu, kemudian jikalau ingin menyimpan hasil modifikasi, maka lakukan langkah diatas. begitu seterusnya....