Kekurangan & Keleihan ROM Distributor Xiaomi abal-abal / kutukan

Saat ini peredaraan hp xiaomi di indonesia sudah cukup populer, bahkan penggemar xiaomi di indonesia sudah sangat banyak, dan hp yang satu ini boleh dibilang sudah punya cukup nama, namun keberadaan ponsel xaomi di indonesia memang sedikit berbeda dengan merk ponsel terkenal lainnya, xiaomi yang beredar di pasaran indonesia memiliki beberapa versi ROM Sistem operasi, seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai kenali rom xiami sebelum anda membelinya agar anda tidak kecewa, di artikel tersebut dijelaskan bahwa versi ROM pada xiaomi yang beredar dipasaran indonesia meliputi:
  1. ROM Global Official
  2. ROM global Cina
  3. ROM developer Cina dan 
  4. ROM Distributor

Versi ROM pada xiami sangat mempengaruhi kinerja sistem, sebenarnya ROM resmi dari xiami yang masih original adalah ROM global official atau ROM global cina, dan ROM yang sudah dimodifikasi diantaranya adalah ROM developer cina dan ROM Distributor, khusus untuk ROM distributor, ROM jenis ini sering dijuluki sebagai ROM abal-abal atau ROM kutukan dikarenakan xiaomi dengan rom versi ini sering membuat tidak nyaman pengguna bahkan bisa membuat kinerja sistem xiaomi menjadi tidak stabil.

Saat ini peredaraan hp xiaomi di indonesia sudah cukup populer Kekurangan & Keleihan ROM Distributor Xiaomi abal-abal / kutukan


Untuk mengetahui versi ROM distributor xiaomi lebih dalam, di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan ROM Distributor atau abal-abal pada XIAOMI, sehingga bisa menjadi pertimbangan anda ketika memilih hp dengan merk yang satu ini.

Kekurangan ROM distributor Xiaomi

Rom ini sering dijuluki sebagai rom abal-abal bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai rom kutukan dikarenakan banyaknya ditemukan kendala pada kinerja sistem xiaomi itu sendiri sehingga tidak jarang bahkan mengecewakan pengguna, untuk mengetahuinya berikut saya uraikan kekurangan rom distributor:

1. Sering muncul iklan, ini sering sekali terjadi pada xiaomi dengan rom distributor, namun kabarnya tidak semua hp xiaomi dengan rom distributor disisipi iklan, Jika pada hp xiaomi iklan sering tiba-tiba muncul, itu menandakan hp xiaomi anda sudah diinjek dengan kode iklan oleh pihak distributor guna mencari keuntungan melalui iklan.

2. Batre Boros dan mudah sekali panas,  ROM distributor tidak jarang membuat sistem menjadi tidak stabel karena modifikasi pada rom olen pihak distributor sehingga sering menyebabkan hp xiaomi mudah panas dan batre sangat boros.

4. Cepat menghabiskan Quota, untuk Xiaomi dengan rom distributor yang ditempeli iklan, mempercepat habisnya quota

5. Fingger print tidak berfungsi, ROM xiaomi distributor kadang dapat menggangu fingger print sehingga tidak bisa digunakan.

6. Tidak memiliki akses update dari Xiaomi. Ponsel xiaomi yang memiliki rom distributor tidak akan pernah bisa diupdate system operasinya.

7. Banyaknya aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall

8. Sering terjadi aplikasi yang buka tutup sendiri dan melsayakan restart ulang

Kelebihan ROM Distributor Xiaomi

Selain memiliki beberapa kekurangan, ternyata Xiaomi dengan ROM distributor juga memiliki cukup banyak kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Xiaomi dengan Rom distributor pasti sudah memiliki pilihan bahasa indonesia, Versi ROM distributor bisa ada dikarenakan terkait kebijakan pemerintah mengenai aturan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), sehingga setiap hp yang beredar setidaknya harus mengandung kandungan dalam negeri.

2. Sinyal 4G LTE sudah pasti jalan, jaringan 4G yang ada diindonesia hanya bisa diakses oleh perangkat yang sudah mendapatkan izin khusus (hp yang sudah terdapat kandungan dalam negeri), sayangnya untuk beberapa ponsel xiaomi yang beredar diindonesia, sinyal 4G kadang tidak berfungsi karena masih diblok oleh pemerintah, namun untuk ponsel XIAOMI dengan ROM distribotor dapat dipastikan 4g berfungsi dengan baik.

3.  Sudah terinstal Aplikasi Bawaan, ROM Distributor xiaomi sudah diinstal dengan aplikasi bawaan seperti halnya aplikasi di perangkat android lainnya, seperti google playstore, google play game, dan aplikasi google lainnya, jadi anda tidak perlu repot-repot untuk menginstalnya sendiri.


Cara Cek ROM XIAOMI?

Untuk mengecek rom Xiaomi anda bisa masuk ke bagian seting > About device / tentang ponsel, anda bisa melihat versi MIUI disana, coba anda lihat dan amati;

  • Jika terdapat tulisan Global....|Stabil dengan nomor versi 5 digit atau lebih yang dipisahkan titik, itu artinya ROM xiaomi anda abal-abal atau rom distributor.
  • Jika nomor versi terdiri dari 4 bagian yang disahkan titik, itu artinya ROM xiaomi anda original atau resmi xiaomi, jika hanya ada pilihan bahasa cina dan inggris, itu artinya ROM xiaomi anda global cina.
  • Jika nomor versi dimulai dengan angka 6 itu artinya xiaomi anda memiliki versi rom developer cina.

Untuk mengetahui Versi rom xiaomi secara lebih detail silahkan baca artikel berikut:
Mengenal versi rom xiaomi


Oh ya jika anda beruntung ROM abal-abal juga terkadang tidak memiliki banyak kekurangan, bahkan membuat nyaman penggunanya, namun jika anda kurang beruntung tidak jarang rom abal-abal justru sangat membuat tidak nyaman, apalagi yang banyak muncul iklan aneh-aneh.

Namun menurut saya yang paling bagus adalah xiaomi dengan ROM Global official, karena xiaomi dengan rom  jenis ini memang diperuntukan untuk pasar global, untuk diindonesia pasti sudah ada pilihan bahasa indonesia serta sudah terinstal aplikasi pendukung seperti google play store dan aplikasi pendukung lainnya, selain itu ROM nya masih original dan sangat mendukung update dari xiaomi.