Mengatasi Lock screen disable by administrator di hp android (samsung, oppo, asus, lenovo, xaomi)

Kunci layar / lock screen pada hp android dan merk hp lainnya banyak digunakan untuk melindungi dan menghindari hp dipakai oleh orang lain yang tidak mempunyai izin, dengan pengunci layar maka sebelum masuk ke menu utama, hp akan meminta pengguna untuk memasukan kunci layar.

selain itu kunci layar juga mampu melindungi perangkat terbuka secara otomatis dikala perangkat dimasukan kedalam saku, dengan kunci layar maka layar tidak akan simpel terbuka otomatis sehingga mampu menghemat penggunaan sumberdaya baterai perangkat tersebut.

Ada beberapa jenis kunci layar yang tersedia di perangkat mobile dengan sistem operasi android seakan-akan samsung, xiaomi, oppo, asus lenovo, meliputi:

  • None (tidak menggunakan kunci layar)
  • Pin
  • Swipe / Usap, 
  • Pola/ Patern
  • Password.
  • Finggerprint
Dengan hadirnya pilihan kunci layar, pengguna mempunyai banyak pilihan untuk memakai pengunci layar sesuai dengan yang diinginkan, bahkan pengguna bisa menggonta ganti kunci layar dengan yang dianggapnya paling mudah.

swipe dan none disable by administrator


Mengenai kunci layar tersebut sayangnya ada 1 permasalahan yang sering dialami oleh pengguna, terkadang untuk beberapa kasus, pengguna tidak lagi bisa mengganti kunci layar atau menonaktifkan kunci layar (lock screen) lantaran opsi hidangan untuk penguncian layar terutama untuk opsi swipe dan none dalam keadaan nonaktif atau disable (tidak mampu diklik atau dipilih) dengan munculnya tulisan :

"Lockscreen disabled by administrator (Kunci layar dinonaktifkan oleh eksekutif)"  
 atau
 "Disabled by eksekutif, encryption policy, or credential storage (Dinonaktifkan oleh administator, kebijakan enkripsi, atau penyimpanan kredensial".

Beberapa pengguna bahakan tidak mengetahui apa penyebabnya, namun beberapa penyebab yang bisa menyebabkan lock screen disable by eksekutif diantaranya ialah karena penggunaan PVN atau karena pengguna menginstal anti virus di hp android miliknya. atau bahkan karena penyebab lainnya.

Cara Mengatasi Lock screen disabled by administrator di hp android

Untuk anda yang mengalami permasalahan dengan opsi kunci layar yang nonaktif atau disable, tidak usah khawatir dan tidak perlu memutuskan untuk melaksanakan factory reset.

Ada beberapa cara yang cukup simpel untuk mengatasi error pada kunci layar dengan munculnya lockscreen disabled by eksekutif, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Cara ke #1 : Hapus Setingan PVN

Cara pertama untuk Mengatasi Kunci layar dinonaktifkan oleh administaror yaitu dengan menghapus semua setingan PVN di hp android anda.

Lagkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Masuk ke menu settings / setelan / pengaturan

b. Kemudian di halaman pengaturan pilih   menu Jaringan lainnya / Other network > PVN

c. Silahkan hapus PVN yang ada.

d. Cek kembali opsi kunci layar, jikalau berjalan dengan baik, maka opsi kunci layar akan berfungsi kembali dengan normal.

Jika cara pertama ini belum juga berhasil mengatasi kunci layar disabled by direktur, maka anda bisa mencoba cara kedua di bawah ini.

Cara ke #2: Clear credential  / Hapus kredensial

Cara kedua untuk mengatasi opsi kunci layar disable (Disabled by administrator, encryption policy, or credential storage) ialah dengan menghapus kredensial.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke sajian settings / setelan / pengaturan

b. Pilih hidangan Kemananan atau security

c. pada halaman security, cari hidangan clear credential / hapus kredensial
Jika muncul pesan Hapus kredensial / Remove all contents pilih saja Yes / Ok.

d. Sekarang kembali ke opsi pemilihan kunci layar di pengaturan hp android anda, jika berhasil maka opsi penguncian layar akan kembali aktif dan mampu anda pilih.


Cara di atas berhasil di beberapa seri merk hp samsung, anda mampu mencobanya di merk hp android yang anda gunakan.

Cara ke 3: Gunakan Backup PIN

Ini Untuk anda yang mengalami masalah opsi none untuk menonaktifkan kunci layar disable sesudah anda mengaktifkan acuan patern untuk layar hp android anda.

untuk menonaktifkan kunci layar yang disableb by adminstrator anda bisa mencoba cara berikut:

a. Kunci hp anda.

b. Masukan kunci layar yang salah sebanyak 5 kali, biasanya anda akan diminta menunggu sampai 3 detik untuk memasukan kembali kunci layar.

c. Karena salah memasukan kunci layar bertutur-turut maka biasanya akan muncul tulisan Backup PIN, Tekan goresan pena backup PIN, lalu masukan backup pin dengan benar.

 Dengan cara di atas maka kunci layar patern anda akan langsung dinonaktifkan oleh sistem android, silahkan cek di opsi kunci layar, maka opsi yang terpilih yaitu None. dan anda mampu menyetel ulang kunci layar anda sesuai dengan yang anda inginkan.