Cara mudah Menggandakan Aplikasi android di HP Xiaomi miui 7, 8 dan 9

HP android xiaomi saat ini sanggup menjadi hp yang cukup terkenal di beberapa negara termasuk indonesia, hp xiaomi banyak dipilih lantaran selain desainnya unik, harga hp xiaomi juga cukup murah jikalau dibandingkan dengan hp android dengan spesifikasi serupa. Selain itu hp xiaomi menyediakan berbagai aplikasi yang cukup inovatif yang belum tentu ada di hp android brand lainnya.

Dari banyaknya fitur menarik yang disediakan xiaomi, salah satu fitur bawaan hp xiaomi yang cukup bermanfaat ialah aplikasi ganda atau dual app, aplikasi ini mampu dipakai untuk menciptakan aplikasi-aplikasi yang terinstal di smartphone android xiaomi menjadi ganda / dual tanpa harus memakai kontribusi aplikasi pihak ke 3 dan tanpa harus root android.

Sepertinya xiaomi memang sengaja menyediakan dual app ini, sehabis sebelumnya menyediakan ruang kedua atau second space, karena belakangan terkadang banyak ditemukan pengguna hp android yang menginginkan 2 aplikasi serupa terpasang di hp android miliknya.



Tentu saja secara umum 2 aplikasi serupa seolah-olah ingin menginstal 2 bbm di 1 perangkat atau ingin menginstal 2 aplikasi whatsapp secara bawaan di 1 perangkat, atau aplikasi lainnya yang ingin digandakan, tentu saja menginstal 2 aplikasi serupa di satu perangkat android adalah hal yang sulit, kecuali dilakukan dengan memakai trik-trik tertentu.

Dengan hadirnya aplikasi ganda di hp xiaomi, sekarang untuk menginstal 2 aplikasi serupa di 1 perangkat xiaomi bukanlah suatu hal yang sulit dan mustahil lagi, melalui aplikasi ganda tersebut, pengguna bisa meniru aplikasi apapun dengan praktis di hp xiaomi miliknya.

Aplikasi ganda atau dual app mulai di hadirkan sebagai aplikasi bawaan di perangkat xiaomi yang menggunakan versi miui 7, miui 8 dan miui 9, di beberapa brand xiaomi yang memakai versi miui dibawahnya kemungkinan tidak tersedia.

Cara simpel Menggandakan Aplikasi di hp android xiaomi miui 7, 8 dan 9

Untuk anda yang menggunakan hp xiaomi dengan versi miui 7, miui 8 atau miui 9, maka anda sudah mampu memakai aplikasi ganda di hp xiaomi ini.

Dengan aplikasi tersebut, anda mampu dengan simpel melakukan cloning atau meniru aplikasi yang anda inginkan di perangkat xiaomi anda, seolah-olah aplikasi BBM, whatsapp, Line dan aplikasi lainya.


Langkah-langkah untuk menggandakan aplikasi di hp xiaomi anda ialah sebagai berikut:

1. Silahkan instal aplikasi android yang ingin anda gandakan di hp xiaomi anda.

2. Setelah aplikasi terpasang, selanjutnya masuk ke menu settings/ setelan > dual apps / Aplikasi Ganda




3. Pada halaman aplikasi ganda / dual app, anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di smartphone xiaomi anda.

Untuk memalsukan aplikasi, silahkan cari dan pilih aplikasi yang ingin anda gandakan, lalu silahkan aktifkan dengan menekan tombol di belahan kanannya sampai menyala.

Misal kita ingin menggandakan instagram, terlihat seperti gambar di bawah ini:

menggandakan aplikasi di hp xiaomi dengan dual app


4. Dengan mengaktifpan aplikasi ganda, maka aplikasi tersebut secara otomatis akan muncul 2 di halaman home screen xiaomi anda.dan anda bisa menggunkan aplikasi yang sudah digandakan tersebut login dengan akun yang berbeda.

Kelemehan Aplikasi Ganda 

Walaupun aplikasi ganda cukup membantu beberapa pengguna hp android xiaomi ketika mereka ingin memasang 2 aplikasi yang sama di 1 perangkat, bukan berarti aplkasi tersebut tidak mempunyai kekurangan.

Beberapa kekurangan aplikasi ganda yang saya kutif dari pengalaman beberapa pengguna adalah diantaranya sebagai berikut:

1. Aplikasi ganda tidak bisa login ke google play service

Khusus untuk aplikasi yang memakai layanan google play service seperti aplikasi game, maka aplikasi yang dibuat dari hasil clone tidak akan bisa login ke google play service.

Namun untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memakai layanan play service masih bisa login mengunakan akun-akun aplikasi yang bersangkutan.

Sepertinya sebuah bug, biar sesudah update miui muncul bug ini sudah diperbaiki.

2. Menambah kapasitas media penyimpanan.

Walaupun aplikasi ganda seolah tidak diinstal, hanya di-clone saja, namun dengan membuat aplikasi ganda sama halnya anda menginstal aplikasi tersebut, artinya akan ada kapasitas ruangan yang terpakai, sehingga semakin banyak aplikasi yang digandakan, maka kapasitas penyimpananpun akan semakin penuh.

Demkian mengenai cara mudah Menggandakan Aplikasi di hp android xiaomi miui 7, 8 dan 9, supaya membantu.