Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit

Ketika seseorang mengalami sakit tertentu yang menyerang badannya, maka umumnya mereka akan muncul perasaan seperti tidak mau untuk menyantap kuliner tertentu.

Hal lainnya, ada beberapa jenis kuliner yang tidak baik dikonsumsi ketika sakit, justru dikonsumsi banyak karena terlihat lebih yummy menurut perasaannya.

Padahal makanan tersebut sangat tidak baik dikonsumsi ketika sakit.

Untuk itu, penting mengetahui kuliner mana yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari ketika sakit menyerang.

Hal ini sangat penting diketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Makanan Yang Perlu Anda Batasi Konsumsinya
Makanan Yang Perlu Anda Batasi Konsumsinya | Sumber gambar: Pixabay.com

Berikut di bawah penjelasan wacana beberapa jenis penyakit, beserta makanan yang disarankan (anjuran) dan pantangan dikonsumsi.

1. Diare
Makanan sebaiknya dikonsumsi ketika Diare
Terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang terserang penyakit diare, seperti lantaran serangan virus ataupun juga dari keracunan kuliner.

Untuk itu, jika diare juga disertai dengan sakit demam (dan utamanya disebabkan dari karena yang disebutkan diatas) maka hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter. Guna menghindari hal yang jelek.

Terutama lagi apabila terdapat darah pada feses, mengalami mual bahkan hingga sampai muntah.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk orang yang mengalami diare yaitu buah pisang, serta jangan lupa untuk makan nasi.

Anda bisa mengkonsumsi saus apel, roti panggang, kentang rebus, biscuit asin, dan ayam panggang tanpa kulit, teh, yogurt, roti, jelly dan apel. Semua makanan tersebut relatif aman dikonsumsi oleh penderita diare.

Ketika diare, tubuh kehilangan banyak cairan, menimbulkan badan simpel mengalami kehilangan cairan tubuh . Sehingga perbanyak minum cairan yang mengandung elektrolit, seolah-olah yang paling umum adalah air putih.

Anda juga mampu konsumsi kuah kaldu, kuah sayur bening, jus, atau juga LGG (larutan gula garam).

Secara umum kuliner bagi penderita diare yang paling baik untuk dikonsumsi yaitu yang mempunyai sifat praktis dicerna, mampu mengentalkan feses serta memenuhi kebutuhan cairan badan dengan baik.

Makanan pantangan bagi penderita diare
Untuk makanan yang harus dihindari bagi penderita diare, yaitu jenis makanan yang berlemak, makanan yang digoreng, berminyak dan bersantan kental.

Makanan dengan jenis tersebut menciptakan kondisi diare lebih jelek. Kemudian kurangi konsumsi susu bila Anda sering mengkonsumsinya setiap hari. Demikian juga batasi konsumsi mentega, es krim, dan keju.

Jangan konsumsi makanan-makanan tersebut hingga penyakit diare benar-benar sembuh.

Dan sudah niscaya, jangan mengonsumsi minuman alkohol dan kafein.

Alkohol dan kafein merupakan pantangan terbesar untuk penderita diare lantaran bersifat membuang cairan badan, yang memperburuk kondisi kehilangan cairan tubuh .

Kemudian hindari makanan yang menyebabkan gas berlebih, walaupun itu berasal dari jenis sayur-sayuran seakan-akan kubis atau kol, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol. Semuanya menjadi pantangan bagi penderita diare.

Beberapa pantangan lainnya yaitu sorbitol, embel-embel buatan, permen, permen karet dan minuman diet.

Makanan yang berisi aksesori buatan juga harus dihindari.

Secara umum kuliner pantangan diare yang harus dihindari yaitu yang sifatnya susah dicerna, mengakibatkan pembuangan cairan tubuh sehingga badan mengalami dehidrasi parah, dan  dapat mengiritasi terusan pencernaan, yang memperparah diare.


2. Sembelit
Makanan yang baik dikonsumsi ketika mengalami sembelit
Sembelit terjadi ketika badan dalam keadaan kekurangan kuliner berserat, seperti biji-bijian utuh, buah ataupun sayur-sayuran.

Ketika mengalami sembelit, makanan yang sebaiknya dikonsumsi yaitu roti biji utuh (yang kaya serat), brokoli, kacang-kacangan, buah pir, dan apel.

Penuhi kebutuhan minum air putih, untuk kebutuhan cairan badan. Bermanfaat untuk membantu merangsang fungsi pencernaan.

Makanan tersebut sangat baik untuk mengatasi sembelit, Anda mampu memperbanyak konsumsi kuliner yang kaya serat seakan-akan sereal, roti gandum, buah dan sayuran.

Buah yang disarankan dimakan bersama kulitnya (sebelumnya dibersihkan dahulu dengan air) yaitu apel, pir, anggur dan tomat. Semuanya kaya akan serat.

Makanan pantangan untuk penderita sembelit
Penyakit sembelit terkadang bagi sebagian orang dianggap enteng saja, padahal bila dibiarkan terus-menerus tanpa adanya upaya untuk mengatasinya, mampu berdampak jelek bagi kesehatan, dan kemungkinan terburuk ialah kanker.

Beberapa makanan pantangan untuk penderita sembelit seakan-akan cokelat, produk susu, obat nyeri, suplemen besi, beberapa obat untuk darah, obat antidepressant.

Kemudian kuliner olahan seperti kuliner beku, pizza, burger dan semacamnya (apalagi junk food), daging merah seperti daging kambing dan sapi, kafein dan kuliner berminyak.

Semua jenis makanan tersebut harus Anda hindari karena mampu memperburuk sembelit yang diderita.

3. Mual
Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika Mual
Rasa mual yang diderita akan mengakibatkan makanan yang biasanya enak secara tiba-tiba menjadi terasa tidak enak.

Untungnya, terdapat kuliner yang tepat dan membantu menenangkan asam lambung.

Makanan atau minuman yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami mual yaitu roti kering, biscuit asin, sereal, teh jahe, teh lemon, irisan lemon segar, peppermint

Makanan pantangan ketika merasa mual
Makanan yang sebaiknya dihindari (pantangan) ketika merasa mual yaitu jenis kuliner yang berminyak, pedas, kafein, alkohol dan minuman berkarbonasi.

Semuanya itu akan mengakibatkan rasa mual menjadi bertambah jelek.

4. Sakit Radang Tenggorokan 
Berdasarkan penjelasan dari Lauren Slayton, RD (penulis The Little Book of Thin) bahwa saat seseorang mengalami radang tenggorokan, maka ada sejumlah makanan yang berfungsi melindungi tenggorokan dan meredakan nyeri.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi, seolah-olah teh peppermint hangat yang memiliki pengaruh analgesic dan anesthetic, madu manuka yang mempunyai fungsi penyembuh luka.

Kemudian beberapa makanan lunak dan lembut seolah-olah yoghurt, sup krim, kentang tumbuk dan telur orak-arik.

Makanan pantangan yang perlu dihindari ialah keripik kentang, kacang-kacangan, minuman panas, granola.

5. Sakit Kepala
Terjadinya kehilangan cairan tubuh menjadi sebab utama dari terjadinya peristiwa sakit kepala. Untuk itu, sangat disarankan konsumsi yaitu air putih, dan jaga kondisi badan supaya jangan sampai kekurangan cairan tubuh.

Sebenarnya kafein atau kopi mampu membuat Anda kehilangan cairan tubuh, akan tetapi kalau mengkonsumsi kopi dalam takaran atau jumlah sedikit (satu cangkir) maka tidak mengapa. Bahkan mampu mengurangi gejala sakit kepala.

Adapun Makanan yang sebaiknya dihindari, yang dapat memicu rasa sakit kepala yaitu MSG (seperti saus dan kecap asin), komplemen buatan, keju yang mengandung tiramin, cokelat, anggur merah, hotdog, dan jenis buah kering.

Kandungan tiramin mampu menimbulkan meningkatnya tekanan darah, yang memicu rasa sakit kepala.

loading...

6. Sakit Nyeri Otot
Berdasarkan penjelasan Kristine Arthur, MD (internist di Orange Coast Memorial Medical Center Fountain Valley, California) bahwa kuliner yang mengandung magnesium atau kalsium membantu meredakan rasa nyeri otot yang umum.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami nyeri otot ialah makanan kaya magnesium dan kalsium, seolah-olah sayuran daun hijau, kacang-kacangan, pisang, alpukat, salmon kaleng, yoghurt dan jus jeruk. Kemudian perbanyak juga untuk minum air putih.

Adapun kuliner pantangan ketika sakit nyeri otot yaitu alkohol, kafein, dan aneka macam makanan atau minuman yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan tubuh, yang mampu memperburuk nyeri otot.

7. Sakit Telinga
Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami sakit telinga yaitu cairan bening dan sup ayam, asam omega 3 seolah-olah yang terkandung pada salmon dan kacang-kacangan.

Serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seolah-olah sayuran hijau, buah beri dan sitrus.

Adapun makanan pantangan ketika mengalami sakit pendengaran yaitu susu (yang membuat lendir menjadi kental dan memperburuk sumbatan pada pendengaran), makanan olahan dan kemasan yang memperparah peradangan.

8. Sakit Gatal dan Ruam
Gatal-gatal atau ruam bisa menjadi simtom alergi, untuk itu penting mengetahui kuliner yang memicu ruam pada kulit.

Makanan pantangan makanan untuk penderita gatal atau ruam pada kulit yaitu kacang-kacangan, kerang, kepiting, cumi-cumi, lobster, udang. Perlu dibatasi (boleh sesekali) yaitu cokelat, ikan, tomat, telur, susu, beri dan kedelai.

Demikian seolah-olah yang dijelaskan oleh Debra Jaliman, MD, seorang dermatology.

9. Hidung Meler
Ketika pilek maka yang sangat tidak mengenakan yaitu hidung meler. Ketika mengalami hal demikian, disarankan untuk mandi dengan air hangat, kemudian minum teh hangat yang membuat jiwa lebih tenang dan fresh.

Untuk kuliner yang sebaiknya dikonsumsi yaitu teh jahe. Hal itu karena jahe mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat membersihkan pilek lebih cepat.

Kemudian disarankan konsumsi sari apel dan lemon yang dimasukan dalam air, minum air putih yang banyak, utamakan yang hangat.

Adapun kuliner pantangannya yaitu alkohol dan kuliner berempah yang mampu mengakibatkan hidung bertambah meler dan semakin parah.

10. Hidung Tersumbat
Masalah pilek dan flu memang mampu mengiritasi dan mengakibatkan pembuluh darah meradang di hidung, dan dapat mengakibatkan sulit bernapas.

Untuk itu kuliner yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat yaitu berupa susu dengan tambahan kunyit, atau rempah yang mengandung bahan antiinflamasi.

Masukkanlah sekitar dua cangkir susu almond yang ada di dalam panci, dan ditambah satu sendok teh kunyit kering, satu sendok teh jahe kering, sedikit lada hitam dan juga madu.

Kemudian panaskan beberapa saat (hingga panas), lalu diamkan sekitar 10 menit, minum selagi hangat. Resep ini sangat baik untuk mengatasi hidung tersumbat.

Makanan pantangan penderita hidung tersumbat yaitu makanan yang berempah, gula dan susu.