Advertising 468 x 60

Cara sideload aplikasi di Android

 Jika kamu pengguna Android maka kamu tahu bahwa ada banyak aplikasi di Play Store yang da Cara sideload aplikasi di Android

Jika kamu pengguna Android maka kamu tahu bahwa ada banyak aplikasi di Play Store yang dapat kamu unduh dan instal ke perangkat kamu. Namun, tidak semua aplikasi yang mungkin ingin kamu gunakan tersedia dari Play Store. Bergantung pada wilayah di mana kamu berada dan versi Android yang dipakai perangkat kamu, beberapa aplikasi mungkin tidak tersedia di Play Store. Ketika ini terjadi dan kamu ingin menginstal aplikasi namun tidak tersedia di Play Store, kamu dapat menginstal aplikasi secara manual langsung dari file installer dan proses ini yang disebut sideload.

Dalam artikel ini, kami akan share dasar-dasar tentang siteload dan apa risiko yang terkait dengannya, sehingga kamu dapat melanjutkan dengan aman. Bukan hanya itu saja, kami juga akan menunjukkan kepada kamu cara melakukan sideload aplikasi di Android.

Apa Sideloading itu?

Sideloading merupakan istilah yang mengacu pada menginstal aplikasi ke perangkat Android kamu yang tidak berasal dari Play Store. Biasanya, ketika kamu ingin menginstal aplikasi ke perangkat Android kamu maka kamu cukup pergi ke Play Store, mencari aplikasi yang kamu inginkan, dan kemudian menginstalnya dari halaman Play Store. Tetapi terkadang kamu ingin memasang aplikasi dari sumber selain Play Store.

Untuk melakukan sideload aplikasi di Android, kamu perlu mengubah beberapa pengaturan pada perangkat Android kamu dan kemudian mencari file apk untuk menginstal aplikasi yang kamu inginkan. Proses ini disebut sideloading.

Apa Saja Risiko Aplikasi Sideloading?

kamu akan melihat banyak peringatan tentang sideloading, baik dari situs web yang memberikan informasi tentang itu dan dari perangkat kamu ketika kamu memulai proses pengistalan. Ini karena memang ada risiko keamanan aplikasi sideloading yang harus kamu waspadai. Aplikasi yang kamu kirim ulang belum diperiksa dan disetujui oleh Play Store, artinya aplikasi itu mungkin berisi kode berbahaya yang dapat membahayakan atau bahkan membuat perangkat kamu menjadi rusak.

Aplikasi yang diunduh secara ilegal sering mengalami masalah ini. File apk yang kamu gunakan untuk menginstal aplikasi mungkin terlihat sah dan bahkan mungkin benar-benar berfungsi untuk menginstal aplikasi, tetapi juga dapat menyertakan malware tersembunyi tambahan di dalamnya. Malware ini dapat melakukan hal-hal seperti mencuri data kamu, memasukkan iklan ekstra ke browser web kamu dan aplikasi lain, atau menjadikan perangkat kamu bagian dari botnet.

Untuk alasan ini, kamu harus sangat berhati-hati untuk hanya menggunakan sumber yang dapat dipercaya saat kamu mengistal aplikasi. Anggap saja seperti ini: kamu tidak akan menyerahkan ponsel yang tidak terkunci ke orang asing untuk mereka mainkan. Dan menginstal file .apk seperti membiarkan program mengakses ponsel yang tidak terkunci. Oleh karena itu, kamu sebaiknya hanya menginstal .apks dari situs yang kamu kenal dan terpercaya.

Baca juga: 9 Aplikasi android terbaik yang tidak ada di Google Play Store

Cara Melakukan Sideload Aplikasi

Sekarang setelah kamu memahami apa proses sidelading dan apa risiko yang terlibat, kamu dapat memutuskan apakah kamu ingin melanjutkan. Untuk memulai sideloading kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan penggunaan sumber yang tidak dikenal di perangkat kamu, dan kemudian kamu dapat berpindah ke pemuatan aplikasi sebenarnya. Jangan khawatir, ini proses yang sederhana. Cukup ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai memilah-milah aplikasi ke perangkat Android kamu:

Aktifkan Sumber Tidak Dikenal

Untuk memulai aplikasi sideloading, pertama-tama kamu harus mematikan fitur mencegah sumber yang tidak dikenal di menu keamanan Android. Opsi ini ada untuk mencegah orang menginstal perangkat lunak secara tidak sengaja ke perangkat dari situs yang tidak dapat dipercaya. Jika kamu pengguna Android dan kamu tahu tentang keamanan maka kamu dapat mematikan opsi ini dan berhati-hati hanya untuk menginstal aplikasi dari situs yang kamu percayai.

Berikut cara mengaktifkan penggunaan sumber tidak dikenal untuk menginstal perangkat lunak di Android:

1. Pergi ke Pengaturan
2. Buka Keamanan
3. Temukan item Sumber tidak dikenal
4. Setel penggeser ke posisi aktif
5. kamu akan melihat peringatan bahwa menginstal dari sumber yang tidak dikenal mungkin berbahaya bagi perangkat kamu. Klik OK untuk melanjutkan
6. Sekarang kamu dapat menginstal aplikasi dari lokasi selain Play Store dan kamu siap memulai aplikasi sideloading

Kesimpulan: Jika kamu ingin menginstal aplikasi Android dari sumber selain Play Store, kamu harus tahu cara melakukan sideload aplikasi. kamu harus berhati-hati saat melakukan ini karena kamu harus menginstal aplikasi dari sumber yang kamu percaya, karena kamu akan membiarkan aplikasi mempunyai akses ke data sensitif di ponsel kamu. Namun, jika kamu tahu sumber aplikasi kamu dan kamu memercayainya, maka proses untuk sidelading itu sederhana dan perlu untuk diketahui.

0 Response to "Cara sideload aplikasi di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel